Amlodipine Besilate Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

amlodipine besilate obat apa_dosis manfaat efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Amlodipine besilate adalah obat untuk membantu menurunkan tekanan darah dinggi atau hipertensi. Selain itu, amlodipine juga dapat dimanfaatkan sebagai obat nyeri dada kronis akibat penyakit jantung koroner.

Obat amlodipine besilate bekerja dengan cara melemaskan otot pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Cara ini efektif untuk membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan obat ini harus berdasarkan hasil konsultasi dokter ahli. Hal ini dikarenakan perlunya penyesuaian dosis dan juga riwayat penyakit seseorang.

Baca juga: 15 Obat Darah Tinggi/Hipertensi di Apotik Paling Ampuh

Manfaat Obat Amlodipine

Amlodipine merupakan obat kategori antagonis kalsium yang memiliki manfaat utama yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan juga dewasa, berikut ini merupakan manfaat lengkap dari obat amlodipine yang perlu diketahui.

  • Bantu menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meredakan nyeri dada atau angina
  • Membuat aliran darah menjadi lebih lancar
  • Membantu Anda untuk mencegah stroke dan juga serangan jantung

Jenis Amlodipine

Obat penurun tekanan darah tinggi yang satu ini hanya tersedia dalam satu jenis yaitu tablet atau kaplet. Perbedaan tiap obat amlodipine terletak pada dosis takaran dan juga aturan penggunaannya sesuai dengan kondisi pasien.

Berikut ini merupakan beberapa jenis amlodipine tablet berdasarkan dosis takaran dan juga merek dagangnya yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan.

1. Amlodipine Hexpharm 10mg

obat amlodipine hexpharm 10mg

Beli Amlodipine Hexpharm 10mg CR Klik di Sini

Dalam proses terapi hipertensi, Amlodipine Hexpharm 10mg merupakan salah satu obat yang biasanya diresepkan oleh dokter. Obat ini bekerja efektif dengan cara menghambat arus masuk ion kalsium di dalam membran sel aktif.

Ini akan sangat memengaruhi pembuluh darah menjadi lebih lemas, aliran darah lebih lancar dan juga mengurangi kontraksi pada jantung. Anda dapat mengonsumsi amlodipine hexpharm 10mg untuk sekali sehari sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/strip

2. Amlodipine Dexa 5mg

obat amlodipine dexa 5mg

Beli Amlodipine Dexa 5mg Klik di Sini

Selain untuk menangani tekanan darah tinggi, amlodipine besilate juga ampuh digunakan dalam terapi pengobatan nyeri dada atau angina. Anda dapat mengonsumsi amlodipine dexa 5mg untuk takaran dosis yang lebih rendah sesuai hasil konsultasi dokter.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

3. Cydipin

amlodipine imedco cydipin 5mg

Beli Amlodipine Imedco 5mg Klik di Sini

Cydipin merupakan obat amlodipine yang diproduksi oleh Imedco dengan dosis 5mg dan juga 10mg. Penggunaan tiap jenis obat ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pasien atau petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

amlodipine imedco cydipin 10mg

Beli Amlodipine Imedco 10mg Klik di Sini

Amlodipine Imedco atau Cydipin ini sendiri merupakan golongan obat keras yang memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

Dosis dan Aturan Pakai Amlodipine

Penggunaan obat amlodipine besylate disesuaikan berdasarkan kondisi pasien dan juga usia. Perlu diperhatikan bahwa untuk kondisi apapun dan siapapun, dosis dan aturan pakai amlodipine harus sesuai dengan petunjuk dokter dan tidak bisa dibeli sembarangan.

Berikut ini merupakan dosis dan aturan pakai amlodipine yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk menangani hipertensi dan juga angina.

a) Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  • Dewasa: Amlodipine besylate 5mg untuk sekali konsumsi dalam sehari. Dosis ini mungkin saja ditingkatkan menjadi maksimal 10mg sehari, atas pertimbangan dokter ahli.
  • Anak usia 6-17 tahun: Penggunaan amlodipine biasanya disarankan dengan dosis 2,5 mg untuk sekali sehari. Peningkatan dosis mungkin terjadi untuk 5mg berdasarkan respon klinis.
  • Lansia: Biasanya akan diberikan dosis yang lebih rendah sesuai dengan pertimbangan kesehatan yang ada.

b) Meredakan Angina

  • Dewasa: Amlodipine besylate 10mg mungkin saja disarankan untuk sekali minum dalam sehari dengan pertimbangan kondisi kesehatan. Namun, umumnya dokter akan menyarankan dosis amlodipine 5mg tanpa kondisi mengkhawatirkan.
  • Lansia: Harus mengacu pada pertimbangan klinis dengan aturan dosis lebih rendah.

Aturan mengonsumsi obat amlodipine sendiri dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan. Pastikan untuk tidak menambah ataupun mengurangi penggunaan amlodipine tanpa seizin dokter ahli.

Anda dapat menggunakan amlodipine pada waktu yang sama di setiap harinya untuk memaksimalkan pengobatan yang dilakukan. Apabila jadwal minum obat Anda sudah terlewat, jangan menggandakan dosis selanjutnya.

Peringatan Tentang Amlodipine

Sebelum disarankan untuk menggunakan amlodipine sebagai obat tekanan darah tinggi ataupun angina, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa peringatan penggunaan amlodipine.

  • Beritahukan riwayat alergi terhadap kandungan amlodipine besilate pada dokter ahli sehingga penggunaan obat ini tidak dianjurkan.
  • Beberapa orang dengan riwayat kesehatan khusus seperti diabetes, penyakit liver, gagal jantung hingga tekanan darah rendah perlu pertimbangan dokter.
  • Salah satu efek samping obat ini adalah menyebabkan pusing jadi pastikan untuk tidak langsung melakukan aktivitas beresiko seperti berkendara setelah mengonsumsi amlodipine.
  • Pasien yang memiliki kondisi khusus seperti dalam proses merencanakan kehamilan, hamil ataupun sedang menyusui perlu pertimbangan ekstra dari dokter ahli.

Efek Samping dan Bahaya Amlodipine

Mengonsumsi amlodipine mungkin saja menimbulkan beberapa reaksi efek samping yang perlu untuk Anda perhatikan. Apabila tidak kunjung membaik dan semakin parah, maka Anda perlu menghentikan penggunaan obat dan berkonsultasi pada dokter ahli.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping dari penggunaan amlodipine besylate yang perlu Anda ketahui.

  • Gangguan penglihatan seperti pandangan kabur.
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Kram otot
  • Pusing
  • Merasa kelelahan ekstra

Meski dapat digunakan bersama dengan obat lain, namun amlodipine memiliki interaksi yang dapat menjadi membahayakan dengan beberapa jenis obat. Beberapa bahaya penggunaan amlodipine bersama obat lain di bawah ini penting untuk diperhatikan.

  • Dapat mengakibatkan penurunkan efek amlodipine ketika berinteraksi dengan obat rifampisin.
  • Terlalu ekstrem menurunkan tekanan darah ketika dikonsumsi bersama dengan obat antihipertensi lainnya seperti diltiazem.
  • Berpotensi meningkatkan kadar simvastatin di dalam darah. 

Amlodipine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Amlodipine besilate termasuk dalam kategori C untuk kondisi hamil dan menyusui. Ini berarti bahwa obat tekanan darah tinggi yang satu ini memiliki potensi membahayakan pada janin, ibu hamil dan juga si kecil yang tengah menyusui.

Penggunaan obat-obatan pada ibu hamil dan menyusui sendiri hanya disarankan ketika manfaat lebih besar dibandingkan resiko. Apabila tidak dalam kondisi darurat, dokter tidak akan menyarankan obat-obatan kimia pada ibu hamil dan menyusui.

Itulah tadi informasi lengkap seputar obat amlodipine besilate yang perlu Anda ketahui. Merupakan salah satu golongan obat keras, pastikan untuk menggunakan obat tekanan darah tinggi atau angina ini sesuai dengan petunjuk dokter.

Apabila kondisi kesehatan tidak kunjung membaik, Anda mungkin memerlukan pengobatan terapi yang lebih intensif. Segera konsultasikan pada dokter ketika merasa kondisi hipertensi semakin mengganggu aktivitas dan tidak terbantu dengan amlodipine.

Butuh obat segera tapi terhalang perolehan resep dokter yang sulit? Tenang, Anda dapat melakukan sesi konsultasi kesehatan dengan layanan Dokter Siaga Online dari K24Klik.

Konsultasi dan pesan obat online dalam satu genggaman praktis. Yuk segera unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store, hidup sehat jadi lebih praktis dan semua jadi beres bersama K24Klik!

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/amlodipine?mtype=generic diakses pada 20 November 2023