15 Obat Pengering Luka Luar di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Pengering Luka Luar di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat pengering luka banyak dibutuhkan untuk mengatasi luka terbuka agar tidak terinfeksi bakteri. Luka terbuka bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tersayat, penyakit kulit, jatuh, melepuh, atau terbakar.

Di pasaran, ada beragam jenis obat luka luar yang bisa dipilih. Mulai dari yang berbentuk obat merah, salep, spray, cream, hingga gel. Masing-masing memiliki keunggulan dan manfaat terbaik untuk luka.

Sebagai rekomendasi, di bawah ini merupakan ulasan tentang 15 obat untuk mengeringkan luka luar yang efektif, tersedia di apotik, beserta harga jualnya di K24Klik.

Rekomendasi Obat Pengering Luka di Apotik dan Harganya

1. Hansaplast Spray Antiseptik

Hansaplast obat pengering luka luar

Beli Hansaplast Spray Antiseptik klik di Sini

Secara teknis, fungsi utama spray ini adalah sebagai antiseptik sebelum obat diaplikasikan pada luka. Namun, kandungan di dalamnya diketahui cukup efektif dalam mempercepat proses penyembuhan, sehingga luka lekas kering dan sembuh tanpa bekas.

Hansaplast Spray Antiseptik efektif untuk semua jenis luka, termasuk luka sayatan, trauma, abrasi, melepuh, luka setelah operasi, dan luka bakar tingkat satu dan dua. Harga produk ini di K24Klik sekitar Rp29.926/pcs kemasan spray.

2. Hansaplast Wound Care Oint

hansaplast wound obat pengering luka

Beli Hansaplast wound care klik di Sini

Penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik di atas bisa disempurnakan dengan mengoleskan Hansaplast Wound Care Oint pada luka terbuka. Dengan sejumlah kandungan bahan aktif bermanfaat, obat ini diklaim dapat membantu luka ringan sembuh 2x lebih cepat.

Harga produk ini di K24Klik sekitar Rp47.895 per tube dengan berat 20 gram.

3. Hemolok Liq

obat pengering luka luar hemolok lik

Beli Hemolok Liq klik di Sini

Mengandung 1% bahan aktif Feracrylum, Hemolok Liq bermanfaat untuk membersihkan luka luar akibat bisul pecah atau bekas operasi. Berbentuk liquid atau cairan, kita bisa mengaplikasikan obat secara langsung pada kulit menggunakan kapas.

Hadir dalam kemasan botol 100ml, Hemolok Liq termasuk salah satu obat pengering luka yang banyak direkomendasikan. Di K24Klik, produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp146.011 per botol.

4. Braun Prontosan Gel

Braun Prontosan obat pengering luka

Beli Braun Prontosan Gel klik di Sini

Braun Prontosan diketahui dapat melembapkan kulit dan mengantisipasi terjadinya bekas karena luka. Obat ini bisa digunakan pada berbagai jenis luka termasuk luka Tekstur obat untuk luka luar bertekstur gelbakar, infeksi, dan traumatis seperti luka jatuh dari motor di lutut.

Bahan utama Braun Prontosan Gel adalah glyceryl, hydroxyethylcellulose, dan PHBM. Harga Braun Prontosan Gel di K24Klik termasuk terjangkau, yaitu sekitar Rp325.097 per botol.

5. Dermatix Ultra Gel

obat pengering luka Dermatix Ultra Gel

Beli Dermatix Ultra klik di Sini

Merupakan salah satu jenis obat luar dengan tekstur gel, Dermatix tidak hanya diklaim dapat mengobati luka luar tetapi juga luka tertutup seperti keloid, tonjolan abnormal pada kulit, luka traumatik, dan luka bakar.

Dermatix Ultra Gel dapat dibeli di apotik seperti K24Klik, dengan harga Rp139.483 per tube.

6. Lanakeloid-e Krim

Lanakeloid-e Krim obat pengering luka

Beli Lanakeloid-e Krim klik di Sini

Fungsi utama Lanakeloid e-Krim adalah untuk mengobati luka dan mempercepat proses penyembuhan. Mengandung Centella Asiatica Phytosome, Lanakeloid-e Krim juga efektif untuk luka dalam dan luka bekas jerawat di wajah.

Produk ini termasuk salah satu yang paling banyak direkomendasikan. Kita dapat menemukan Lanakeloid-e Krim di toko obat, toko kecantikan, atau apotik seperti K24. Di K24Klik, harga Lanakeloid-e Krim sekitar Rp178.583 per tube.

7. Povidone Iodine One Med

Povidone Iod One Med obat pengering luka

Beli Lanakeloid-e Krim klik di Sini

Kandungan utama produk ini adalah Povidone Iodine 10% yang teruji efektif untuk mencegah infeksi sehingga luka cepat kering. Povidone Iodine One Med juga tersedia dalam beberapa jenis kemasan dan dosis sehingga penggunaannya bisa sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kemasan 60ml dalam botol, harga Povidone Iodine One Med dihargai sekitar Rp11.017 di Apotik K24. Selain kemasan 60ml, Povidone Iodine One Med juga tersedia dalam kemasan 30ml.

8. Oxoferin Sol 0,001%

Oxoferin Sol 0.001% obat pengering luka

Beli Oxoferin Sol 0,001% klik di Sini

Obat pengering luka luar selanjutnya adalah Oxoferin Sol 0,001%. Hadir dalam bentuk larutan obat, produk ini diketahui dapat menyembuhkan segala jenis luka akibat kondisi traumatis, operasi, luka ulkus, luka akibat diabetes, dan luka bakar.

Obat ini termasuk obat keras, jadi penggunaannya sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter. Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, sebaiknya gunakan obat sebanyak 2 kali sehari sekitar 5 – 10ml. Harga Oxoferin Sol 0,001% di K24Klik sekitar Rp101.639 per botol.

9. Betadine Sol

Betadine Sol

Beli Betadine Sol klik di Sini

Nama Betadine sebagai obat untuk mengatasi luka di permukaan kulit sudah tidak asing lagi. Produk yang juga dikenal sebagai obat merah ini memiliki kandungan bahan aktif Povidone Iodine sekitar 10%.

Penggunaan Betadine Sol pada luka tidak hanya akan mengobati tetapi juga mencegah munculnya bekas. Harga produk ini di K24Klik cukup mterjangkau, yaitu sekitar Rp6.863 per botol.

10. Rivanol One Med

Rivanol One Med obat pengering luka luar

Beli Rivanol One Med klik di Sini

Seperti Hansaplast Spray, fungsi utama larutan ini adalah untuk mensterilkan luka dari potensi bakteri penyebab infeksi. Namun, kandungan Etakridin Laktat di dalamnya diketahui dapat menyembuhkan luka secara efektif sehingga cepet kering.

Obat ini termasuk obat ringan dan dijual dengan bebas. Penggunaannya juga tidak memiliki aturan khusus. Untuk membeli Rivanol One Med, kita bisa mengunjungi K24Klik dan mengeluarkan dana sekitar Rp4.254 per botol.

11. Bebithen Cream

obat pengering luka bebithen Cr

Beli Bebithen Cream klik di Sini

Bebithen Cream termasuk salah satu produk obat luar yang aman untuk bayi. Krim ini diketahui dapat mengatasi ruam akibat penggunaan popok, lecet, luka ringan pada kulit, dan kulit kering yang pecah-pecah akibat sengatan sinar matahari.

Selain itu, kandungan bahan aktif di dalam Bebithen Cream juga diketahui dapat menghaluskan kulit serta, mencegah bekas akibat inflamasi, dan luka ulkus. Harga Bebithen Cream di K24Klik sekitar Rp49.619 per tube.

12. Sanoskin Oxy Gel

obat pengering luka Sanoskin Oxy

Beli Bebithen Cream klik di Sini

Sanoskin juga dikenal ampuh dalam mengobati luka dalam seperti memar. Bahan utama pembuat obat pengering luka ini adalah Oksigen yang dikonversikan menjadi ozone dan minyak zaitun.

Tekstur obat adalah gel sehingga nyaman dan mudah diaplikasikan. Harga Sanoskin Oxy Gel sekitar Rp510.506 di K24Klik. Memang cukup pricey tetapi manfaatnya melimpah.

13. Betadine Oint

Betadine Oint pengering luka.

Beli Betadine Oint klik di Sini

Selain dalam bentuk larutan Povidone Iodine, Betadine juga punya produk untuk mengatasi luka dalam bentuk salep yaitu Betadine Oint. Bahan aktif yang digunakan juga sama jadi manfaatnya pun tidak jauh berbeda.

Tidak hanya luka di tangan, obat ini cocok digunakan pada kaki, punggung, atau bagian lain tubuh yang memiliki luka terbuka. Selain luka terbuka, Betadine Oint juga bisa digunakan pada luka bakar. Di K24Klik, harga produk ini sekitar Rp36.893 per tube.

14. Octenilin Gel

Octenilin pengering luka luar

Beli Octenilin Gel klik di Sini

Produk ini tidak hanya mampu mengobati luka, tetapi juga menjaga kulit agar tetap halus. Octenilin Gel sendiri biasanya digunakan pada terapi untuk menyembuhkan kulit iritasi, bersisik, kering, dan gatal.

Untuk luka luar, Octenilin Gel cukup efektif sebagai pertolongan pertama supaya tidak timbul infeksi di masa mendatang. Harga produk ini sekitar Rp42.148 per tube di K24Klik.

15. Cultimed Gel

Beli Cultimed Gel klik di Sini

Produk obat untuk luka luar Cultimed Gel mengandung bahan aktif glycerin dan carbomer 940 dengan formulasi tanpa bahan pengawet. Kandungan ini diyakini dapat membentu mempercepat proses penyembuhan, mencegah timbulnya bekas luka, hingga membuat luka luar cepat kering.

Tidak hanya itu, Cultimed Gel juga dapat menghaluskan parut pada kulit akibat luka. Obat luka ini dapat diperoleh di apotik seperti K24Klik. Di Apotik tersebut, harga Cultimed gel dibanderol sekitar Rp115.237 per tube.

Jadi, mana produk rekomendasi obat pengering luka yang akan dipilih? Semoga bermanfaat.

Referensi: