Share this:

Capture (1)

Setiap orang pasti mendambakan memiliki gigi yang putih dan bersih. Namun, makanan dan minuman yang kita konsumsi terkadang menimbulkan permasalahan pada gigi seperti noda gigi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada gigi seperti noda atau plak pada gigi, salah satunya adalah dengan melakukan bleaching.

Bleacing merupakan salah satu cara modern saat ini untuk memutihkan gigi. Namun tidak jarang ada yang takut menggunakan metode ini karena dinilai memiliki efek samping dan tentunya harga yang harus dibayar sangatlah mahal, sehingga banyak orang yang kemudian beralih ke cara tradisional dengan menggunakan bahan alami untuk memutihkan gigi. Salah satunya adalah menggunakan buah strawberry.

Capture2 (1)

Strawberry memiliki kandungan asam malat yang cukup tinggi. Asam malat ini memiliki fungsi untuk mengikis dan juga menghilangkan noda pada permukaan gigi, serta dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Selain asam malat, strawberry mengandung Vitamin C cukup tinggi serta serat yang mampu menghambat perkembangan dari bakteri streptococcus yang kerap terdapat di dalam mulut. Bakteri streptococcus dapat menjadi pemicu munculnya plak serta lubang gigi atau karies gigi. Apabila bakteri ini dihambat perkembangan dan pembentukannya, maka plak pada gigi akan lebih mudah terkikis dan juga bisa membuat gigi menjadi lebih putih.

Bagaimana cara memutihkan gigi dengan Strawberry?

Ada beberapa cara memutihkan gigi menggunakan strawberry.

1. Menurut Prevention Magazine, asam malat dalam stroberi dapat memutihkan gigi. Hancurkan dua atau tiga stroberi dalam wadah kecil dan tambahkan baking soda secukupnya kemudian campurkan. Sikat gigi Anda menggunakan strawberry yang telah dicampurkan dengan baking soda selama beberapa menit. Bilas dengan air dan gunakan obat kumur setelahnya untuk melindungi enamel gigi. Ulangi proses ini setiap tiga atau empat bulan untuk menjaga gigi anda tetap cerah.

Capture3

2. Anda bisa memakannya secara langsung atau dapat juga mengoleskannya pada area gigi. Pilih buah yang sudah matang cuci bersih terlebih dahulu apabila Anda ingin mengoleskan strawberry ke gigi. Kemudian. Setelah dicuci bersih , buah strawberry yang sudah matang tersebut langsung dioleskan ke gigi secara perlahan-lahan. Biarkan selama 5 menit dan setelah itu, berkumurlah. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan jangan terlalu lama mengolesnya.

Penggunaan strawberry untuk memutihkan gigi sebaiknya tidak berlebihan. Karena senyawa asam pada  buah atau liquid acid yang ada pada buah strawberry dapat merusak dan membuat lapisan email pada gigi berkurang, sehingga menyebabkan gigi menjadi berlubang. Menurut Pelayanan Kesehatan di Universitas Columbia, paparan asam malat secara berlebihan dapat memecah email gigi dan menyebabkan terjadi dekomposisi pada gigi yang permanen.



Sumber : bischofffamilydentistry.com, livestrong.com, disehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *