obat palsu
Share this:

Harga Obat Murah, Hati-Hati Obat Palsu

Obat-obatan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang tak terelakkan. Ketika gejala sakit menyerang, mau tidak mau Anda harus membeli obat. Di era digital ini, membeli obat bukan suatu hal yang sulit lagi. Anda tidak perlu repot datang jauh-jauh ke apotek, karena bisa memesannya secara online. Harga obat yang ditawarkan pun beragam, mulai dari harga obat murah hingga yang paling mahal.

obat palsu
Photo by freestocks.org from Pexels

Maraknya peredaran obat melalui situs-situs internet memang memberikan kemudahan. Namun, dibalik kemudahan tersebut, ada banyak hal yang perlu kita waspadai. Terlebih jika harga yang ditawarkan terlampau murah. Benarkah obat yang dibeli merupakan obat asli? Bagaimana cara mengetahui obat yang dibeli secara online merupakan obat asli? Dimanakah seharusnya membeli obat yang aman?

Definisi Obat Palsu menurut Undang-Undang

Ketika membeli obat atau produk kesehatan yang harganya lebih murah dari biasanya, Anda perlu waspada. Karena bisa jadi yang Anda beli adalah obat palsu. Menurut Kemenkes No. 1010 tahun 2008, yang dimaksud dengan obat palsu adalah obat yang diproduksi oleh pihak yang tidak berhak berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan kata lain, obat yang diproduksi dengan penandaan yang meniru identitas obat lain yang telah memiliki izin edar resmi.

Sedangkan menurut WHO, yang dimaksud dengan obat palsu adalah obat yang dipalsukan identitas dan sumber pendanaannya. Obat tersebut dijual menggunakan nama produk yang telah terdaftar dengan tujuan untuk meraup keuntungan besar. Ada 5 kategori obat palsu menurut WHO, yaitu:

  1. Obat atau produk yang diproduksi tanpa kandungan zat aktif (API).
  2. Diproduksi dengan pengurangan zat aktif.
  3. Produk yang diproduksi dengan zat aktif yang berbeda dari seharusnya.
  4. Dibuat menyerupai hak milik produk lain.
    1. Yang diproduksi dengan zat aktif serupa, namun dijual menggunakan merek dengan nama produsen yang berbeda.

Cara Mengenali Obat Palsu

Berbagai upaya telah dilakukan oleh BPOM untuk memberantas peredaran obat palsu. Namun, tidak cukup sampai di situ saja. Sebagai konsumen produk kesehatan, kita juga wajib mencegah peredarannya dengan berhenti membeli obat yang menyalahi peraturan ini.

Meski secara tampilan, obat palsu mirip dengan obat asli, Anda tetap dapat mengenalinya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengenali keaslian obat yang Anda beli:

  1. Dijual di apotek tidak resmi

Beli segala macam kebutuhan kesehatan Anda hanya di apotek resmi yang berizin. Sekalipun hanya membeli obat batuk flu, pusing, atau demam ringan.

  1. Kemasan beda dari biasanya

Pastikan obat yang Anda beli masih tersegel dengan baik atau kemasannya tidak rusak. Perhatikan pula label pada kemasan. Meski obat palsu terlihat mirip dengan obat asli, pasti akan ada pembeda di antara keduanya, sekalipun perbedaannya sangat kecil. Sehingga Anda harus jeli dan teliti dalam memeriksa kemasan obat.

  1. Izin edar dan tanggal kedaluwarsa tidak tercantum dengan jelas

Setiap membeli obat, sebagian besar orang akan memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Namun, hanya sedikit orang yang berinisiatif memeriksa izin edar obat. Untuk memastikan izin edar yang tercantum adalah benar, Anda dapat mengeceknya di pom.go.id.

source: pom.go.id

Selain itu, Anda perlu jeli memeriksa tulisan izin edar dan tanggal kedaluwarsa. Karena tidak menutup kemungkinan beberapa produsen nakal mencantumkan izin edar yang ditulis dengan pena atau ditempel dengan kertas biasa.

  1. Produk tidak tahan lama

Salah satu ciri obat yang tidak memiliki ijin edar atau palsu adalah mudah dihancurkan. Menurut mantan Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga BPOM, Drs. Roland Hutapea, MSc., Apt. Yang dikutip dari detik.health.com, rapuhnya produk palsu ini karena produsen tidak memperhatikan kualitas obat yang diproduksi.

Tips Beli Obat agar Terhindar dari Obat Palsu

Beli obat harga murah? Jangan langsung tergiur dengan kata murah saat membeli obat. Agar tidak salah membeli obat, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Obat asli diproduksi oleh industri Farmasi yang jelas alamatnya.
  • Dikatakan obat asli jika memiliki izin edar dan tanggal kedaluwarsa yang jelas.
  • Asli jika dilengkapi dengan nomor batch dan identitas lainnya pada kemasan obat.
  • Dibeli di fasilitas kesehatan resmi, seperti apotek dengan izin resmi, rumah sakit, puskesmas, atau toko obat berizin.
  • Pastikan obat yang Anda beli disimpan dengan penyimpanan yang tepat, dengan bertanya pada petugas fasilitas kesehatan resmi terkait.

Risiko Konsumsi Obat Palsu

Harganya memang lebih ramah di kantong. Namun, tahukah Anda? Mengkonsumsi obat palsu dapat menimbulkan efek samping yang lebih merugikan. Menurut BPOM, berikut efek yang timbul jika Anda mengkonsumsi obat palsu:

  1. Terjadi gangguan pada lambung, aliran darah, hati, dan ginjal.
  2. Berisiko mengalami alergi dan resistensi kuman.
  3. Memperparah kondisi penderita, hingga menyebabkan kematian.

Beli Obat Online di Apotek Online K24Klik

photo created by mindandi – www.freepik.com

Amankah membeli obat secara online?

Ya, aman. Jika Anda membelinya melalui situs apotek resmi, seperti Apotek Online K24Klik.

Mengapa K24Klik?

Karena K24Klik bekerja sama dengan jaringan luas Apotek K-24 dan Apotek Mitra yang menjamin 100% obat asli. Semua produk yang dijual melalui website K24Klik diperoleh dari distributor resmi Indonesia.

Dalam setiap transaksi di K24Klik, pembelian obat Anda juga akan diverifikasi oleh Apoteker. Obat yang dikirim ke alamat Anda juga telah diperiksa keaslian kemasan, izin edar, dan tanggal kedaluwarsanya.

Apakah Harga Obat di K24Klik Terjangkau?

Ya, terjangkau. Karena K24Klik menjual obat dengan jaminan obat asli yang diperoleh dari distributor resmi Indonesia. Harga yang tercantum sudah disesuaikan dengan harga dari distributor resmi. (Harga di K24Klik dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).

Perbedaan beli obat online di K24Klik dengan beli obat di marketplace

Jaminan obat asli dengan penyimpanan obat yang tepat. K24Klik menjamin produk yang Anda beli adalah asli dan disimpan pada suhu dan tempat yang tepat, sehingga mutu serta khasiat obat tetap terjaga.

Nah, Sobat Sehat, mari hentikan peredaran obat palsu dengan bijak beli obat di fasilitas kesehatan yang tepat.

 

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*