fbpx
Share this:

Dikurasi Oleh: apt. Maretta Putri A., S.,Farm.

kembali kerja saat new normal

Pandemi Covid -19 memang masih berlangsung. Bahkan, jumlah pasien positif di Indonesia masih bertambah hingga detik ini. Akan tetapi, sejak awal Juni lalu, pemerintah sudah menetapkan kebijakan new normal untuk memulihkan perekonomian negara dan masyarakat. Saat New Normal ini dilakukan, masyarakat tetap dihimbau untuk menjalankan protokol dari Pemerintah

Sejumlah kantor pun mulai memanggil kembali karyawan untuk bekerja, tidak ada lagi aktivitas work from home. Meskipun, mereka harus menerapkan sejumlah aturan, seperti memberlakukan peraturan shift untuk semua pekerja, membatasi interaksi antar karyawan, dan lain sebagainya.

Yang Harus Diperhatikan Oleh Pengusaha dan Karyawan saat New Normal

Di antara kebijakan-kebijakan yang sudah dikeluarkan, ada pula hal-hal yang sebaiknya dicermati oleh pengusaha atau karyawan disaat New Normal ini, di antaranya:

1. Protokol kesehatan dan keamanan karyawan wajib diutamakan

Selama masa pandemi, kehidupan sudah tidak lagi sama. Begitu pun bagi karyawan yang hendak mulai pergi ke kantor lagi. Protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan WHO harus dipatuhi. Keamanan karyawan adalah hal yang utama, sebab merekalah aset penting bagi perusahaan.

Adapun protokol yang harus diikuti saat New Normal di antaranya memberi jarak antar ruang kerja karyawan, menyediakan sabun pencuci tangan di setiap sudut ruangan, handsanitizer, dan masker, serta selalu membersihkan ruangan setiap beberapa menit sekali. Bagi karyawan yang sedang sakit, ada baiknya dilarang datang ke kantor dan disarankan beristirahat di rumah. Lebih baik lagi, mereka diberikan fasilitas untuk berkonsultasi dengan dokter yang mana biaya dibantu oleh perusahaan.

2. Adanya tim untuk melakukan manajemen krisis

Dalam situasi apa pun, perusahaan harus memiliki tim khusus yang bertugas untuk membantu melakukan manajemen krisis. Dengan begitu, di tengah situasi new normal seperti sekarang ini, perusahaan dan karyawan sudah siap untuk kembali beraktivitas di kantor.

Adapun tugas dari tim manajemen krisis di antaranya mengumpulkan informasi yang tepat mengenai kondisi saat ini, kemudian menyusun strategi untuk membuat bisnis tetap berjalan, dan menyampaikan informasi yang tepat kepada karyawan. Dengan begitu, jajaran dalam perusahaan mengetahui perkembangan dan apa saja yang harus dipersiapkan ke depannya, seperti keuangan, pengelolaan aset, serta pemasaran.

3. Jadikan karyawan sebagai aset

Karyawan merupakan aset berharga perusahaan. Di tengah pandemi ini, pasti akan terjadi polemik. Para tenaga kerja was-was tentang nasib ke depannya di perusahaan.

Pada saat new normal inilah, Anda sebagai pengusaha harus mampu mengomunikasikan kondisi yang dihadapi perusahaan dengan karyawan guna mencapai kesepakatan bersama. Bagian yang membantu meningkatkan produksi dapat dimaksimalkan, sementara bagian lain dapat meningkatkan kemampuannya. Dengan begitu, ketika pandemi berakhir, bisnis tetap mampu bertahan.

4. Perencanaan Keuangan

Mengelola keuangan perusahaan memang sangat penting di masa-masa new normal ini. Pasalnya, dengan perencanaan keuangan yang baik, dapat menjaga bisnis tetap beroperasi. Pihak manajemen pun dapat merancang strategi terkait adanya skenario terbaik dan terburuk ke depannya.

Bukan hanya di masa-masa pandemi seperti sekarang, perencanaan keuangan yang tepat dapat menjaga bisnis tetap berjalan usai pandemi berakhir. Perusahaan tidak lagi harus berjuang dari nol.

Langkah selanjutnya adalah mengamankan kas sebaik mungkin dengan memberikan kebijakan yang sama-sama menguntungkan antara perusahaan dan karyawan. Untuk itulah, komunikasi dengan karyawan sangat diperlukan agar tidak ada yang merasa tercurangi disaat New Normal ini.

5. Lebih fleksibel dalam bekerja

Di masa-masa new normal ini, ada baiknya perusahaan memberikan kebijakan soal fleksibilitas dalam bekerja bagi karyawan yang memenuhi syarat. Misalnya, untuk karyawan yang sudah berusia di atas 45 tahun dapat bekerja dari rumah. Karyawan yang rentan terkena COVID-19 seperti yang sedang sakit atau menggunakan transportasi masal juga dapat melakukan pekerjaan secara remote.

Untuk dapat memberikan izin fleksibilitas dalam kerja disaat new normal ini, tentunya pihak manajemen dan HRD harus sudah menyiapkan sistem yang dapat membantu memantau karyawan, agar mereka tetap dapat produktif meskipun tidak berada di kantor.

Selain Pengusaha yang mempersiapkan tempat usahanya ketika New Normal, sebagai karyawan juga harus melakukan beberapa hal agar tetap aman dan terhindar dari virus Covid-19 saat New Normal. Dengan kata lain, disaat New normal ini ada beberapa barang yang saat ini perlu dipersiapkan semua orang agar tetap aman, hal ini juga menjadi salah satu poin penting dalam kondisi New Normal ini.

Beberapa barang yang dibawa Kerja saat New Normal

barang yang dibawa saat new normal

Untuk membantu meminimalisir risiko penularan Covid-19 dalam transportasi umum dan di kantor, berikut barang-barang yang dapat Anda persiapkan mulai dari sekarang.

1. Masker digunakan saat New Normal

Barang ini merupakan barang paling vital yang perlu Anda gunakan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum dan kantor karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung Anda.

Produk yang dapat dipesan di K24klik bisa menjadi pilihan Anda. Suatu penelitian menyatakan bahwa masker kain dapat memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah jika digunakan dengan tepat. Jangan lupa untuk membeli lebih dari satu masker supaya Anda bisa menggantinya ketika salah satu masker sudah kotor teruatama disaat new normal. Disisi lain, masker juga dapat membantu Anda dalam menyaring polusi udara disaat new normal ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Masker untuk mencegah Covid-19

2. Hand sanitizer digunakan saat New Normal

Disituasi New Normal, Hand Sanitizer sangat diperlukan jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta. Belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 70% karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan Anda dari virus dan bakteri secara efektif. Sehingga hand sanitizer menjadi barang yang wajib dibawa dimanapun saat new normal ini.

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui tentang HAND SANITIZER

3. Face shield atau kacamata dipakai saat New Normal

Anda bisa menggunakan face shield sebagai pelengkap perlindungan wajah Anda dalam transportasi umum disaat new normal ini. Face shield dapat melindungi mata Anda dari droplet penyebab virus corona dan partikel berbahaya lainnya.

Apabila Anda tidak percaya diri untuk mengenakan face shield di depan umum, Anda bisa menggunakan safety googles atau kacamata biasa untuk memberikan mata perlindungan yang memadai dari ancaman virus corona dan mencegah Anda mengucek mata disaat new normal ini.

4. Tisu kering dan basah digunakan saat New Normal

Barang ini merupakan barang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan di sekitar Anda disaat new normal ini. Tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan Anda setelah mencuci tangan. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakan tisu kering saat tidak sempat mencuci tangan dan ingin menyentuh area wajah. Disarankan menggunakan tisu wajah dengan tekstur lembut dan halus.

Sementara tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang-barang dan permukaan tertentu, seperti meja, dudukan toilet, dan semacamnya. Pastikan kedua jenis tisu ini selalu ada dalam tas Anda.

Jangan sampai tertinggal ya sobat sehat, terutama pada saat new normal. Menjaga kebersihan itu sangat penting disaat new normal.

5. Uang elektronik atau dompet online pilihan saat New Normal

Menurut beberapa studi, uang dapat menjadi tempat virus dan bakteri singgah. Hal ini berlaku untuk uang kertas dan logam. Meski belum ada bukti spesifik tentang virus corona, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap berhati-hati.

Sebagai alternatif pembayaran disaat new normal, Anda bisa menggunakan uang elektronik atau dompet online sebagai metode pembayaran sementara, baik itu di stasiun, halte, maupun di berbagai tempat lainnya.

Lebih praktis bukan? mari sama-sama beralih ke uang elektronik disaat new normal ya..

6. Peralatan makan saat New Normal

Ketimbang menggunakan alat makan yang disediakan di kantor, sebaiknya Anda membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Peralatan ini bisa berupa sendok, garpu, dan tempat makan.

Penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari.

7. Peralatan ibadah saat New Normal

Bagi Anda yang beragama Islam, bawalah peralatan ibadah sendiri, baik itu sajadah ataupun mukena. Hindari penggunaan alat ibadah bersama yang biasa digunakan di kantor atau tempat umum lainnya supaya mencegah diri Anda tertular virus corona.

Siapkah dengan New Normal?

Itulah beberapa bekal yang bisa Anda siapkan sebelum kembali ke kantor. Melalui persiapan yang maksimal, Anda bisa meminimalisir penularan virus corona saat mengarungi new normal.

Kurang lebih itulah hal-hal yang sebaiknya dicermati Indonesiabaik pengusaha atau karyawan di masa-masa new normal ini. Penyesuaian terhadap kondisi yang terjadi sangat diperlukan, baik oleh pengusaha maupun karyawan. Begitu pula, tidak ada perusahaan yang akan terus berjanji untuk menjaga finansial para pekerjanya. Namun, semua perusahaan berusaha sebaik mungkin untuk membantu karyawan yang menjadi aset berharga perusahaan demi keuntungan bersama.

Jangan lupa juga untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti jaga jarak aman dan tidak berkerumun, sekaligus mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *