Ini Tips Cegah Diabetes Mellitus

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-tips-cegah-diabetes-mellitus
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Seperti kata pepatah, ‘sedia payung sebelum hujan’. Maka, sebelum berbagai penyakit menyerang, lebih baik jika mencegahnya, bukan? Di bawah, tim K24klik sudah siapkan uraian lengkap mengenai tips cegah diabetes mellitus.

Diabetes Mellitus adalah penyakit yang membuat pembekuan darah tidak bisa berjalan baik. Karena fungsi pembekuan tidak berjalan, luka yang kecil saja bisa menyebabkan pendarahan besar. Pembekuan yang gagal juga menyebabkan luka sulit menutup dan lebih mudah terkena infeksi.

Karena sangat menakutkan, Anda harus tahu lebih baik tentang penyakit ini. Semakin Anda tahu, makin mudah juga Anda menghindarinya. Dan kali ini, tim K24klik sudah siapkan uraian mendalam mengenai tips cegah diabetes mellitus. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Diabetes Mellitus

Penyebab diabetes adalah gangguan pada fungsi tubuh. Dalam kondisi ini, tubuh kesulitan memanfaatkan gula sehingga menumpuk di dalam darah. Kondisi diabetes ini dibagi menjadi dua jenis karena penyebabnya ini.

Diabetes tipe 1 berakar dari gangguan yang disebabkan karena pancreas tidak dapat produksi hormon tertentu. Sedangkan tipe 2 merupakan gangguan di tubuh yang sebabkan kurangnya kemampuan tubuh menggunakan hormon dalam memerangi glukosa di darah.

Terkadang konsumsi gula berlebih yang overload, juga sebabkan diabetes tipe 2.

Siapa Saja yang Bisa Terkena Penyakit Diabetes Mellitus

Orang bisa terkena diabetes mellitus karena konsumsi gula yang terlalu banyak. Tapi terkadang masalah ini juga bisa muncul karena masalah keturunan. Seseorang yang mengidap diabetes tipe 1, akan lebih besar menurunkan penyakit ini ke anak mereka.

Jadi bagi Anda yang memiliki orang tua dengan masalah gula darah, pastikan untuk lebih hati – hati. Selama bisa memperhatikan konsumsi gula sehari – hari, Anda bisa hindari munculkan masalah gula darah. Pastikan secara rutin cek ke dokter untuk membantu level gula darah Anda.

k24klik-tips-mencegah-diabetes-mellitus
Tips mencegah diabetes mellitus (Primaya Hospital)

Tips Mencegah Penyakit Diabetes Mellitus

Bagi Anda yang sekarang tahu bahaya penyakit diabetes ini, sekarang waktunya bahas tips untuk mencegah penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips-nya:

Menjaga Berat Badan Ideal

Banyak orang terkena diabetes karena tidak terurus berat badannya. Menjaga berat badan adalah kunci utama di sini. Diet tidak hanya untuk kurus, tapi untuk pertahankan berat badan ideal. Menjaga berat badan ideal bisa dibilang perlu disiplin dan usaha tersendiri.

Minal, Anda harus jaga konsumsi makanan sehari – hari. Hitung kalori jika Anda merasa ingin lebih serius soal jaga berat badan. Selain itu, Anda harus biasakan olahraga untuk bantu bakar kalori berlebih di tubuh.

Seimbangkan Konsumsi Serat dari Sayur dan Buah

Untuk membuang buah berlebih dan menjaga berat badan tubuh, serat akan memegang peran penting. Serat yang paling baik bisa didapat dari sayur dan buah. Anda sebaiknya biasakan makan keduanya setiap hari. Ganti camilan Anda dengan buah dan pastikan selalu ada sayur hijau saat makan sehari – hari.

Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula, terkadang tidak disadari oleh banyak orang. Mulai dari minuman kemasan dan makanan, semua bisa mengandung gula. Beda-nya jumlah gula yang terkandung. Untuk pastikan tidak terlalu banyak konsumsi, Anda bisa gunakan alternatif gula.

Anda juga bisa biasakan minum air putih sehari – hari. Jika sudah terbiasa minum air putih, Anda tidak akan ketagihan lagi dengan minuman manis bergula. Memang awalnya hal ini sulit dibiasakan, tapi setelah terbiasa, efeknya akan bagus dalam hindari diabetes mellitus.

Jangan Terlalu Lama Duduk Diam

Kegiatan banyak orang sekarang ini selalu melibatkan duduk diam dalam waktu lama. Contoh saja saat bekerja di kantor. Anda bisa habiskan waktu di atas 4 jam duduk di depan komputer bekerja. Sebaiknya hal ini diseimbangkan dengan aktivitas lain.

Contoh saja melakukan peregangan setelah 1 atau 2 jam. Coba berdiri dan jalan sekitar 5 sampai 10 menit. Hal ini bisa dilakukan dengan pergi ke kamar mandi ataupun istirahat ambil minum sebentar. Selama Anda sadar lama waktu duduk sehari – hari, Anda bisa coba alternatif bergerak.

Sekian bahasan tentang diabetes mellitus ini. Semoga bahasan ini membantu Anda lebih siaga akan penyakit berbahaya ini.