Share this:

Waspada Penyakit Tidak Menular saat Lebaran

Penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, atau kolesterol menjadi ancaman saat lebaran. Karena momen lebaran seringkali menjadi ajangĀ ‘balas dendam’ setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Banyaknya ragam makanan yang dihidangkan pada saat lebaran sering kali membuat kita lapar mata dan ingin mencoba semua hidangan yang ada. Menu masakan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan gulai kambing menjadi primadona yang sayang jika tidak dicicipi.

Masakan bersantan bisa picu penyakit tidak menular

Mencicipi makanan bersantan atau manis memang tidak dilarang namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat berakibat buruk pada kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular. Sehingga sobat sehat perlu membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Batasan tersebut sebaiknya juga diterapkan saat memasak, seperti cermat dalam menambahkan gula, garam, dan lemak pada masakan. Perlu sobat sehat ketahui, kebutuhan sodium/natrium per orang adalah 2000mg per hari, yang berarti setiap orang hanya boleh mengkonsumsi 5 gr garam atau 1 sendok teh garam dalam satu hari. Sedangkan batas maksimum penggunaan minyak goreng adalah lima sendok makan per hari dan penggunaan gula adalah empat sendok makan per hari.

Menambahkan bumbu dalam masakan

Bagaimana Memasak Hidangan Lebaran yang Benar?

Dalam memasak hidangan khas lebaran, berikut tips memasak yang dapat sobat sehat terapkan agar masakan tetap sehat dikonsumsi :

  1. Pastikan gunakan garam ber-iodium sedikit saja,
  2. Gunakan bumbu dapur alami sebagai perasa makanan,
  3. Kurangi penggunaan minyak dan santan dalam mengolah makanan,
  4. Dianjurkan untuk mengolah makanan dengan cara mengukus atau memanggang,
  5. Ganti beras putih yang digunakan untuk membuat ketupat dengan beras merah yang lebih kaya serat,
  6. Pilih daging tanpa lemak untuk membuat gulai atau rendang, dan buang bagian kulit ayam saat membuat opor,
  7. Siapkan hidangan lebaran hanya untuk satu hari saja, tidak untuk dipanaskan berkali-kali.

Selain cara memasaknya yang sehat, cara mengkonsumsi hidangan lebaran pun juga perlu aturan agar tetap sehat meski mencicipi semua hidangan yang tersaji. Berikut tips mengkonsumsi hidangan lebaran agar tetap sehat :

  1. Konsumsi buah apel sebelum sobat sehat bersilaturahmi. Karena serat pada buah apel dapat membantu menahan nafsu makan.
  2. Cicipi masing-masing hidangan yang tersaji dalam porsi kecil.
  3. Seimbangkan asupan makanan dengan tetap mengkonsumsi buah dan sayur.
  4. Perbanyak minum air putih dan hindari minuman berkadar gula tinggi seperti softdrink atau sirup.
  5. Kunjungi sanak saudara dan tetangga di sekitar rumah dengan berjalan kaki yang dapat membantu membakar kalori dan tentunya lebih menyehatkan.

Sobat sehat, yuk, jaga diri dan keluarga dari ancaman penyakit tidak menular. Sesekali, tidak ada salahnya lho menyajikan hidangan khas lebaran yang bebas lemak dan santan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *