Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mencoba beragam cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran dapat membantu Anda menghindari resiko penyakit serius. Salah satu caranya adalah mengonsumsi suplemen kolesterol seperti Omepros dan Nutrive Benecol.

Lebaran identik dengan mengonsumsi makanan-makanan bersantan tinggi lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Guna menghindari resiko penyakit serius, penting untuk mengetahui apa saja cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran.

Kadar kolesterol tinggi sendiri dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengakibatkan tekanan darah tinggi. Nah, padahal tekanan darah tinggi juga berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke.

Jadi, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh agar tidak menimbulkan beragam masalah kesehatan yang mengganggu.

Baca juga: 12 Obat Kolesterol Alami Yang Aman di Apotik

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran

Untuk membantu Anda menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, berikut ini merupakan beberapa cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran yang dapat Anda coba lakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengikat lemak dan juga mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol secara alami.

Lalu, apa saja makanan yang mengandung serat? Beberapa diantaranya adalah buah-buahan seperti alpukat dan apel, kemudian kacang-lacangan seperti almond, oat dan masih banyak lagi.

2. Olahraga Rutin

Membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat, olahraga rutin penting untuk Anda lakukan. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah kolesterol tinggi adalah jalan kaki, berenang dan bersepeda.

Anda dapat mencoba untuk berolahraga rutin setiap hari atau minimal 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Olahraga juga dapat menjaga berat badan ideal sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi buah dan sayur juga dapat menjadi cara mencegah kolesterol tinggi secara alami. Anda dapat mencoba mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

Kemudian untuk buah-buahan yang bekerja ampuh dalam menurunkan kolesterol adalah alpukat, pisang dan buah beri.

4. Hindari Rokok

Merokok memang memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Jika Anda ingin mencegah kolesterol tinggi, maka ada baiknya untuk menghindari atau menghentikan rokok terlebih dahulu.

Selain untuk mencegah kolesterol tinggi, dengan menghindari rokok Anda juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

5. Mengonsumsi Makanan Kaya Omega 3

Selanjutnya, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi makanan kaya omega 3. Mengapa? Hal ini dikarenakan Omega 3 bermanfaat ampuh dalam menurunkan kadar trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Tidak hanya mencegah kolesterol tinggi, omega 3 juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

6. Hindari Makanan Berlemak Terlebih Dahulu

Setelah momen lebaran dihabiskan dengan mengonsumsi makanan bersantan tinggi lemak, kini saatnya Anda untuk menghindari pemicu kolesterol tersebut. Hindari makanan berlemak terlebih dahulu seperti gorengan.

Anda dapat mengganti supan harian dengan makanan-makanan rendah lemak seperti ikan, putih telur, tahu dan tempe. Namun, hindari juga mengolah makanan tersebut dengan cara digoreng karena dapat mengandung lemak berlebih.

7. Batasi Makanan atau Minuman Manis

Cara alami untuk mencegah kolesterol tinggi adalah mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman manis. Hal ini dikarenakan gula berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika kamu menerapkan pola hidup sehat tetapi masih banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis, upaya menjaga kadar kolesterol dapat menjadi sia-sia.

8. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Saat ingin menjaga kadar kolesterol pada tubuh, pastikan untuk memperhatikan waktu tidur Anda. Apabila tidur berlebihan, kolesterol jahat dalam darah dapat meningkat. Sama halnya ketika kurang tidur beragam resiko penyakit serius juga dapat meningkat.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, Anda dapat mencegah kolesterol tinggi secara alami dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rekomendasi Suplemen Kolesterol Terbaik di Apotik

Tidak hanya menerapkan pola hidup yang lebih sehat, mengonsumsi suplemen juga dapat menjadi cara ampuh untuk mencegah kolesterol tinggi. Tentunya, suplemen-suplemen kolesterol juga dapat memberikan manfaat baik lainnya bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi suplemen kolesterol terbaik di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Omepros

suplemen kolesterol omepros

Beli Omepros Klik di Sini

Mengkombinasikan asam lemak essensial dari minyak ikan salmon dan minyak nabati, Omepros merupakan suplemen ampuh untuk mencegah kolesterol tinggi. Suplemen yang satu ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida dalam darah.

Selain mengatasi masalah kolesterol pada tubuh, Omepros juga dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi suplemen ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kisaran harga: Rp 64 ribu/pcs

2. Nutrive Benecol

suplemen mencegah kolesterol nutrive benecol

Beli Nutrive Benecol Klik di Sini

Minuman susu dengan rasa buah yang menyegarkan, Nutrive Benecol merupakan salah satu nutrisi sehat bagi tubuh yang bekerja ampuh dalam mencegah kolesterol tinggi. Anda dapat mengonsumsi 2 botol Nutrive Benecol per harinya.

Kandungan bermanfaat dari minuman ini adalah Plant Stanol Ester yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/pcs

3. Nutrafor Chol

vitamin kolesterol nutrafor chol

Beli Nutrafor Chol Klik di Sini

Dengan kandungan red yeast rice, ekstrak gugulipid dan juga chromium picolinate di dalamnya membuat Nutrafor Chol dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Suplemen ini dapat menghambat produksi kolesterol dan juga mencegah perlekatan kolesterol pada pembuluh darah. Anda dapat mengonsumsi suplemen kolesterol yang satu ini 2 kali sehari 2 kapsul sekali minum.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/strip

4. Albikoles Al Biruni

suplemen kolesterol albikoles al biruni

Beli Albikoles Al Biruni Klik di Sini

Suplemen herbal yang satu ini mengandung ekstrak jinten hitam, jati belanda, daun sambung nyawa dan juga ekstrak bawang putih. Albikoles Al Biruni dapat membantu menurunkan kolesterol Anda.

Anjuran mengonsumsi suplemen ini adalah 3 kali sehari 2 kapsul, disarankan diminum 1 jam sebelum makan. Perlu diketahui bahwa suplemen kolesterol ini hanya diperuntukkan untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 93 ribu/botol

5. Konilife Redaxin

vitamin kolesterol konilife redaxin

Beli Konilife Redaxin Klik di Sini

Red yeast rice merupakan salah satu herbal yang bermanfaat ampuh dalam menurunkan kadar lemak dalam darah serta memperbaiki rasio LDL dan HDL. Nah, suplemen Konilife Redaxin ini memiliki kandungan red yeast rice di dalamnya.

Untuk mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran, Anda dapat mengonsumsi suplemen ini 2 kali sehari dengan anjuran 2 kapsul sekali minum. Pastikan untuk mengonsumsi Konilife Redaxin sesudah makan atau dalam kondisi perut sudah terisi.

Kisaran harga: Rp 107 ribu/pcs

Nah, itulah tadi beragam cara mencegah kolesterol tinggi setelah lebaran dan juga rekomendasi suplemen kolesterol yang dapat Anda manfaatkan.

Apabila Anda telah mengalami beragam gejala peningkatan kadar kolesterol seperti tekanan darah tinggi, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan saran pengobatan terbaik.

Butuh obat ataupun vitamin? Aplikasi K24Klik siap melayani Anda kapanpun dimanapun dengan jaminan pengiriman cepat tidak sampai 1 jam.

Untuk beragam penawaran harga menarik, segera unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935 diakses pada 5 April 2024