13 Cara Menghilangkan Ketombe di Kepala

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan ketombe di kepala

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Ketombe adalah pengelupasan kulit kepala yang menimbulkan rontokan putih keabu-abuan. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan ketombe untuk mengatasi rasa gatal dan juga gangguan penampilan.

Beberapa gejala seseorang yang memiliki ketombe biasanya terdapat serpihan atau rontokan kulit kepala di bahu, kepala terasa gatal dan bersisik. Beragam cara menghilangkan ketombe dapat Anda coba untuk mengatasi dengan cepat.

Ketombe sendiri biasanya disebabkan karena infeksi jamur pada kulit kepala. Jadi, langkah paling ampuh untuk menghilangkan dan mencegahnya ketombe adalah menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat.

Baca juga: 15 Vitamin Rambut Terbaik di Apotik

Cara Menghilangkan Ketombe di Kepala

Lalu, bagaimana caranya menghilangkan ketombe di kepala? Tidak cukup dengan melakukan perawatan dengan shampoo saja, terdapat beberapa cara menghilangkan ketombe di kepala yang lebih efektif dan dapat Anda coba.

1. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Sering menggunakan minyak kelapa untuk memasak makanan sehat? Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata minyak kelapa juga bermanfaat ampuh untuk menghilangkan ketombe di kepala sekaligus mencegahnya datang kembali.

Lalu, bagaimana cara untuk memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe? Anda cukup gunakan dua sendok makan minyak kelapa untuk memijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas bersih menggunakan shampoo.

Anda dapat menggunakan Mutia Virgin Coconut Oil yang tersedia di apotik dan K24Klik dengan harga terjangkau yaitu Rp 54 ribuan per botolnya.

cara menghilangkan ketombe mutia virgin coconut oil

Beli Mutia Virgin Coconut Oil Klik di Sini

2. Keramas Menggunakan Cuka Apel

Keramas menggunakan shampoo yang mengklaim anti ketombe tidak cukup ampuh? Anda dapat mencoba memanfaatkan cuka apel untuk keramas. Selain mengatasi ketombe, keramas dengan cuka apel juga dapat mencegah kerontokan rambut.

Cuka apel mungkin dapat membuat kesan lengket pada rambut. Jadi, Anda dapat mengatasinya dengan kembali membersihkan rambut dengan shampo dan air bersih. Pastikan juga untuk mengeringkan rambut dengan baik agar tidak membuat rambut rontok.

cara menghilangkan ketombe tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

3. Mengoleskan Air Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Apabila dicampurkan dengan madu, air lemon ternyata juga ampuh membantu Anda menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Anda cukup mengoleskan campuran air lemon dan madu murni ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit. Sesudah itu, pastikan untuk membilasnya dengan bersih menggunakan shampo. 

cara mengatasi ketombe madu murni nusantara

Beli Madu Murni Nusantara Klik di Sini

4. Menggunakan Shampo Anti Ketombe

Memanfaatkan herbal apapun untuk mengatasi ketombe, pastinya membutuhkan shampo untuk membilasnya. Nah, Selsun Shampoo Yellow Double Impact dapat membantu Anda untuk memaksimalkan perawatan ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Shampo anti ketombe yang satu ini memiliki kandungan selenium sulfide dan juga zinc PtO di dalamnya. Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat memesan Selsun Yellow Double Impact di K24Klik dengan kisaran harga Rp 54 ribu per kemasan botol 100 ml.

cara menghilangkan ketombe selsun shampoo yellow double impact

Beli Selsun Shampoo Yellow Double Impact Klik di Sini

5. Minyak Zaitun

Untuk mengurangi pengelupasan kulit kepala, Anda dapat menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun sangat ampuh dalam membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup campurkan minyak zaitun dengan perasan lemon lalu oleskan ke kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas bersih dengan shampo.

cara menghilangkan ketombe minyak zaitun haromain

Beli Haromain Minyak Zaitun Klik di Sini

6. Memanfaatkan Lidah Buaya

Salah satu cara alami untuk menghilangkan ketombe adalah memanfaatkan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin, mineral dan juga asam amino. Oleskan langsung ke kulit kepala untuk mengatasi ketombe gatal.

Selain mengatasi ketombe, mengoleskan lidah buaya di rambut juga ampuh untuk membuat rambut lebih sehat.

7. Menggunakan Kombinasi Herbal dengan Baking Soda

Tidak hanya untuk kue, baking soda juga dapat Anda manfaatkan dalam mengatasi ketombe basah ataupun kering di kulit kepala. Caranya cukup mencampurkan baking soda dengan lidah buaya ataupun jeruk nipis, gunakan sebagai masker rambut.

Diamkan masker rambut tersebut selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melanjutkannya dengan keramas menggunakan shampo anti ketombe agar lebih efektif.

shampoo anti ketombe selsun gold

Beli Selsun Gold Klik di Sini

8. Mengoleskan Tea Tree Oil

Tidak perlu diolah menjadi masker rambut, Anda dapat mencampurkan sedikit tea tree oil dengan shampo anti ketombe seperti Scarlett Yordanian Sea Salt. Lakukan hal ini rutin beberapa kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Selain mencampurkan dengan shampo, Anda juga dapat mengkombinasikan tea tree oil bersama bahan herbal bermanfaat lainnya seperti madu ataupun lemon.

anti ketombe scarlett yordanian shampoo seasalt

Beli Scarlett Shampoo Yordanian Sea Salt Klik di Sini

9. Menggunakan Masker Pisang

Lumatkan satu buah pisang hingga lembut, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian segera bilas bersih menggunakan air hangat.

Kandungan bermanfaat dari buah pisah ampuh untuk membuat kulit kepala menjadi lebih lembap dan efektif mengatasi ketombe dengan cepat.

10. Memanfaatkan Bawang Putih

Tidak hanya menjadi bumbu masak, bawang putih juga bekerja efektif dalam menghilangkan ketombe di kulit kepala. Cukup campurkan tumbukan bawang putih yang lembut dengan air, lalu tambahkan sedikit madu untuk diaplikasikan ke kulit kepala.

Bau menyengat dari bawang putih tentunya sangat mengganggu, jadi pastikan Anda membilas rambut dengan bersih menggunakan shampo.

11. Selalu Jaga Kebersihan Rambut

Paparan debu dan padatnya aktivitas dapat membuat rambut kotor, berminyak dan menimbulkan bau tidak sedap. Setelah itu, jamur penyebab ketombe pun menjadi lebih mudah untuk hinggap dan membuat masalah kulit kepala kering ataupun gatal.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menjaga kebersihan rambut selalu. Bagaimana caranya? Pastikan untuk keramas setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, gunakan masker rambut dan juga vitamin rambut seperti Saqueena Hair Nutrition.

nutrisi rambut anti ketombe saqueena hair nutrition

Beli Saqueena Hair Nutrition Klik di Sini

12. Eksfoliasi Kulit Kepala Menggunakan Garam

Sel kulit mati yang tidak dibersihkan dapat membuat tumpukan kotoran, gatal di kulit kepala. Lama-kelamaan tumpukan kotoran tersebut menjadi pemicu ketombe. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan eksfoliasi kulit kepala menggunakan garam.

Caranya cukup mudah, basahi rambut terlebih dahulu. Kemudian langsung taburkan garam di kulit kepala, pijat perlahan hingga membuat kotoran rontok. Jangan lupa untuk membilas bersih rambut menggunakan shampo setelahnya.

13. Kelola Stres dengan Baik

Ketika stres, sistem imunitas tubuh dapat menurun dan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Hal tersebut membuat Anda tidak mampu melawan bakteri atau jamur penyebab ketombe.

Jadi untuk menghilangkan ketombe sekaligus mencegahnya datang kembali, pastikan untuk mengelola stres dengan baik.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan ketombe yang dapat Anda coba lakukan. Apabila kondisi kulit kepala semakin parah hingga menyebabkan masalah kesehatan lainnya, segera konsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh shampo anti ketombe, obat ataupun vitamin? Anti panas-panasan dan repot di jalan, K24Klik andalannya! Aplikasi beli obat online yang tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani pesanan Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat!

Referensi:

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-dandruff-treatment diakses pada 6 Oktober 2023

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850#:~:text=Dandruff%20is%20a%20common%20condition,a%20medicated%20shampoo%20may%20help diakses pada 9 Oktober 2023