Tahap Perkembangan Janin Tiap Trimester yang Perlu Calon Ibu Ketahui

Published by Dewi Dwiputri on

Tahap Perkembangan Janin Tiap Trimester yang Perlu Calon Ibu Ketahui

Tahap Perkembangan Janin

https://www.al-fanarmedia.org

Menjadi seorang Ibu tentu merupakan sebuah pengalaman menyenangkan yang didambakan tiap wanita. Sebuah kehamilan pun akan disambut dengan suka cita. Calon Ibu dan Ayah akan mempersiapkan segala keperluan si kecil sambil harap-harap cemas menanti kelahiran. Nah bagi sobat sehat yang sedang mengandung, pasti penasaran bukan janin di dalam perut ini seperti apa wujudnya?

Selama 9 bulan, ada beberapa tahap perkembangan yang akan dilewati oleh si calon bayi. Janin tidak begitu saja menjadi besar namun bertumbuh dan menjadi sempurna sedikit demi sedikit. Di bawah ini ada sedikit penjelasan mengenai tahap perkembangan janin di tiap trimester. Yuk disimak sobat sehat!

Tahap Perkembangan Janin, Trimester Pertama (Usia Kehamilan 0-12 Minggu)

Setelah terjadi pembuahan, hasil konsepsi yang berupa embrio akan tertanam di rahim Ibu dan mulai berkembang menjadi janin di sana. Dimulai dari ratusan sel saja hingga bertumbuh menjadi sekitar 9 cm di akhir trimester pertama. Di awal tahap perkembangan janin akan mulai terbentuk organ vital tubuh seperti jantung, pembuluh darah, otot dan sistem saraf. Lalu akan disusul organ-organ lainnya seperti sistem pencernaan, tulang, tangan, kaki dan organ penunjang lain.

Pada akhir minggu ke-12, janin telah memiliki seluruh organ tubuh manusia dengan lengkap namun masih belum berfungsi dengan baik. Pada tahap ini, biasanya Ibu akan mulai merasakan beberapa perubahan pada tubuh. Terkadang pula calon Ibu belum menyadari kalau dirinya hamil. Padahal di masa ini adalah masa krusial di mana Ibu sebaiknya menambah asupan makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhan janin.

Trimester Kedua (Usia Kehamilan 13-24 Minggu)

tahap perkembangan janin

http://www.thehealthsite.com/

Di usia ini, janin berkembang lebih pesat lagi. Di sekitar minggu ke-16, jenis kelamin janin kemungkinan sudah dapat terlihat. Sistem pendengaran juga sudah lebih sempurna sehingga dikatakan janin mulai bisa ‘mendengar’ suara dari luar. Nah calon orang tua mulai bisa memberikan rangsangan suara agar janin lebih terstimulasi.

Selain itu, janin juga sudah mulai bisa bergerak sehingga ibu akan mulai merasakan tendangan-tendangan kecil di perut. Ukuran janin juga sudah mulai membesar sehingga Ibu juga perlu lebih berhati-hati saat beraktivitas dengan perut yang mulai membesar.

Trimester Ketiga (Usia Kehamilan 25-40 Minggu)

Pada dasarnya, masa-masa ini adalah masa persiapan menuju kelahiran. Organ-organ bayi sebagian besar sudah sempurna. Bayi akan menambah berat badan secara signifikan hingga saatnya lahir. Pematangan paru terus terjadi hingga untuk mempersiapkan bayi bisa bernapas sendiri saat telah lahir. Kulit dan rambut bayi juga semakin halus dan banyak. Calon Ibu dan Ayah bisa mulai mempersiapkan kelahiran agar nyaman.

Nah itulah tadi tahap perkembangan janin yang perlu diketahui oleh calon orang tua. Apabila sobat sehat membutuhkan konsultasi mengenai penggunaan dan efek samping obat, Anda bisa memanfaatkan livechat kami di www.k24klik.com. Semoga bermanfaat!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *