Hand Sanitizer Gel dan Pengering Tangan, Apakah Efektif Membersihkan Kuman?

Published by K24Klik on

hand sanitizer gel

Hand Sanitizer Gel dan Pengering Tangan, Apakah Efektif Membersihkan Kuman?

Sobat sehat, seringkali kita menemui kebiasaan-kebiasaan sehat disekitar kita. Dan mungkin salah satunya, kebiasaan yang sering kita terapkan juga. Salah satunya adalah menggunakan hand sanitizer setiap saat untuk membunuh kuman yang menempel di tangan. Benarkah pemakaian Hand Sanitizer tersebut efektif untuk membunuh kuman? Simak ulasan di bawah ini :

hand sanitizer gel

Hand Sanitizer Gel

Hand sanitizer mengandung ethyl alcohol umumnya 60-95% yang berfungsi sebagai antiseptik atau membunuh kuman. Antiseptik ini dapat digunakan sebelum mempersiapkan makanan, sebelum makan, sebelum membersihkan luka, setelah batuk, bersin, setelah memakai toilet dan setelah menengok orang sakit.

Namun pada kondisi tertentu, penggunaan hand sanitizer saja tidak cukup. Misal saat tangan begitu kotor setelah makan menggunakan tangan atau setelah berkebun. Sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan air dan sabun, kemudian ditutup dengan penggunaan hand sanitizer.

Selain itu, disarankan untuk tidak menggunakan hand sanitizer dengan label bebas alkohol, karena produk jenis ini tidak bekerja baik untuk membasmi beberapa jenis kuman. Bahkan menjadikan kuman kebal terhadap kandungan zat pada hand sanitizer dan lebih mengiritasi tangan.

Agar penggunaan hand sanitizer lebih efektif, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Lepaskan perhiasan dari tangan sebelum menggunakan hand sanitizer.

2. Tuangkan hand sanitizer secukupnya ke satu telapak tangan.

3. Lalu gosokkan ke telapak tangan satunya.

4. Ratakan ke permukaan tangan dan jari-jari hingga mengering.

5. Jika tangan sangat kotor seperti yang disebutkan di atas, bersihkan dulu dengan air dan sabun, kemudian dapat menggunakan hand sanitizer.

Selain Hand Sanitizer Gel, Mana Lebih Efektif, Pengering Tangan VS Tisu?

Sebagian penelitian menunjukkan mengeringkan tangan menggunakan pengering tangan justru meningkatkan jumlah bakteri pada tangan. Penggunaan pengering tangan cepat atau jet air dryer dapat meningkatkan bakteri 27 kali lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan tisu.

Pengering tangan yang diletakkan di toilet membuat bakteri pada toilet akan menempel, sehingga bakteri akan berpindah pada tangan. Pengering tangan pun tidak dapat membersihkan ujung-ujung jari sehingga mengeringkan tangan menggunakan pengering tangan dinilai tidak efektif.

Sedangkan penggunaan tisu dinilai lebih efektif membersihkan tangan yang basah karena dapat membersihkan tangan hingga pada ujung jari. Penggunaan pengering tangan terbukti efektif jika di letakkan di luar toilet dan dengan posisi tangan diam selama 30 detik.

Nah, sobat sehat meski hand sanitizer gel dapat membersihkan tangan dari kuman, mencuci tanganĀ  dengan air dan sabun lebih diutamakan dalam kondisi apapun. Kemudian keringkan tangan dengan tisu, ya! (Dew/Dev)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *