Terobosan Baru : Masker MASKIT Reusable yang Multifungsi

Published by Debora Ciptasari on

Empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menciptakan sebuah terobosan masker terbaru bernama MASKIT atau Mask in Tech. Maskit merupakan masker pelindung alat pernafasan multifungsi yang aman dan nyaman digunakan. Berguna melindungi Anda dari polusi dan penyakit. Masker ini telah teruji di laboratorium UI dengan hasil efektif membunuh bakteri dan polusi lebih dari 90%.

Ide awal produk Maskit adalah Indonesia menjadi salah satu negara dengan penderita TBC terbanyak di dunia. TBC menyerang usia produktif dan banyak kasus pemecatan kerja terjadi akibat seseorang menderita TBC. Berawal dari masalah tersebut empat mahasiswa FTUI menciptakan sebuah masker yang diharapkan mampu menjadi solusi untuk mencegah penularan TBC dan menurunkan angka penyebaran TBC di Indonesia.

Masker Maskit berbeda dengan masker lainnya karena memiliki filter dengan teknologi karbon aktif dan nano silver. Filter dapat diganti selama maksimum dua minggu sekali. Disain masker Maskit dirancang sesuai dengan masker pada umumnya, namun memiliki kantong di bagian belakang masker yang ukurannya mengikuti ukuran filter. Selain itu, disain masker Maskit sangat stylish dengan pilihan warna dan motif beragam serta nyaman dan fleksibel bagi pengguna hijab.

Prinsip kerja masker Maskit ini menggunakan prinsip adsorpsi, yang memindahkan polutan dari udara ke dalam adsorben sehingga adsorben perlu diganti secara berkala. Adsorben pada Maskit juga mampu mendegradasi bakteri dan virus. Masker ini terdiri dari bahan dasar kain katun sebagai kain pembungkus dan kain polyester yang dilapisi dengan komposit karbon aktif sebagai adsorben dan nanosilver sebagai desinfektan.

Maskit dilengkapi dengan tali karet untuk menyesuaikan ukuran pemakai. Tak hanya tali karet, masker ini juga memiliki tali tambahan untuk pengguna hijab. Jadi sudah tak diragukan lagi kalau masker ini sangat cocok digunakan untuk semua kalangan. MASKIT sudah memiliki izin edar penjualan dan telah disertifikasi oleh Kementerian Kesehatan. Apabila Anda ingin mendapatkan masker MASKIT, Anda dapat membeli masker ini melalui aplikasi K24Klik dan https://www.k24klik.com/.

Cara Penggunaan Maskit :

  1. Ambil masker dari wadahnya, dan buka masker secara keseluruhan
  2. Pastikan bagian dagu di posisi bawah
  3. Bagi pengguna hijab : Pasang tali hijab ke kepala dan masukkan masker melalui atas kepala
  4. Bagi pengguna Non-Hijab : Lepas tali hijab dan pasang karet ke telinga

Cara mengganti Filter :

  1. Filter dapat diganti selama maksimal 2 minggu sekali
  2. Lepas filter yang berada pada kantong belakang masker
  3. Tarik keluar filter yang berada di kantong dalam makser
  4. Ganti filter dengan yang baru
  5. Ambil filter baru dari wadahnya
  6. Masukkan filter ke dalam kantong masker
    *Posisi terbalik tidak masalah
  7. Setelah filter sudah terpasang kembali, maka masker dapat digunakan kembali.

Debora Ciptasari

Debora Ciptasari, S.Farm Farmasi Universitas Sanata Dharma 2015

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *