Begini Cara Merawat Payudara Yang Benar

Published by K24Klik on

kesehatan payudara

Memiliki payudara yang sehat, merupakan dambaan setiap wanita. Selain mempercantik penampilan, payudara yang sehat membuat wanita lebih percaya diri. Maka dari itu, merawat payudara merupakan tindakan yang perlu dilakukan.

Bagaimana cara merawat payudara agar tetap indah?

bra

  • Gunakan bra yang tepat. Pilihlah bra dengan ukuran yang sesuai dengan bentuk payudara Anda. Bra yang terlalu besar atau pun kecil, dapat merusak keindahan bentuk asli payudara Anda, membuat Anda merasa tidak nyaman, serta menimbulkan masalah di bahu, lengan, dan punggung. Periksalah ukuran bra Anda secara rutin, karena ukuran payudara Anda dapat berubah dari waktu ke waktu.
  • Kenakan Bra sesuai kebutuhan. Apabila Anda sedang berolahraga, kenakan sport bra agar Anda lebih leluasa dan nyaman saat bergerak.
  • Gunakan sunscreen. Bukan hanya kulit yang terpapar sinar matahari langsung saja yang memerlukan perlindungan dari sinar ultaviolet. Kulit payudara maupun kulit tubuh bagian dalam lainnya juga membutuhkan perlindungan sunscreen.
  • Aplikasikan pelembab khusus payudara atau bust cream. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerutan pada payudara akibat dehidrasi.
  • Rajin berolahraga. Berolahraga selama 30 menit hingga 1 jam secara rutin, dapat mencegah kanker payudara. Karena dengan berolahraga, dapat membantu menurunkan kadar hormon estrogen, menjaga keseimbangan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, serta membuat tubuh tampak selalu bugar.
  • Tidur dengan posisi miring dan payudara ditopang bantal. Hindari tidur tengkurap, karena tidur tengkurap dapat mengubah bentuk payudara. Ada baiknya melepas bra Anda ketika tidur, agar pori-pori payudara lebih leluasa “bernafas”.
  • Terapkan pola hidup sehat, kurangi stres, serta hindari alkohol dan rokok. Stres, alkohol, dan kanker payudararokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Konsumsi makanan bernutrisi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan minum susu untuk hidup yang lebih sehat.
  • Periksa payudara secara rutin. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan cara meraba dan merasakan ada tidaknya benjolan pada payudara. Jika Anda merasakan adanya benjolan yang tidak biasa pada payudara Anda, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan selanjutnya.

Sobat sehat, merawat payudara, tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar bentuk payudara tetap indah, namun juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.