Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Published by K24Klik on

Malnutrisi atau gizi buruk adalah kondisi dimana nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tidak terpenuhi. Meski banyak makan, seseorang juga dapat mengalami malnutrisi. Hal ini terjadi karena, makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan gizi yang cukup, sesuai kebutuhan tubuh. Malnutrisi juga dapat disebabkan oleh kondisi tubuh masing-masing orang, karena tidak dapat menyerap nutrisi secara optimal, yang disebabkan masalah kesehatan, atau kecanduan alkohol maupun narkoba.

marasmus

Seseorang yang mengalami malnutrisi, biasanya mudah terserang penyakit. Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang akibat malnutrisi :

  1. Marasmus

Penyakit ini disebabkan karena kekurangan hampir semua sumber nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Ciri dari penyakit ini adalah tubuh kurus kering, tinggal kulit dan tulang yang menonjol. Wajah menjadi seperti orang tua, dan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik. Marasmus dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

  1. Kwashiorkor

Penyakit ini memiliki gejala merasa kelelahan, warna rambut dan kulit berubah oranye kemerahan/putih/kuning, sistem kekebalan tubuh rusak, hilangnya massa otot, pembengkakan di bawah kulit, perut buncit, timbul ruam kulit, hingga syok. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging, susu, keju, ikan, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

gizi buruk

  1. Scurvy

Memiliki ciri-ciri nyeri otot dan sendi, kelelahan, munculnya titik-titik merah dikulit, pendarahan pada gusi, hilangnya nafsu makan, berat badan turun, diare, nafas cepat, dan demam. Diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin C bagi tubuh.

  1. Anemia

Terjadi karena tubuh kekurangan zat besi sehingga tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah dan mengakibatkan organ serta jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Anemia dapat di atasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kismis, telur, daging, ikan, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah, dan sayuran berwarna hijau tua.

  1. Beri-beri

Disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B1, yang terlibat dalam fungsi sistem syaraf dan otot, aliran elektrolit, pencernaan, dan metabolisme karbohidrat.

makanan bergizi

Umumnya, penyakit akibat malnutrisi ini akan teratasi jika kebutuhan akan nutrisi terpenuhi. Namun, pada malnutrisi yang sudah parah dan berlangsung lama, akan menimbulkan efek yang berkepanjangan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemulihannya. Oleh karena itu, selalu jaga asupan gizi atau nutrisi Anda agar terhindar dari penyakit akibat malnutrisi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *