10 Obat Batuk Tablet untuk Dewasa dan Anak di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk tablet untuk dewasa dan anak di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk tablet dapat menjadi salah satu andalan untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak. Beberapa jenis obat batuk dapat dikonsumsi baik untuk dewasa dan juga anak-anak, sesuai aturan pakai atau anjuran dokter.

Batuk merupakan salah satu gangguan pernapasan yang paling umum ditemui baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pemicunya bermacam-macam, mulai dari alergi hingga gejala flu. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan obat batuk tablet.

Beberapa nama obat batuk tablet juga menyediakan versi sirup yang jauh lebih mudah untuk dikonsumsi, terutama bagi anak-anak usia dibawah 12 tahun.

Obat batuk tablet anak biasanya akan mengalami penyesuaian dosis seperti setengah dosis orang dewasa. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli dalam mendapatkan penggunaan obat tablet maupun sirup yang tepat bagi anak-anak.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Kering Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Batuk Tablet untuk Dewasa dan Anak di Apotik

Dibuat dengan dosis yang paten, Anda dapat mengandalkan obat batuk tablet untuk meredakan batuk kering maupun berdahak. Berikut ini merupakan beberapa obat batuk tablet untuk dewasa dan anak di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Promedex

obat batuk tablet promedex

Beli Promedex Klik di Sini

Dengan kandungan dextromethorphan HBr, guaifenesin dan juga chlorpheniramine maleate dalam Promedex ampuh untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh alergi. Obat tablet batuk di apotik ini dapat diberikan pada anak-anak mulai usia 6 tahun keatas dan dewasa.

Untuk mengatasi batuk berdahak, kandungan guaifenesin dalam promedex ampuh dalam mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Dewasa dan juga anak-anak diatas 12 tahun dapat mengonsumsi obat ini 1 tablet untuk 3 kali sehari. Sedangkan anak-anak usia 6-12 tahun dianjurkan menggunakan obat ini setengah tablet 3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

2. Solvinex

obat batuk tablet solvinex

Beli Solvinex Tablet Klik di Sini

Batuk berdahak buat pernapasan terganggu? Anda dapat menggunakan obat batuk tablet solvinex untuk mengatasinya. Kandungan bromhexin HCl dalam solvinex ampuh untuk mengurangi produksi lendir atau dahak berlebih.

Hindari mengonsumsi solvinex bersamaan dengan antibiotik amoxicillin, erythromycin dan cefuroxime. Hal ini dikarenakan kadar antibiotik dalam darah potensi terjadinya efek samping pun dapat meningkat.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

obat solvinex sirup

Beli Solvinex Sirup Klik di Sini

Untuk anak-anak, Anda dapat menggunakan sediaan jenis obat Solvinex Sirup yang lebih mudah untuk dikonsumsi.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

3. Mucohexin

obat batuk tablet mucohexin

Beli Mucohexin Tablet Klik di Sini

Salah satu obat batuk tablet di apotik yang dapat Anda andalan adalah Mucohexin. Obat dengan kandungan bromhexin HCl ini ampuh untuk mengencerkan dahak penyebab gangguan saluran pernapasan dan mengatasi batuk.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

obat mucohexin sirup

Beli Mucohexin Sirup Klik di Sini

Obat batuk tablet untuk dewasa dan anak-anak dapat diminum 3 kali sehari, 1 tablet dewasa dan setengah tablet untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Jika diberikan pada anak-anak, Mucohexin Sirup lebih dianjurkan karena mudah untuk dikonsumsi.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/botol

4. Extropect

obat batuk tablet extropect

Beli Extropect Tablet Klik di Sini

Batuk dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan sehingga perlu untuk segera diatasi. Anda dapat menggunakan extropect tablet yang ampuh bekerja dalam mengencerkan dahak sekaligus mempermudah pengeluaran lendir saat batuk.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

obat extropect sirup

Beli Extropect Sirup Klik di Sini

Mengandung ambroxol HCl, obat ini dapat diberikan pada dewasa, anak diatas 12 tahun dan juga anak-anak usia 6-12 tahun. Tersedia extropect sirup apabila Anda kesulitan untuk mengonsumsi versi obat batuk tabletnya.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/botol

5. Konidin

obat batuk tablet konidin

Beli Konidin Klik di Sini

Mengandung guaifenesin, dextromethorphan HBr dan juga chlorpeniramine maleate membuat konidin tablet ampuh untuk mengatasi batuk kering. Obat batuk tablet ini akan membantu Anda dalam melegakan tenggorokan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

obat konidin obh sachet

Beli Konidin OBH Klik di Sini

Cara kerja obat ini adalah menekan batuk dan mengencerkan dahak. Pada beberapa orang, reaksi obat sirup mungkin lebih cepat dalam meredakan batuk. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan Konidin OBH yang tersedia dalam kemasan sachet praktis.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/dos

6. Scanidin

obat batuk tablet scanidin

Beli Scanidin Klik di Sini

Batuk kering buat tenggorokan sakit? Anda dapat mengatasinya menggunakan scanidin tablet. Obat ini mengandung dextromethorphan HBr dan juga diphenhydramine yang ampuh menekan batuk dan juga gejala alergi yang menyertainya seperti hidung tersumbat.

Termasuk golongan obat keras, pastikan untuk mengonsumsi scanidin sesuai dengan aturan pakai ataupun petunjuk dokter. Salah satu efek samping dari obat ini adalah mengantuk, sehingga hindari mengonsumsi scanidin saat akan berkendara atau beraktivitas berat.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

7. Ambroxol

obat batuk tablet ambroxol

Beli Amboxol Tablet Klik di Sini

Produksi dahak yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan pernapasan termasuk batuk. Ambroxol tablet merupakan salah satu obat generik yang ampuh bekerja untuk mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

8. Bisolvon Tablet

obat batuk tablet bisolvon

Beli Bisolvon Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan bahan aktif bromhexine HCl, bisolvon tablet dapat bekerja ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Untuk dewasa dan anak usia diatas 12 tahun, obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari sebanyak 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

obat bisolvon straw kids

Beli Bisolvon Straw Kids Klik di Sini

Untuk anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun, Anda dapat memanfaatkan bisolvon straw kids. Dengan bentuk sirup yang lebih mudah untuk dikonsumsi, obat ini juga memiliki rasa strawberry sehingga anak tidak ada sensasi pahit bagi anak-anak.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/botol

9. Graxine Tablet

obat batuk tablet graxine

Beli Graxine Tablet Klik di Sini

Obat batuk tablet dewasa dan juga anak diatas usia 12 tahun, graxine tablet mengandung bromheksin HCl dan juga gliceril guaikolat. Anda dapat memanfaatkan obat ini mengatasi batuk berdahak.

Cara kerja obat ini adalah memecah dahak dalam saluran pernapasan menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. Anjuran mengonsumsi graxine tablet adalah 3 kali sehari sebanyak 1 tablet atau sesuai kebutuhan dan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

10. Bromhexin Tablet

obat batuk tablet bromhexin

Beli Bromhexin Tablet Klik di Sini

Merupakan salah satu obat pengencer dahak, bromhexin tablet dapat dikonsumsi untuk anak-anak maupun dewasa. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai aturan pakai atau anjuran dokter untuk meminimalisir potensi terjadinya efek samping.

Apabila Anda merasakan beberapa efek samping dari penggunaan obat ini semakin parah, segera hentikan pemakaian bromhexin dan berkonsultasi pada dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk tablet untuk dewasa dan anak-anak yang tersedia di apotik. Beberapa obat batuk tablet merupakan golongan obat keras sehingga Anda memerlukan resep dokter untuk pembeliannya.

Batuk mengganggu tengah malam tapi kehabisan stok obat? Tenang, Anda dapat mengandalkan aplikasi K24Klik yang siap sedia 24 jam dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat.

K24Klik yang tersedia di Play Store dan juga App Store merupakan aplikasi beli obat online terpercaya dengan jaringan luas apotek K-24. Untuk mendapatkan promo menarik dan akses beli obat jadi lebih praktis, yuk download sekarang juga!

Referensi:

https://www.singlecare.com/blog/best-cough-medicine/#:~:text=Dextromethorphan%20is%20used%20to%20treat,Robitussin)%20and%20Vicks%20Dayquil%20Cough diakses pada 11 Agustus 2023

https://www.nhs.uk/conditions/cough/ diakses pada 11 Agustus 2023