fbpx
Share this:

Dikurasi Oleh : Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Mulut merupakan bagian tubuh manusia yang menjadi tempat masuknya makanan dan minuman. Terdapat pula lidah dan gigi di bagian dalam mulut. Sebagai bagian awal dari sistem pencernaan manusia, menjaga mulut agar tetap sehat sangatlah penting. Banyak masalah dan penyakit yang mengintai akibat malas melindungi kebersihan mulut. Adanya Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bisa menjadi langkah awal untuk perubahan.

Ayo, ketahui seluk-beluk Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia dan bagaimana cara menjaga kesehatan mulut berikut!

Seputar Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia

World Oral Health Day atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia jatuh pada tanggal 20 Maret dan diperingati setiap tahun. Banyak daerah di Indonesia yang melakukan kegiatan positif untuk memperingati hari tersebut. Contohnya, mengedukasi masyarakat tentang kesehatan mulut atau melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis khusus para pelajar.

Faktanya, 90 persen dari populasi manusia di seluruh dunia yang mengalami penyakit pada mulut, malahan banyak yang sulit disembuhkan. World Oral Health Day yang diselenggarakan oleh FDI World Dental Federation meliputi berbagai kampanye sosial di seluruh dunia. Sejak peringatan ini dimulai pada tahun 2013, kampanye-kampanye yang diadakan memiliki tema spesifik. Sebut saja WOHD pada tahun 2020 yang bertemakan “Unite for Mouth Health”.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Sikat Gigi

  1. Pilih pasta gigi dan sikat yang tepat

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida merupakan mineral penting untuk memperkuat dan melindungi enamel gigi. Lalu, jangan lupa memakai sikat dengan kepala yang sesuai dengan lebar mulut Anda. Kepala sikat berujung kecil mempermudah untuk menjangkau bagian gigi paling dalam. Selain itu, pastikan gagang sikat gigi nyaman digenggam sehingga Anda dapat menyikat dengan benar.

2. Gosok gigi dengan langkah-langkah yang benar

Setelah menyediakan alat-alat, saatnya untuk menyikat gigi. Pertama, pegang sikat gigi dengan memosisikan sudut kepala sikat agak miring atau 45 derajat. Jadi, tidak semua permukaan bulu sikat menempel pada gigi.

Kedua, gosoklah bagian gigi geraham atau gigi depan di salah satu sisi mulut. Sikat selama 20 detik untuk setiap bagian dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah. Metode ini berguna agar bulu sikat dapat membersihkan plak-plak yang menyelip pada batas gusi. Pastikan posisi sikat tetap dalam sudut 45 derajat selama menyikat.

Ketiga, sikatlah bagian gigi yang sering digunakan untuk mengunyah dengan gerakan maju dan mundur secara perlahan. Misalnya, bagian gigi yang dekat dengan lidah dan pipi. Sesudah menyikat gigi geraham bagian atas, lanjutkan ke bagian bawah. Sikat semua permukaan gigi sampai bersih supaya plak dan kotoran dapat hilang.

Keempat, sikatlah permukaan gigi depan bagian dalam. Genggam sikat gigi secara vertikal dan gosok dari atas ke bawah atau dari tepi gusi ke atas gigi. Anda dapat mengubah pola menyikat gigi sesuai keinginan, asalkan dengan cara dan gerakan yang tepat. Jangan terlalu keras saat menggosok gigi karena akan membuat gusi terluka dan merusak gigi secara permanen. Terakhir, kumur-kumur dengan air sampai bersih.

Jangan jadikan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia sebagai peringatan sementara belaka. Buat hari yang spesial tersebut menjadi penyemangat bagi Anda untuk terus menjaga kesehatan mulut dan gigi. Mulut yang sehat dan bersih dijamin akan membuat terhindar dari berbagai masalah dan penyakit. Selain itu, jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman untuk berpartisipasi dalam perayaan ini. Happy World Oral Health Day!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *