Cara Mengobati Benjolan di Pipi Dalam Mulut Secara Alami, Tanpa Operasi!

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-cara-mengobati-benjolan-di-dalam-pipi
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mukokel adalah infeksi yang terjadi di area dekat dengan saliva. Orang yang mengalaminya akan merasa ada benjolan di sekitar area mulut. Beruntungnya, ada cara mengobati benjolan di pipi dalam mulut secara alami.

Infeksi atau kista ini bisa terjadi apabila ada penyumbatan saluran yang seharusnya mengalirkan air liur. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Antara lain:

  • Trauma tusukan atau gesekan akibat tusuk gigi atau kawat gigi yang digunakan di area mulut 
  • Tidak sengaja tersodok sikat gigi yang memiliki serabut kasar
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik 
  • Ada area lidah atau mulut yang tidak sengaja tergigit pada saat makan atau mengalami sariawan.

Cara Mengobati Benjolan di Pipi Dalam Secara Alami

Secara umum, anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalami mukokel dengan beragam gejala ringan hingga berat yang memerlukan pembedahan. Untuk gejala ringan hingga sedang, berikut beberapa jenis obat mukokel yang bisa dicoba untuk pengobatan:

Air es atau es batu 

Anda bisa mengompres area yang mengalami luka dengan es batu dari luar. Cara lain bisa dilakukan dengan cara berkumur menggunakan air es dan suhu dingin yang dihasilkan akan membantu untuk menekan reaksi peradangan yang terjadi. Lakukan pengompresan cukup sering per harinya sampai radang atau area yang bengkak mulai mengempis.

Garam 

Anda bisa menggunakan larutan garam sebagai cairan antibakteri dan membantu membersihkan lendir yang ada pada benjolan. Larutkan 1 sdm pada air hangat dan gunakan untuk berkumur setidaknya 2 jam sekali. 

Madu

Madu mengandung senyawa antioksidan, antibakteri, dan anti radang yang mampu membantu mengatasi mukokel. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai obat mukokel dengan cara mengoleskannya perlahan pada area yang mengalami pembengkakan.

Oleskan madu setidaknya 2-3 kali sehari dan pada saat mencoba pengobatan dengan madu, diusahakan tidak sering menelan ludah. 

k24klik-contoh-mukokel-di-dalam-mulut
Contoh benjolan di dalam mulut (Derma Amin)

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi rasa sakit akibat mukokel. Pemakaian lidah buaya secara rutin akan membantu memulihkan jaringan air liur yang mengalami kerusakan dan mengempiskan kista.

Anda bisa mengobati mukokel dengan cara mengoleskan lendir lidah buaya secara perlahan ke area yang mengalami sakit. Diamkan selama 15 menit dan kumur dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang disaring dan didinginkan terlebih dahulu sebelum dikompreskan ke area sekitar mulut yang mengalami luka. 

Minyak jarak

Kandungan senyawa mineral dan vitamin yang terdapat pada minyak jarak membantu mengatasi mukokel secara perlahan tanpa infeksi berkelanjutan.

Anda bisa mencampur setetes minyak jarak dengan madu dan mengoleskan pada sekitar area yang mengalami mukokel. Diamkan sekitar 15 menit sebelum berkumur dengan air hangat.

Agar hasil pengobatan optimal, Anda bisa menggunakan obat dari minyak jarak ini setidaknya 2 kali sehari, pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur.

Jus lemon atau jeruk

Kandungan vitamin C dan antibakteri yang cukup tinggi pada jus lemon atau jeruk membantu mengatasi pembengkakan pada area sekitar mulut.

Anda bisa mengkonsumsi jus lemon atau jeruk ini setidaknya 2 kali sehari dan agar terhindar dari asam lambung, usahakan tidak mengkonsumsi jus lemon atau jeruk dalam kondisi perut kosong.

Cara Mencegah Mukokel Agar Tidak Kambuh Lagi

Selain penggunaan obat mukokel dari bahan alami diatas, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan agar Anda terhindar dari gejala mukokel.

  • Menjaga kebersihan area gigi dan mulut dengan menggunakan obat kumur dan membiasakan untuk gosok gigi setidaknya 2 kali sehari dan setelah makan manis.
  • Memperbanyak konsumsi air putih
  • Mengurangi kebiasaan menggigit langit-langit bibir atau tidak makan sambil berbicara.

Nah, itulah beberapa cara mengobati benjolan di pipi dalam mulut atau yang juga dikenal sebagai mukokel. Jika Sobat Sehat mulai menemukan adanya gejala kemunculan mukokel, segera lakukan langkah pencegahan di atas.