Penyebab Menstruasi Tidak Teratur serta Cara Melancarkannya

Published by Dewi Dwiputri on

Melancarkan Menstruasi, Begini Caranya!

melancarkan menstruasi

https://www.hopkinsmedicine.org

Sobat Sehat mungkin pernah frustrasi karena menstruasi yang tidak teratur. Mulai dari aliran darah yang terlalu banyak atau sedikit, hingga kesulitan mengatur aspek kebersihan diri, menstruasi yang tidak lancar memang cukup menyusahkan. Mengapa “datang bulan” bisa terjadi secara tidak teratur? Bagaimana cara melancarkan menstruasi secara aman?

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Wanita dengan alat reproduksi normal biasanya mengalami menstruasi setiap 24 hingga 38 hari sekali, dengan periode sekitar tiga hingga delapan hari. Tetapi, Sobat Sehat mungkin mengalami menstruasi tidak teratur jika tanggal menstruasi selalu berubah setiap bulan, darah yang keluar terlalu banyak atau sedikit dibanding biasanya, atau periode menstruasi tidak pernah sama.

Penyebab menstruasi tidak lancar sangat beragam. Ada yang karena perubahan hormon (misalnya saat pubertas atau menjelang menopause), pemakaian pil KB atau obat tertentu, stres, hingga kehamilan atau menyusui. Beberapa kondisi atau penyakit juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi, seperti penebalan dinding rahim, obesitas, gangguan produksi tiroid, hingga Polycystic Ovary Syndrome.

Gaya hidup juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Terlalu banyak olahraga, jarang bergerak, hingga sering mengonsumsi makanan tidak bergizi termasuk penyebab umum menstruasi yang tidak lancar.

Melancarkan Menstruasi, Begini Caranya!

melancarkan menstruasi

http://www.oapce.com.br/

Sobat Sehat sebenarnya tidak perlu memikirkan menstruasi yang tidak lancar jika tidak membahayakan, misalnya karena perubahan hormon yang alami, kehamilan dan menyusui, atau penggunaan alat kontrasepsi. Tetapi, jika penyebabnya bukan berasal dari ketiga hal tersebut, cobalah beberapa cara berikut:

  • Ubah pola makan

Makanan bergizi bisa membantu melancarkan kerja organ reproduksi serta produksi hormon. Pastikan Sobat Sehat menyantap sumber-sumber protein nabati, vitamin, dan mineral secara teratur. Perbanyak protein rendah lemak, sayur, buah, dan air putih di dalam menu.

  • Miliki pola gerak badan yang seimbang

Terlalu banyak atau kurang olahraga sama-sama bisa menghambat menstruasi yang lancar, jadi pastikan Sobat Sehat hidup seimbang. Luangkan waktu minimal 20 menit untuk olahraga ringan seperti jalan cepat, lari, atau senam, setidaknya tiga kali seminggu. Lakukan peregangan ringan setiap dua jam jika sering duduk lama.

  • Atur pola hidup agar bisa istirahat

Stres dan kurang istirahat bisa menghambat menstruasi. Pastikan Sobat Sehat menyusun ulang jadwal kegiatan, agar punya waktu untuk tidur nyenyak minimal enam jam semalam. Luangkan sedikit waktu untuk bersantai setiap minggu, agar bisa melepas stres.

Sobat Sehat bisa pergi ke dokter jika tanda-tanda menstruasi tidak normal terlalu ekstrem, misalnya jika tidak menstruasi selama lebih dari tiga bulan, ada pendarahan deras yang terjadi selama lebih dari delapan hari, atau jika menstruasi terjadi setiap lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari.

Jika cara-cara melancarkan menstruasi di atas masih tidak berhasil, Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan pakar, misalnya lewat live chat di K24klik.com. Semoga bermanfaat!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *