7 Obat Pilek Anak yang Manjur, Paling Aman dan Tepercaya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Batuk dan pilek adalah penyakit yang sangat lazim dialami oleh anak-anak. Umumnya, batuk dan pilek dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu satu hingga dua minggu. Namun, beberapa orang tua biasanya akan memberikan obat batuk dan pilek anak pada kondisi tertentu.

Obat batuk dan pilek untuk balita maupun anak-anak yang lebih dewasa cukup banyak diperjualbelikan secara bebas. Kendati begitu, orang tua tetap harus jeli saat membeli obat batuk dan pilek untuk si kecil. Hal ini karena pemilihan obat juga perlu didasarkan pada kondisi anak serta kandungan di dalamnya.

Sekilas Tentang Batuk dan Pilek pada Anak

Batuk dan pilek adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas. Nyaris tak ada orang tua yang tidak pernah mendapati buah hatinya mengeluhkan tenggorokan yang sakit, batuk, dan pilek. Beberapa gejala lain pun biasanya akan menyertai keluhan ini, seperti demam dan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Penyebab Batuk Pilek

Batuk dan pilek terjadi karena infeksi virus ringan di saluran pernapasan bagian atas. Rhinovirus menjadi jenis virus yang paling sering menyebabkan batuk pilek.

Karena penyebabnya adalah virus, maka batuk dan pilek tidak dapat diobati dengan antibiotik. Pasalnya, antibiotik adalah golongan senyawa yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, bukan virus.

Penularan

Siapa saja dapat tertular dan mengalami batuk pilek. Pasalnya, virus ini pun dapat menyebar melalui udara dan kontak langsung. Saat seseorang menderita kondisi ini, virus mudah ditularkan ke yang lain melalui cipratan ludah/lendir yang keluar saat orang tersebut batuk, bersin, atau berbicara.

Virus ini juga bisa menempel di mana pun, seperti mainan bayi, gagang pintu rumah, lantai, dan lain-lain. Jika si kecil kontak dengan benda-benda yang telah terpapar virus, dia juga berisiko mengalami batuk pilek.

Macam-Macam Obat Batuk Pilek

Menemukan obat batuk pilek untuk balita tidaklah sulit. Meski begitu, jika ingin menemukan obat batuk pilek anak bayi yang manjur, orang tua harus menyesuaikan dengan kondisi dan keluhan yang dialami anak. Sebagai contoh, jika anak mengalami batuk kering, jangan memberinya obat untuk batuk berdahak.

Umumnya, obat batuk pilek yang diberikan untuk anak-anak diberikan dalam bentuk sirup. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa obat batuk dan flu anak yang aman dan mudah ditemukan.

Obat Batuk Pilek

  • Panadol Anak Sirup

Obat batuk pilek anak 1 tahun ini dapat meringankan keluhan nyeri, demam, maupun pusing yang dialami akibat pilek. Seperti jenis produk paracetamol lainnya, analgesik (non-opiat) dan antipretik ini juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan akibat sakit gigi.

Panadol anak sirup menggunakan perasa sehingga relatif lebih mudah diterima oleh anak.

Kisaran harga : Rp 31.473,- / Botol, harga dapat berubah setiap saat

Beli Panadol Anak Sirup klik di Sini

  • Hufagrip Pilek

Sirup batuk pilek anak 1 tahun ini mengandung Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleate. Obat ini bisa digunakan untuk meringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek.

Hufagrip Pilek bisa diperoleh dengan bebas, tetapi untuk anak usia tertentu tetap memerlukan petunjuk dokter. Berikut adalah dosis penggunaannya.

  • Anak >12 tahun : 3x sehari @10 ml
  • Anak 6-12 tahun : 3x sehari @5 ml
  • Anak 2-6 tahun : 3x sehari @2,5 ml  
  • Anak <2 tahun : sesuai petunjuk dokter

Kisaran harga Rp 18.132,- / Botol, harga dapat berubah ubah setiap saat

Beli Hufagrip Pilek klik di Sini

  • Rhinos Junior

Rhinos junior adalah obat yang diberikan untuk anak-anak yang mengalami gangguan pilek. Kandungan Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleate di dalamnya dapat membantu meredakan gejala seperti bersin-bersin dan hidung yang tersumbat.

Obat berbentuk sirup ini dapat digunakan mulai usia 2 tahun dan diberikan bersama atau tanpa makanan. Adapun dosis konsumsi Rhinos Junior adalah sebagai berikut.

  • Anak >12  tahun : 3x sehari @10 ml
  • Anak 6-12 tahun : 3x sehari @5 ml
  • Anak 2-5 tahun : 3x sehari @2,5 ml

Kisaran Harga Rp 56.250,- / Botol, Harga dapat berubah ubah setiap waktu

Beli Rhinos Junior klik di Sini

  • Actifed Merah

Obat batuk dan batuk pilek anak ini mengandung Pseudoephedrine HCL., Triprolidine HCl, dan Dextromethorphan Hbr. Komposisi obat ini ditujukan untuk meringankan gejala pilek dan bersin yang disertai batuk kering.

Tidak semua anak dapat mengonsumi Actifed merah. Obat ini termasuk obat yang terbatas dan tidak dianjurkan untuk mereka yang masih berusia kurang dari enam tahun. Adapun dosis konsumsi Actifed merah adalah sebagai berikut.

  • Anak > 12 tahun : 3x sehari @5 ml
  • Anak 6-12 tahun : 3x sehari @2,5 ml  

Beli Actifed Merah klik di Sini

  • Nipe Drop

Nipe Drop adalah salah satu obat panas batuk pilek anak yang cukup direkomendasikan. Obat ini mengandung Isothipendyl HCl, Acetaminophen, dan Phenylephrine yang dapat membantu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin akibat alergi pada saluran pernapasan atas.

 Obat ini bisa diberikan sebelum maupun sesudah makan dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Anak > 6 tahun : 3-4x sehari @2-4 ml
  • Anak 2-6 tahun : 3-4x sehari @1-2 ml
  • Bisolvon Kids

Bisolvon Kids dapat diberikan jika si kecil mengalami batuk berdahak. Kandungan zat aktif Bromhexin Hcl ini bekerja sebagai iritan ada saluran pernapasan. Dengan begitu, volume mukus pada saluran napas akan meningkat sehingga viskositasnya menurun. Dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Sirup ini dapat diberikan setelah makan dengan dosis yang berbeda-beda untuk setiap kelompok usia. Berikut adalah panduan dosis pemberian Bisolvon Kids untuk si kecil.

  • Anak >10 tahun : 3x sehari @10 ml
  • Anak 5-10 tahun : 3x sehari @5 ml
  • Anak 2-5 tahun : 2x sehari @5 ml
  • Triaminic Pilek Sirup

Seperti namanya, obat ini merupakan obat untuk meringankan gejala flu pada anak, seperti hidung tersumbat maupun bersin-bersin yang diakibatkan oleh alergi pada saluran pernapasan atas. Obat ini memiliki kandungan zat aktif Pseudoephedrin dan Chlorpheniramine Maleate.

Triaminic Pilek merupakan obat bebas terbatas. Obat ini diberikan pada anak setelah si kecil makan sesuai dosis yang didasarkan kategori usia. Berikut adalah panduan pemberian dosis Triaminic Pilek.

  • Anak >12 tahun : 3x sehari @2 sendok takar
  • Anak 6-12 tahun : 3x sehari @1 sendok takar

Jadi, apabila si kecil mengalami batuk dan pilek, pilihlah obat yang sesuai dengan kondisinya. Pun, segera ajak anak ke dokter jika kondisinya tidak kunjung membaik atau menunjukkan gejala serius.