Yakin Masih Mau Begadang Nonton Bola Kalau sudah Tahu Bahayanya?

Published by Dewi Dwiputri on

Begadang Nonton Bola, Cek Bahayanya Dahulu

begadang nonton bola

https://www.freepik.com/

Berbagai pertandingan bola yang sedang berlangsung saat ini mengharuskan Sobat Sehat begadang demi menonton tim kesayangannya bertanding. Namun tidak banyak orang yang tahu apa saja akibat yang akan terjadi jika kamu terus-menerus begadang menonton pertandingan bola pada tengah malam.

Begadang Nonton Bola, Ini Bahayanya

Selain sering menguap, tak jarang seseorang yang kurang tidur memiliki masalah dengan kondisi emosi, kemampuan kognitif dan fungsi otak yang melemah. Yuk, Sobat Sehat kita cermati satu persatu bahaya begadang :

1. Menambah Berat Badan

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa 30% orang yang tidur kurang dari enam jam setiap hari, akan lebih gemuk dari mereka yang tidur selama 7-9 jam perhari. Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan serta bertambahnya rasa lapar.

2. Kulit Tampak Lebih Tua

Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan membuat kulit menjadi pucat. Begadang yang berkepanjangan dapat menimbulkan  kurang tidur kronis. Akibatnya, timbul garis-garis  penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat kusam.

3. Pelupa

Tidur dapat memperkuat ingatan. Saat tidur terjadi proses “sharp wave ripples”  yakni terjadinya pemindahan ingatan dari memori ke bagian neokorteks di otak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori  jangka panjang. Begadang dapat menghambat semua proses ini serta meningkatkan rasa ngantuk, maka pada akhirnya kamu jadi lebih pelupa.

4. Menurunkan kemampuan berpikir

Kurangnya waktu tidur dapat mengurangi konsentrasi, daya nalar, dan kemampuan memecahkan masalah. Hal ini dapat berakibat pada sulitnya mengingat sesuatu yang sudah dipelajari dan yang sudah dilakukan sebelumnya.

5. Menurunkan libido

Jika kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup tubuh akan menjadi kelelahan, mengantuk, energi yang cepat habis serta kurangnya minat untuk berhubungan intim. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang suka begadang memiliki kadar testosteron yang rendah.

6. Depresi

Begadang nonton bola berarti memotong jam tidur kamu. Umumnya orang yang didiagnosis depresi dan kecemasan yakni mereka yang tidur kurang dari enam jam di malam hari.

7. Penyebab kecelakaan

football, sport

https://www.freepik.com/

Selain semua yang di sebutkan diatas, mengantuk juga menurunkan kemampuan bereaksi. Hal ini serupa dengan perilaku orang mabuk karena minuman beralkohol. Oleh karena itu, mengantuk meningkatkan risiko mengalami kecelakaan di jalan raya maupun di tempat kerja.

8. Meningkatkan risiko kematian

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur berdurasi kurang dari 6 jam di waktu malam dapat memicu peningkatan risiko kematian karena kardiovaskular.

Nah Sobat Sehat, jadi sudah tahu kan apa saja bahaya dari begadang. Yakin nih masih mau begadang lagi? Harusnya tidak ya! Karena begadang merugikan kamu.

 

Sumber : dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *