Hidup Sehat Ala Korea dengan Santapan Kimchi Korea

Published by Dewi Dwiputri on

kimchi korea

Sehat Ala Korea dengan Kimchi Korea!

Kimchi Korea, Santapan Khas Korea yang Menyehatkan

Panganan Kimchi

Bagi #Sobatsehat penggemar artis maupun film korea, makanan kimchi mungkin sudah tidak asing lagi. Santapan yang satu ini merupakan makanan khas korea yang digunakan sebagai pelengkap pada saat makan. Kimchi korea terbuat dari sayuran yang difermentasikan. Sayuran yang umumnya digunakan yakni, kubis, lobak, sawi putih, ketimun dan beberapa sayuran lainnya atau dapat disesuaikan dengan selera. Sayuran tersebut biasanya dicampur dengan bawang merah, bawah putih, daun bawang, bubuk cabai, gula, garam, jahe, tiram, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya.

Dalam pembuatannya, kimchi difermentasikan secara alami dalam temperatur rendah sehingga tercipta sayuran segar yang baik untuk tubuh. Strain bakteri asam laktat yang menghasilkan bakteriosin dari kimchi dinamakan Lactobacillus Kimchi. Bakteri ini mampu memproduksi asam laktat yang lebih tinggi dari yogurt.

Selain dapat menambah cita rasa, asam laktat bisa membunuh bakteri-bakteri serta virus yang membahayakan tubuh. Asam laktat dalam bakteri juga bermanfaat untuk pencernaan. Kimchi berkalori rendah, berserat tinggi dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalsium serta zat besi.

Secara keseluruhan, kimchi bermanfaat sebagai:

1. Mencegah kanker

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Melancarkan metabolisme tubuh

4. Mengobati sembelit dan membantu menurunkan berat badan

5. Mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus seperti penyakit lambung dan radang usus.

6. mencegah Store, gangguan jantung koroner dan penyumbatan pembuluh darah.

Wabah SARS dan Konsumsi Kimchi Korea

SARS adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus corona SARS (SARS-CoV). Penderita yang terkena SARS mengalami gangguan pernafasan yang akut (terjadi dalam waktu cepat) dan dapat menyebabkan kematian. SARS pertama kali muncul di Provinsi Guangdong di Cina pada November 2002. Penyakit tersebut kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan mewabah di 29 negara dalam beberapa bulan saja, lewat penyebaran dari para penderita berupa turis dan masyarakat Cina yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Korea menjadi negara yang aman dari penyakit mematikan tersebut. Jikapun ada warga Korea yang terserang wabah ini, maka ia akan lebih cepat untuk sembuh. Hal ini diduga karena kebiasan masyarakat Korea  yang sering mengkonsumsi kimchi. Makanan yang satu ini menjadi rahasia sehat masyarakat Korea.

Nah, sobat sehat, ternyata kimchi korea sangat bermanfaat bagi kesehatan ya! Yuk ikuti kebiasaan baik warga Korea dengan mengkonsumsi kimchi.

Sumber : dari berbagai sumber


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *