Share this:

Tips Menu Sahur Praktis dan Sehat

Sobat sehat, tidak terasa bulan Ramadhan telah tiba. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi sobat sehat yang berpuasa.

Nah, untuk sobat sehat yang bingung menyiapkan menu sahur yang praktis tapi tetap sehat, #K24Klik punya tips menu sahur sehat untuk kalian.

Terlambat bangun dan waktu sahur tinggal sedikit?

Tenang sobat sehat, oatmeal atau sereal bisa menjadi pilihan menu sahur praktis dan sehat. Hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk membuat menu yang satu ini.

Siapkan sereal atau oatmeal sehat favorit sobat sehat dan tuangkan susu cair atau yogurt ke dalamnya. Bisa ditambahkan beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond, atau buah-buahan seperti stroberi, kismis, anggur, atau buah lain yang tersedia di kulkas sobat sehat. Apabila sobat sehat termasuk penyuka makanan manis, bisa ditambahkan madu secukupnya sebagai pelengkap.

Oatmeal atau sereal mengandung banyak serat yang akan membuat sobat sehat kenyang lebih lama. Perpaduan oatmeal atau sereal dengan susu juga kaya akan protein dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh hingga waktunya berbuka.

menu sahur praktis dan sehat

 

Menu Sahur Praktis dan Sehat dengan Olahan Telur

Selain oatmeal atau sereal, ada satu lagi menu sahur praktis dan sehat nan lezat serta kaya gizi.
Sobat sehat dapat memilih telur sebagai menu sahur. Selain sebagai sumber protein tinggi, mengkonsumsi telur saat sahur juga membuat sobat sehat kenyang lebih lama dan memenuhi kebutuhan energi selama puasa.

Cara mengolah telur pun sangat mudah. Campurkan sedikit garam ke dalam telur dan kocok lepas hingga merata, lalu goreng hingga matang. Sobat sehat juga bisa menambahkan beberapa bahan lain agar lebih sedap dan lezat, seperti bawang merah dan bawang putih, irisan sosis, atau daging cincang.

Jika bosan dengan telur dadar, sobat sehat juga dapat membuat baked egg avocado. Bahan yang dibutuhkan hanya 2 jenis, yaitu 1/2 buah alpukat dan 1 butir telur ayam. Berikut cara membuatnya :

1. Potong buah alpukat menjadi 2 bagian dan buang bijinya
2. Masukkan telur ayam ke dalam cekungan di dalam buah alpukat
3. Masukkan ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 15-20 menit
4. Tambahkan oregano dan merica bubuk sesuai selera
5. Menu sahur praktis dan sehat pun siap dinikmati!

avocado

 

Pelengkap Menu Sahur Praktis dan Sehat

Untuk melengkapi menu sahur, tidak ada salahnya menambahkan buah ke dalam daftar menu sahur sehat.

Salah satunya, sobat sehat dapat menambahkan buah Apel. Buah yang satu ini merupakan sumber antioksidan alami untuk melawan radikal bebas. Buah apel juga mengandung pektin yang dapat membantu mencegah kanker, mengurangi stres, dan menurunkan kadar kolesterol.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, kulit buah ini juga mengandung quercetin yang membantu mengontrol kadar gula darah dan melawan diabetes tipe II. Kandungan fruktosa atau gula alami dan serat dalam buah apel juga dapat membuat sobat sehat merasa kenyang lebih lama.

Selain dikonsumsi langsung, apel juga dapat dikonsumsi dengan cara lain tanpa kehilangan nilai gizinya, seperti dikonsumsi dalam bentuk jus buah, salad, pudding buah, pizza buah, atau sesuai selera sobat sehat.

Agar lebih sehat, jangan lupa untuk mencuci buah apel terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, ya. Jika sobat sehat menginginkan dikonsumsi langsung, sebaiknya konsumsi sebelum makan.

waldorf-apple-salad-780

 

 

Selamat mencoba menu sahur sehat di atas, sobat sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *