Menjaga Kesehatan Gigi dengan Memanfaatkan Tembakau

Published by Dewi Dwiputri on

Manfaat Tembakau yang Belum Kamu Ketahui

manfaat tembakau

Dibalik efek buruk tembakau pada rokok, ternyata tembakau bisa bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi.

Kata orang, sakit gigi lebih menyakitkan daripada sakit hati. Rasa ngilu akibat sakit gigi memang sangat menyiksa. Tidur pun jadi tidak nyenyak. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan gigi sebelum timbul permasalahan yang menyakitkan tersebut. Caranya beragam, mulai dari membiasakan gosok gigi secara rutin hingga memanfaatkan tembakau.

Tembakau Digunakan untuk Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dulu

Manfaat tembakau bagi kesehatan gigi bukanlah informasi yang baru. Orang-orang di zaman dahulu telah mempraktikkan kebiasaan ini. Pemakaian tembakau sebagai obat sakit gigi bisa ditelusuri pada abad ke 15 Masehi di kalangan penduduk asli Benua Amerika.

Fakta mengenai penggunaan tembakau itu ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492. Ketika itu, Columbus menemukan kalau penduduk asli Benua Amerika memiliki kebiasaan menanam tembakau. Oleh masyarakat setempat, tembakau digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Secara khusus, masyarakat Amerika Selatan pada zaman dahulu merasakan manfaat tembakau bagi kesehatan gigi secara langsung. Mereka mencampurkan tembakau dengan kapur dan menggunakannya sebagai pasta gigi. Menurut pengamatan yang dilakukan oleh Amerigo Vespucci yang melakukan perjalanan ke Amerika Selatan pada rentang tahun 1499-1502, penggunaan tembakau sebagai pasta gigi itu efektif dalam membuat gigi masyarakat setempat terlihat lebih putih.

Praktik merasakan manfaat tembakau untuk kesehatan gigi ini juga dilaksanakan hingga sekarang. Salah satunya adalah di negara India. Masyarakat di sana menggunakan tembakau yang telah berbentuk bubuk—disebut dengan nama masheri—untuk memutihkan gigi. Selain itu, ada pula pasta gigi berbahan utama tembakau yang dipasarkan secara bebas.

Manfaat Tembakau untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

manfaat tembakau

https://askthedentist.com

Selain memperoleh manfaat tembakau bagi kesehatan gigi, bahan alami ini juga digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Praktik pengobatan tradisional ini cukup sering dilakukan oleh warga di pedesaan. Apalagi, dibandingkan dengan berobat ke dokter, cara pengobatan menggunakan tembakau sangatlah murah.

Cara penggunaan tembakau untuk obat sakit gigi juga tidak terlalu sulit. Cukup dengan mengambil sejumput tembakau yang telah kering, kemudian menempatkannya pada bagian gigi yang terasa sakit. Tak selang berapa lama, rasa nyeri akibat sakit gigi bakal hilang.

Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan air mendidih yang telah dicampur dengan tembakau. Selanjutnya, air disaring dan digunakan sebagai sarana berkumur. Saat berkumur dengan air tembakau ini, gigi akan terasa sangat perih. Namun, hal itu hanya berlangsung sekejap. Setelah itu, rasa sakit akibat gigi berlubang hilang tanpa bekas.

Hanya saja, efektivitas pengobatan sakit gigi menggunakan tembakau memang tidak teruji secara klinis. Tidak heran kalau para dokter kerap menentang pemakaian tembakau untuk mengobati sakit gigi. Namun, melihat efektivitasnya dalam meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi dan manfaat tembakau dalam menjaga gigi tetap putih, rasanya tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini secara langsung di rumah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *