Gula Stevia, Gula Pengganti yang Aman bagi Penderita Diabetes

Published by Dewi Dwiputri on

Gula Stevia, Gula Pengganti yang Aman bagi Penderita Diabetes

gula stevia

https://www.youtube.com/

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan. Pada penyakit ini, fungsi pankreas sudah menurun dan tidak lagi memproduksi insulin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Akibatnya, kalori yang masuk ke dalam tubuh mengendap dan berujung pada kadar gula darah yang tinggi.

Selain terapi insulin melalui suntikan atau obat, cara lain untuk mengatasi diabetes adalah membatasi konsumsi kalori di makanan sehari-hari. Beberapa jenis menu yang tinggi kalori harus dihilangkan atau diganti dalam asupan harian termasuk gula.

Mengganti Gula Putih dengan Gula Stevia

Jika biasanya gula putih tidak bermasalah pada orang sehat, pada penderita diabetes hal ini mungkin berbeda. Untuk itu, salah satu pengganti yang dianggap tepat adalah gula stevia. Gula alami ini berasal dari tanaman yang bernama Stevia rebaudiana yang tumbuh di dataran Amerika Selatan. Masyarakat di sana pun sudah sejak lama menggunakan tanaman ini sebagai pemanis di makanan mereka.

Stevia memiliki rasa manis sekitar 300 kali gula biasa. Namun ajaibnya, rasa manis ini tidak dibarengi dengan kalori yang tinggi, bahkan kalori pada stevia bisa dikatakan hampir tidak ada. Inilah mengapa gula stevia menjadi pilihan yang tepat sebagai pengganti gula biasa.

Apa Saja Kandungan di Dalam Stevia?

Dua agen terpenting di dalam gula stevia adala stevioside dan rebauside-A. Dengan rasa manis yang tinggi, stevia tidak memiliki kalori dan hanya sedikit sekali karbohidrat. Dengan begitu, penderita diabetes bisa mengonsumsi gula ini tanpa rasa bersalah!

Karena rasa manis yang tinggi, daun stevia ini sering kali dijual dalam bentuk ekstrak yang digunakan dengan takaran tetes. Atau, Sobat Sehat pun sudah dapat menemukan bentuk bubuk dari stevia yang dijual dengan berbagai merek seperti Diabetasol dan Tropicana Slim.

Gula Stevia Meringankan Kerja Pankreas

gula stevia

https://www.covaipost.com

Pada penderita diabetes, organ tubuh yang bermasalah adalah pankreas yang tidak lagi memproduksi cukup insulin untuk memproses kalori. Maka dari itu, makanan yang dikonsumsi pun harus rendah kalori agar pankreas tidak bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan insulin.

Karena gula stevia tidak memiliki kalori, pankreas tidak perlu mengeluarkan insulin yang banyak untuk mencernanya. Dengan stevia, Sobat Sehat mendapatkan rasa manis yang cukup tanpa harus khawatir kadar gula darah akan naik.

Memilih Gula Stevia yang Tepat

Gula stevia sudah banyak dijual dalam bentuk cair, konsentrat, dan bubuk. Pemakaiannya pun tidak boleh terlalu banyak karena rasa manisnya yang tinggi. Jika terlalu banyak, stevia bisa meninggalkan aftertaste yang getir di ujung lidah.

Kalau Sobat Sehat belum tahu di mana harus membeli gula stevia, coba kunjungi website www.k24klik.com. Dengan navigasi website yang mudah, Sobat Sehat bisa mengetik “stevia” di kolom pencarian dan menemukan pilihannya.

Di K24Klik, temukan juga pilihan produk kesehatan lainnya dari mulai suplemen, vitamin, hingga obat-obatan. Apotek online yang buka 24 jam ini bisa mengantarkan kebutuhan kesehatan langsung ke rumah Anda. Yuk, mulai hidup sehat dengan mengganti gula harian menjadi gula stevia!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *