Share this:

Kenapa Kalsium Penting untuk Ibu Hamil? Ini Alasannya

dikurasi oleh Maretta Putri. A. S.Farm., Apt.

Asupan makanan merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan selama masa kehamilan. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan janin adalah kalsium.

Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013 menyatakan kebutuhan kalsium harian tiap calon ibu berbeda tergantung usianya. Makin muda usia ibu saat hamil, makin besar jumlah kalsium yang diperlukan. Ini karena kalsium tidak hanya dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, tapi juga penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tulang si ibu sendiri.

Pertanyaannya, sepenting apa sih kalsium bagi ibu hamil?

1. Pembentukan Tulang dan Gigi Janin

Kalsium adalah nutrisi yang sangat berperan dalam membentuk tulang dan gigi janin selama di dalam kandungan. Selain itu, mineral ini juga berfungsi penting dalam menguatkan otot dan syaraf bayi.

2. Mencegah Bayi Lahir Prematur

Kadar kalsium yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko hipokalsemia pada ibu. Hipokalsemia adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan kurangnya kalsium pada darah selama hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau berat badan bayi rendah saat lahir.

3. Mencegah Osteoporosis

Bayi membutuhkan kalsium yang tinggi selama di dalam kandungan. Jika asupan selama masa kehamilan kalsium ibu tak tercukupi, bayi akan menyerap kalsium dari tubuh ibu untuk membantu pembentukan organ. Nah, hal ini secara tidak langsung akan membuat tubuh ibu kekurangan kalsium, sehingga berisiko menderita osteoporosis atau tulang keropos.

4.   Mengurangi Risiko Preeklampsia

Sekitar 15% ibu hamil meninggal akibat preeklampsia. Kondisi yang ditandai oleh tingginya tekanan darah mulai minggu ke-20 kehamilan ini terjadi akibat terganggunya perkembangan plasenta bayi. Preeklampsia dapat merusak organ sistem lain, yang paling sering adalah hati dan ginjal. Nah, risiko preeklampsia dapat ditekan dengan cara memenuhi kebutuhan kalsium harian saat hamil. Kalsium dapat digunakan untuk mencegah preeklampsia pada dosis dan durasi tertentu. Penggunaan obat dan suplemen pada ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Tips Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil

Calon ibu perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh selama masa kehamilan. Nah, Produk Susu seperti susu, keju, yogurt, dan olahan lainnya merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Selain produk susu, kebutuhan kalsium harian juga bisa didapat dari sumber makanan lain, seperti:

  • Ikan sarden
  • Ikan salmon
  • Pakcoy
  • Brokoli
  • Sayur kale
  • Ikan teri
  • Bayam
  • Tahu
  • Susu kedelai

Sedikit catatan, hati-hati mengonsumsi tahu saat hamil. Pastikan tahu yang Anda beli tidak mengandung pengawet berbahaya seperti formalin.

Ingat, hindari juga terlalu banyak mengonsumsi kalsium. Kelebihan kalsium dalam tubuh justru dapat memicu berbagai masalah kesehatan lain, seperti sembelit (susah BAB), peningkatan risiko batu ginjal, serta tubuh yang kesulitan menyerap mineral penting tertentu dari makanan.

Suplemen Kalsium untuk Ibu Hamil

Saat ini sudah banyak suplemen kalsium untuk ibu hamil yang dijual di apotek, salah satunya di K24Klik, menyediakan berbagai bentuk sediaan Kalsium seperti kapsul, tablet, dan lainnya. Jangan lupa konsultasikan dulu dengan dokter kandungan yang menangani Anda, ya.

Kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda. Check-up rutin untuk memastikan kesehatan ibu dan janin juga penting dilakukan. Nah, semoga ulasan ini bermanfaat ya. Selamat menunggu kelahiran sang buah hati!

Categories: Info Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *