Dapur Bersih Belum Tentu Bebas Kuman

Published by K24Klik on

dapur bersih

Dapur Bersih Belum Tentu Bebas Kuman

dapur bersih

Tahukah sobat sehat? Dalam sehari, sebuah bakteri dapat berlipat ganda hingga 8 juta sel. Bakteri-bakteri tersebut bisa berada di sudut rumah mana saja, salah satunya adalah di dapur. Jika tidak dibersihkan secara teratur, dapur yang menjadi tempat menyiapkan makanan untuk keluarga dapat menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Dapur yang terlihat bersih pun belum tentu bebas dari bakteri jahat jika tidak dibersihkan dengan benar.

Berikut tips membersihkan dan menjaga dapur agar bebas dari bakteri:

1. Ganti spons pencuci piring secara teratur.

2. Gunakan papan pemotong yang berbeda untuk daging, sayur dan makanan laut serta bersihkan setelah digunakan.

3. Mengolah daging hingga matang.

4. Mendinginkan makanan panas pada suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

5. Cuci tangan teratur sebelum dan sesudah memasak.

6. Bersihkan dapur tiap hari.

 

Mari sobat sehat, kita bahas mengenai papan pemotong!

Papan pemotong atau yang biasa disebut talenan merupakan salah satu alat penting dalam proses memasak. Talenan dapat mempermudah proses potong-memotong bahan makanan yang akan dimasak. Umumnya talenan terdiri dari dua jenis, yaitu plastik dan kayu.

dapur bersih
Manakah yang Lebih Baik untuk Menciptakan Dapur Bersih?

Sebagian besar orang berpikir talenan plastik lebih terhindar dari bakteri karena tidak memiliki pori-pori seperti pada talenan kayu.

Ternyata, berdasarkan penelitian yang dilakukan Rodale News, pakar Dean O. Cliver, Ph. D dari Universitas California menemukan bahwa bakteri Salmonela pada talenan kayu lebih sedikit dibandingkan talenan plastik.

Pada talenan kayu, bakteri akan masuk kedalam permukaan talenan, namun bakteri tidak dapat berkembang biak dan kemudian akan mati. Sedangkan pada talenan plastik bakteri Salmonela akan bersarang pada kerat bekas irisan pisau dan akan berkembang biak disana. Karena sebenarnya Salmonela sukar untuk dihilangkan meski telah dicuci sekalipun.

Talenan kayu maupun talenan plastik harus dirawat dengan benar serta dicuci bersih kemudian dikeringkan untuk menghindari kelembapan yang dapat meningkatkan perkembangbiakan bakteri. Gunakan pula talenan yang berbeda untuk daging, sayur dan makanan laut agar tidak terjadi kontaminasi silang bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

Menjaga kebersihan dapur merupakan hal yang sangat penting agar kesehatan makanan yang disantap tetap terjaga. Menunda membersihkan dapur, berarti membiarkan bakteri berkembang biak dan menjadikan pemicu penyakit.

Sumber : Dari berbagai sumber. (Dew/Dev)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *