Daging Ayam Mentah Tidak Boleh Dicuci! Begini Cara Pengolahan yang Benar

Published by Dewi Dwiputri on

Daging Ayam Mentah yang Dicuci Ternyata Berbahaya!

daging ayam mentah

https://www.freepik.com/

Sobat Sehat, umumnya kita akan mencuci daging ayam mentah sebelum diolah dengan maksud untuk membersihkan daging dari kuman-kuman yang menempel. Namun tahukan kamu ternyata anggapan tersebut adalah salah?

Menurut penelitian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencuci daging ayam atau unggas mentah dapat menyebarkan bakteri pada perabot dapur, pakaian dan peralatan makan. Hal ini dapat meningkatkan risiko keracunan makanan pada tubuh.

Bakteri Campylobacter merupakan salah satu bakteri penyebab terjadinya keracunan makanan. Selain bakteri Campylobacter, daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri-bakteri lainnya seperti salmonella, E. Coli, Shigella, dan Enterococcus.

Gejala yang akan Sobat Sehat rasakan saat terinfeksi bakteri Campylobacter yakni sakit perut dan diare juga muntah-muntah selama dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi jika dialami oleh anak-anak, orang tua atau mereka yang memiliki sistem tubuh lemah seperti pengidap HIV dan kanker.

Tips Mengolah Daging Ayam Mentah dengan Benar

cara memasak ayam

https://www.freepik.com

Pada daging ayam, terkandung protein yang tinggi serta banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sobat Sehat, jangan biarkan bakteri Campylobacter ikut masuk ke dalam tubuhmu. Yuk, intip tips mengolah daging ayam mentah yang benar.

1. Cuci tangan Sobat Sehat dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging ayam mentah dan peralatan masak. Gunakan juga handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.

2. Daging ayam mentah tidak perlu dicuci dengan air, karena semua bakteri akan mati saat dimasak dengan benar. Mencuci daging hanya akan meningkatkan risiko penyebaran bakteri ke perabot dapur, peralatan makan dan pakaian.

3. Sobat Sehat disarankan memiliki peralatan masak tersendiri untuk mengelola dan menyimpan daging mentah, agar bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lainnya, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Cara memasak daging ayam yang benar yaitu daging ayam mentah harus dimasak hingga matang, jangan sampai menyisakan daging yang masih berwarna merah muda.

5. Pastikan semua bagian diperiksa kematangannya. Setelah daging ayam matang, potong dagingnya dan lihat warna serta cairan yang keluar dari daging ayam tersebut. Cairan yang bening dan warna daging ayam yang putih merupakan tanda ayam telah sepenuhnya matang.

Cara Penyimpanan Daging Ayam Mentah

  1. Daging ayam mentah harus disimpan pada wadah yang bersih dan tertutup. Usahakan untuk menyimpannya pada freezer.
  2. Jika Sobat Sehat ingin mengolah daging ayam yang beku, lebih baik cairkan terlebih dahulu di dalam kulkas daripada mendiamkannya di area dapur. Kamu juga bisa mencairkan daging ayam beku dengan merendamnya di air dingin jika daging berada di dalam kemasan plastik.
  3. Daging ayam mentah umumnya bisa bertahan dua hingga tiga hari. Namun jika sudah berbau tidak sedap, maka daging sudah tidak dapat dikonsumsi.

Nah Sobat Sehat, cari tahu lebih banyak cara mengolah makanan dengan benar agar terhindar dari bahaya keracunan makanan.

 

Sumber : dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *