12 Asam Folat untuk Ibu Hamil di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

asam folat untuk ibu hamil di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Asam folat untuk ibu hamil merupakan nutrisi yang penting guna mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan dan juga kesehatan ibu. Mengonsumsi vitamin asam folat yang banyak tersedia di apotik menjadi pilihan yang tepat.

Saat masa kehamilan, kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan harus ekstra diperhatikan. Mengonsumsi susu kaya kalsium, makanan sehat dan bergizi hingga memanfaatkan suplemen asam folat untuk ibu hamil pun perlu untuk dilakukan.

Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan juga sumsum tulang belakang bayi. Sangat penting untuk segera mengonsumsi vitamin asam folat sejak awal kehamilan.

Beberapa peneliti medis bahkan menyarankan Anda untuk mulai mengonsumsi asam folat jauh sebelum kehamilan. Apabila Anda telah merencakan kehamilan di tahun depan, maka mengonsumsi asam folat sejak saat ini dapat mencegah cacat lahir secara lebih efektif.

Memanfaatkan suplemen asam folat pada wanita usia subur juga sangat disarankan setiap harinya.

Baca juga: 15 Vitamin Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan

Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil di Apotik

Asam folat untuk ibu hamil sendiri dapat ditemukan dalam beragam buah-buahan dan juga sayuran bergizi. Mulai dari bayam, lobak cina, kacang polong, kentang, tomat hingga jeruk.

Selain makanan, Anda juga dapat memanfaatkan vitamin atau suplemen asam folat yang tersedia di apotik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi asam folat terbaik untuk ibu hamil yang tersedia di apotik.

1. Folavicap

asam folat ibu hamil di apotik folavicap

Beli Folavicap Klik di Sini

Kandungan 400mcg asam folat pada setiap tablet Folavicap diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. Asam folat ini termasuk dalam jenis vitamin B yang ampuh dalam mengobati kekurangan asam folat dan anemia.

Ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen asam folat ini 1 kali sehari sebanyak 1-2 tablet sekali minum atau sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

2. Blackmores I-Folic Tablet

asam folat ibu hamil blackmores i folic

Beli Blackmores I-Folic Klik di Sini

Mengkombinasikan yodium dan juga asam folat, Blackmores I-Folic Tablet menjadi suplemen ibu hamil yang dapat mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Kandungan yodium dalam vitamin ini dapat menyeimbangkan kadar hormon tiroid.

Sedangkan asam folat sangat penting untuk perkembangan janin terutama dalam mengurangi resiko neural tube defect. Anda dapat mengonsumsi Blackmores I-Folic Tablet 1 kapsul sehari sesudah makan sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 140 ribu/botol

3. Folavit

asam folat ibu hamil terbaik di apotik folavit

Beli Folavit Klik di Sini

Folavit merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil ataupun wanita yang telah merencanakan kehamilan. Vitamin ini mengandung 400 mcg asam folat di dalamnya dan dapat mencegah efek bumbung syaraf pada bayi dalam kandungan.

Anda dapat mengonsumsi vitamin ini 1 kali sehari 1 tablet sesudah makan atau sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

4. Folamil Gold

suplemen asam folat ibu hamil folamil gold

Beli Folamil Gold Klik di Sini

Diformulasikan khusus untuk kesehatan ibu hamil, Folamil Gold memiliki kandungan asam folat, vitamin D3, kalsium dan juga DHA algae di dalamnya. Suplemen ini dapat membantu memelihata kesehatan ibu hamil dan mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Dosis anjuran mengonsumsi Folamil Gold adalah sekali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 189 ribu/pcs

5. Promavit

vitamin asam folat ibu hamil promavit

Beli Promavit Klik di Sini

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat masa kehamilan, Anda juga dapat memanfaatkan Promavit. Vitamin ini memiliki kandungan asam folat 400 mcg, vitamin D3, DHA, EPA, omega-3 hingga kalsium di dalamnya.

Obat kalsium asam folat yang satu ini dapat dikonsumsi 1-2 kali sehari dengan aturan maksimal 1 kapsul lunak per hari.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/strip

6. Blackmores Pregnancy Breast Feed Gold

asam folat blackmores pregnancy breast feed gold

Beli Blackmores Pregnancy Breast Feed Gold Klik di Sini

Selain I-Folic, Blackmores Pregnancy Breast Feed Gold dapat menjadi salah satu suplemen andalan untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui. VItamin ini mengandung asam folat, minyak ikan, kalsium, zinc, vitamin C, vitamin B12 dan masih banyak nutrisi bermanfaat lainnya.

Dikonsumsi 2 kapsul per hari, vitamin ini dapat mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Kisaran harga: Rp 305 ribu/pcs

7. Folamil

asam folat ibu hamil folamil

Beli Folamil Klik di Sini

Mengandung multivitamin dan juga mineral yang dibutuhan ibu hamil dan ibu menyusui, Folamil merupakan salah satu pilihan suplemen asam folat di apotik.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam suplemen ini adalah beta karoten, asam folat, vitamin D, vitamin C, kalsium dan masih banyak lagi. Anda dapat mengonsumsi Folamil sesudah makan, 1 kali sehari sebanyak 1 kaplet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

8. Nature Plus Folic Acid

asam folat terbaik di apotik nature plus folic acid

Beli Nature Plus Folic Acid Klik di Sini

Tidak hanya mengandung asam folat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan, Nature Plus Folic Acid juga diperkaya dengan vitamin B12 dan B6. Vitamin ini dapat membantu ibu hamil mencegah neural tube defect.

Kisaran harga: Rp 204 ribu/botol

9. Folaplus

asam folat ibu hamil di apotik folaplus

Beli Folaplus Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Folaplus Tablet yang mengandung folic acid atau asam folat di dalamnya. Nutrisi lain dari suplemen ini adalah vitamin B6 dan juga vitamin B12.

Dikonsumsi 1 kali sehari 1 tablet, suplemen ini dapat membantu mencegah cacat lahir pada masa kehamilan ataupun sebelumnya. Folaplus juga ampuh dalam mengatasi anemia saat hamil.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

10. Calfera

suplemen asam folat di apotik calfera

Beli Calfera Klik di Sini

Mengkombinasikan asam folat, zat besi dan juga kalsium membuat Calfera menjadi salah satu suplemen yang tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Calfera dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dan mencegah cacat lahir pada ibu hamil.

Anjuran mengonsumsi suplemen ini adalah 1 kali sehari 1 kaplet tiap kali minum. Pastikan untuk memberikan suplemen ini sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

11. Prenagen Esensis

susu asam folat prenagen esensis

Beli Prenagen Esensis Klik di Sini

Selain mengonsumsi suplemen, susu ibu hamil juga menjadi salah satu pilihan nutrisi tepat dengan kandungan asam folat. Anda dapat mencoba Prenagen Esensis yang merupakan susu asam folat yang juga mengandung kalsium, vitamin E dan rendah lemak.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/pcs

12. Anmum Materna

susu asam folat terbaik di apotik anmum materna

Beli Anmum Materna Klik di Sini

Tinggi asam folat, Anmum Materna merupakan susu ibu hamil yang baik untuk penuhi nutrisi ibu dan juga janin dalam kandungan. Tidak perlu khawatir rasa yang membuat mual, Anmum Materna hadir dengan rasa coklat lezat untuk Anda.

Beberapa kandungan nutrisi bermanfaat lainnya dalam susu ini adalah zat besi, kalsium, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12 dan juga protein.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/pcs

Itulah tadi beragam rekomendasi asam folat untuk ibu hamil yang tersedia di apotik dan dapat Anda coba gunakan. Pastikan untuk selalu memerhatikan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Konsultasikan pada dokter ahli apabila mengalami hal yang tidak nyaman ataupun gangguan kesehatan selama masa kehamilan. Minimalisir atau bahkan hindari mengonsumsi obat-obatan saat hamil, kecuali atas petunjuk dokter.

Butuh vitamin ataupun susu? Tidak perlu repot keluar rumah dan pergi ke apotek, K24Klik aja! Siap melayani Anda 24 jam nonstop, kami menjamin kesediaan produk kesehatan 100% asli dengan pengiriman cepat 1 jam sampai.

Untuk harga dan penawaran terbaik, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html#:~:text=Why%20folic%20acid%20is%20important,and%20spine%20(spina%20bifida) diakses pada 24 Januari 2024

https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy diakses pada 24 Januari 2024