14 Test Pack yang Bagus di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Test Pack yang Bagus di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Untuk menguji kehamilan secara mandiri, orang-orang biasanya menggunakan alat tes kehamilan yang sering disebut dengan test pack. Produk ini akan bekerja dengan mengukur kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) pada urine.

Hormon hCG merupakan suatu hormon yang diproduksi oleh sel-sel plasenta selama kehamilan. Konsentrasi hormon ini akan meningkat sejak terjadi pembuahan dan akan sampai pada puncaknya di pekan ke-8 hingga 11 pasca terjadi pembuahan.

Artinya, orang yang sedang mengandung pasti memiliki hormon hCG, meskipun dengan kadar yang berbeda-beda. Selanjutnya, hCG akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Itulah sebabnya proses cek kehamilan dengan test pack memerlukan urine sebagai sampel yang diuji.

Rekomendasi Test Pack yang Bagus di Apotik dan Harganya

Nah, untuk mengecek kemungkinan hamil secara mandiri di rumah, Anda bisa memanfaatkan rekomendasi merek test pack pada daftar berikut ini. Untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya Anda menggunakan beberapa merek test pack yang berbeda sekaligus saat melakukan pengujian.

1. Andalan Pregnancy Test Midstream

Andalan Pregnancy Test Midstream

Beli Andalan Pregnancy Test Midstream Klik di Sini

Rekomendasi test pack bagus yang pertama adalah Andalan Pregnancy Test Midstream.Test pack jenis midstream merupakan alat uji kehamilan yang dirancang untuk mengetahui sampel urin mengandung hormon hCG, yaitu hormon yang diproduksi sel telur yang telah dibuahi dan menempel di dinding rahim.

Kisaran harga test pack Andalan Pregnancy Test Midstream: Rp17.042 per pcs.

2. Testpack Test Kehamilan

Testpack Test Kehamilan

Beli Andalan Testpack Test Kehamilan Klik di Sini

Jenis test pack yang bagus berikutnya adalah Testpack Test Kehamilan. Alat uji ini disebut-sebut memberikan hasil akurat hingga 99 persen ketika digunakan. Jika ingin membuktikannya, Anda bisa coba mengecek urine pada pagi hari. Hal ini karena urine pada waktu tersebut jauh lebih pekat dan belum banyak tercampur dengan zat-zat lainnya.

Kisaran harga Testpack Test Kehamilan: Rp10.564 per pcs.

3. Sensitif Test Kehamilan

sensitif test kehamilan

Beli Andalan Testpack Test Kehamilan Klik di Sini

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai test pack Sensitif, Anda perlu tahu dulu kalau merek test pack ini terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari test pack strip hingga midstream. Sensitif Test Kehamilan ini termasuk test pack strip, sehingga untuk menggunakannya Anda harus menampung urine terlebih dahulu.

Kisaran harga test pack Sensitif Test Kehamilan: Rp29.326 per pcs.

4. Sensitif Compact

Sensitif Compact test pack

Beli Sensitif Compact Klik di Sini

Rekomendasi berikutnya adalah merek yang sama dengan test pack sebelumnya. Namun, Sensitif Compact ini merupakan test pack jenis midstream.

Cukup tadahkan ujungnya di bawah air kencing saat Anda buang air kecil pada pagi hari.  Setelah itu, tunggu beberapa saat (sekitar tiga menit), untuk mendapat hasilnya, positif atau negatif.

Kisaran harga test pack Sensitif Compact: Rp63.110 per pcs.

5. One Med Test Kehamilan

One Med Test pack Kehamilan

Beli One Med Test Kehamilan Klik di Sini

Selanjutnya ada test pack Onemed atau One Med Test Kehamilan. Alat ini tak jauh berbeda dengan alat uji kehamilan berbasis strip yang lain. Cara menggunakannya pun sama, yaitu dengan mencelupkan pada urine selama sektar 30 detik, dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Jika Anda mendapat hasil satu garis merah, artinya tidak hamil. Sementara jika mendapat dua garis, tandanya Anda positif hamil.

Kisaran harga test pack One Med Test Kehamilan: Rp4.182 per pcs.

6. Akurat Test Kehamilan

Akurat Test Pack Kehamilan

Beli Akurat Test Kehamilan Klik di Sini

Seperti namanya, test pack Akurat menawarkan tingkat akurasi pada uji kehamilan hingga 99 persen. Penggunaan alat ini juga tidak jauh berbeda dengan test pack jenis strip lainnya. Hasilnya pun demikian, jika garis satu artinya negatif, dan jika garis dua artinya positif.

Kisaran harga test pack Akurat Test Kehamilan: Rp14.337 per pcs.

7. Andalan Test Kit Loose Pack

Andalan Test Kit Loose Pack

Beli Andalan Test Kit Loose Pack Klik di Sini

Test pack Andalan terkenal sebagai salah satu merek test pack yang cepat dalam menunjukkan hasil pengujian kehamilan. Setelah melakukan pengecekan dengan urine, hasil bisa diketahui hanya dalam jangka waktu satu menit. Jika dalam kondisi yang baik, hasil pengujian dengan alat ini juga sangat akurat.

Kisaran harga test pack Andalan Test Kit Loose Pack: Rp5.584 per pcs.

8. Andalan Pregcy Check Strip

Andalan Pregcy Check Strip test pack

Beli Andalan Pregcy Check Strip Klik di Sini

Andalan Pregcy Check Strip merupakan versi lain dari test pack Andalan dengan hasil uji yang cepat dan akurat. Test pack ini berjenis strip dan bisa digunakan dengan mencelupkannya pada urine untuk mengecek kadar hCG. Penggunaan alat ini sebaiknya dilakukan setelah lewat tujuh hari Anda berhubungan dengan pasangan.

Kisaran harga test pack Andalan Pregcy Check Strip: Rp5.711 per pcs.

9. Amor Test Duo

Amor Test Duo test pack

Beli Amor Test Duo Klik di Sini

Amor Test Duo adalah strip uji kehamilan yang bisa digunakan dengan mudah. Hasilnya pun cepat diketahui sekaligus akurat, jika pengujian dilakukan secara tepat. Namun, jika alur pengujian keliru, atau kondisi hormon hCG tidak terlalu tinggi, bisa saja hasilnya akan meragukan. Sebagai contoh, muncul garis yang samar pada test pack.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan ulang. Produk Amor Test Duo ini menawarkan test pack berjumlah dobel yang bisa dipakai untuk pengujian ulang.

Kisaran harga test pack Amor Test Duo: Rp25.289 per pcs.

10. Woman Choice Testpack

Woman Choice Testpack

Beli Woman Choice Testpack Klik di Sini

Bagi Anda yang ingin tes kehamilan dengan teknologi canggih seperti di laboratorium, tetapi dengan harga terjangkau, Woman Choice Testpack adalah solusinya. Alat cek kehamilan berbentuk stik ini diyakini mampu memberikan hasil akurat hanya dalam 40 detik. Sementara untuk memastikan hasil negatif, Anda bisa menunggu hingga 5 menit.

Kisaran harga Woman Choice Testpack: Rp29.276 per pcs.

11. Woman Choice Strip

Woman Choice Strip

Beli Woman Choice Strip Klik di Sini

Tidak jauh berbeda dengan jenis test pack sebelumnya, Woman Choice Strip juga memiliki kecepatan dan keakuratan yang tinggi dalam menguji kehamilan. Test pack ini berbentuk strip untuk dicelupkan ke dalam urine saat melakukan pengecekan kehamilan, sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengecek kehamilan dengan alat ini enam hari setelah berhubungan dengan pasangan.

Kisaran harga test pack Woman Choice Strip: Rp26.044 per pcs.

12. Direct Test

Direct Test pack

Beli Woman Choice Strip Klik di Sini

Seperti kebanyakan test pack lainnya, Direct Test juga bekerja dengan mendeteksi kadar hCG di urine untuk mengetahui seseorang positif hamil atau tidak. Namun, test pack merek ini dipercaya banyak orang memiliki tingkat keakuratan tinggi layaknya tes yang dilakukan di laboratorium. Direct Test juga banyak dijual di apotik dengan harga terjangkau.

Kisaran harga test pack Direct Test: Rp26.610 per pcs.

13. Pregcy Check Test Strip

Pregcy Check Test Strip

Beli Pregcy Check Test Strip Klik di Sini

Test pack jenis strip berikutnya adalah Pregcy Check Test Strip yang bisa menjadi salah satu referensi untuk mengecek kehamilan. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan strip test pack ke dalam urine selama tiga detik, lalu angkat dan tunggu hingga tiga menit untuk mengetahui hasil secara lebih akurat.

Kisaran harga test pack Pregcy Check Test Strip: Rp24.965 per pcs.

14. Sensitif UC

Sensitif UC test pack

Beli Sensitif UC Klik di Sini

Test pack ini tak jauh berbeda dengan test pack merek Sensitif lainnya, khususnya Sensitif Test Kehamilan yang sama-sama berbentuk strip. Namun, Sensitif UC menawarkan keunggulan berupa wadah urine ketika Anda membelinya, sehingga akan semakin memudahkan proses pengecekan kehamilan.

Kisaran harga test pack Sensitif UC: Rp25.348 per pcs.

Demikian beberapa rekomendasi test pack bagus di apotik yang bisa digunakan untuk mengetes kehamilan. Semuanya mudah digunakan dan memberikan hasil yang cukup akurat.

Untuk membelinya, Anda bisa datang ke apotik terdekat. Namun jika ingin lebih praktis, kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi K24Klik untuk membeli test pack dan obat-obatan lainnya secara online. Setelah itu, barang akan langsung dikirim ke alamat Anda.

K24Klik akan memberikan berbagai kemudahan bagi Anda dalam mendapatkan kebutuhan alat kesehatan seperti test pack maupun berbagai obat. Oleh sebab itu, segera unduh aplikasi ini secara gratis melalui Play Store atau App Store.

Referensi:

  1. How do pregnancy tests work?, https://www.compoundchem.com/2018/11/09/pregnancy-tests/ (Diakses pada 22 Februari 2023, pukul 21.33 WIB).
  2. Human Chorionic Gonadotropin, https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22489-human-chorionic-gonadotropin# (Diakses pada 22 Februari 2023, pukul 21.35