15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Manggis, dengan nama latin Garcinia mangostana, adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain daging buahnya enak untuk disantap, kulit manggis juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 15 manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Buah dengan rasa sedikit manis dan asam ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, terlebih bagian kulitnya. Berikut ini beberapa khasiat kulit manggis bagi kesehatan pria maupun wanita:

1. Kulit Manggis Sebagai Antioksidan

Manfaat kulit manggis yang pertama adalah sebagai antioksidan. Kulit manggis mengandung senyawa xanthone, salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Radikal bebas sendiri merupakan molekul berbahaya yang dapat memicu berbagai penyakit kronis.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain xanthone, kulit manggis juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kekebalan, membantu melawan infeksi, serta menjaga fungsi tubuh. Vitamin dan mineral ini juga berperan dalam produksi DNA, kontraksi otot, membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan saraf.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit manggis, antara lain: Vitamin C, folat, Vitamin B1, Vitamin B2, mangan, tembaga, dan magnesium. Selain itu, kulit manggis juga mengandung protein yang bersifat antibodi. Protein ini membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyebabkan penyakit, seperti pneumonia, flu berat, dan flu biasa.

Beli Garcia Ekstrak Kulit Manggis Klik di Sini

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel arteri. Senyawa ini juga membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh berjalan lancar.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kulit manggis berpotensi menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida, serta membantu meningkatkan HDL, atau kolesterol baik.

4. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Senyawa xanthone dalam kulit manggis juga berpotensi membantu mengurangi dan menjaga kadar gula darah yang sehat. Senyawa ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes, sehingga glukosa darah dapat diproses dengan lebih baik.

Jadi, seseorang yang berisiko terkena diabetes disarankan mengonsumsi kulit manggis untuk mengurangi resistensi insulin.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kulit manggis mengandung serat makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi usus dan mencegah sembelit. Serat makanan yang tinggi dalam kulit manggis juga membuat buang air besar lebih teratur setiap harinya.

6. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthone merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu menghancurkan sel kanker. Bahkan, senyawa ini juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menekan pembentukan jaringan ganas di berbagai organ vital. Organ vital tersebut, antara lain paru-paru, payudara, ginjal, hati, pankreas, lambung, dan usus. Dengan demikian, kulit manggis dapat mencegah risiko kanker pada pria maupun wanita.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dalam kulit manggis dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah kerusakan tulang. Selain itu, senyawa xanthone yang bersifat anti-inflamasi dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi nyeri radang sendi dan linu pada tulang.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari yang terus menerus dapat menimbulkan kerusakan kulit, munculnya tanda-tanda penuaan dini, dan memicu kanker kulit. Namun, dengan rutin mengkonsumsi kulit manggis, dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Kulit manggis juga membantu menjaga kesehatan kulit.

Hal ini karena kulit manggis mengandung senyawa xanthone dan flavonoid. Kombinasi xanthone dan flavonoid ini dapat menurunkan peradangan dan menyembuhkan jerawat, memudarkan bekas luka, serta melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung katekin yang bersifat antioksidan dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Senyawa ini juga membantu meningkatkan aliran darah dan distribusi nutrisi ke sel-sel kulit, sehingga dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini, meminimalkan kerutan, kendur, dan garis halus. Dengan demikian, kulit jadi tampak lebih muda, cerah, dan jernih.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Kulit manggis dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada kondisi neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer. Hal ini karena flavonoid (antioksidan kuat) dan folat (vitamin B9) yang terkandung dalam kulit manggis membantu memperlancar transmisi sinyal melalui saraf menuju ke otak.

Kandungan dua zat ini juga bermanfaat dalam mencegah penumpukan plak di sel otak, mencegah pembengkakan dan kerusakan sel-sel saraf, serta dapat meningkatkan daya ingat.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan efek anti-inflamasi pada kulit manggis dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dengan efek ini, kulit manggis dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah penambahan berat badan, sehingga cocok digunakan sebagai pendamping diet.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kulit manggis mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah terjadinya degenerasi makula.

12. Mencegah Peradangan

Senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Dengan adanya efek anti-inflamasi ini, kulit manggis dapat mencegah risiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, Alzheimer, dan kanker.

13. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kulit manggis berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Studi menunjukkan, kulit manggis mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal.

14. Mencegah Infeksi

Kombinasi senyawa xanthone, Vitamin C, serat, mineral, dan berbagai vitamin lainnya dalam kulit manggis dapat menghasilkan efek antibakteri dan antivirus. Dengan efek ini, kulit manggis dapat membantu mencegah atau melawan infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan tubuh.

15. Mengurangi Stres

Senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Manfaat kulit manggis yang satu ini juga berkaitan dengan efek kulit manggis bagi kesehatan otak. Selain dapat mengurangi peradangan otak, kulit manggis berpotensi mengurangi gejala depresi dan mencegah penurunan mental.

Agar dapat merasakan manfaat kulit manggis untuk kesehatan, Anda dapat mengonsumsinya sebagai ekstrak kulit manggis. Saat ini, ekstrak kulit manggis dapat ditemukan dalam berbagai bentuk produk, seperti kapsul, minuman, dan suplemen. Namun, sebelum membeli produk kulit manggis atau produk kesehatan lainnya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan saran produk yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

Berbagai produk yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat dibeli secara online melalui K24Klik.com. K24klik adalah layanan Apotek online di Indonesia yang memudahkan Anda untuk membeli berbagai produk kesehatan, seperti susu, obat, maupun vitamin dari rumah. Dengan slogan “Asli, Komplit, Cepat”, K24Klik memberikan jaminan 100% obat asli, ragam obatnya komplit, dan pengiriman cepat karena dilayani oleh Apotek Mitra K24Klik dan Apotek K-24 terdekat dengan alamat tujuan.

Kesimpulannya, kulit manggis mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, Anda dapat memperoleh manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang luar biasa. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi produk kesehatan apa pun.

Referensi:

  • 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It)

https://www.healthline.com/nutrition/mangosteen, diakses pada 22 Februari 2023.

  • Mangosteen: Incredible Health Benefits Of This Delicious Fruit

https://www.netmeds.com/health-library/post/mangosteen-5-incredible-health-benefits-of-this-highly-nutrient-fruit, diakses pada 21 Februari 2023.

https://healthy-skin.me/huge-health-benefit-mangosteen/, diakses pada 21 Februari 2023.

  • Mangosteen: Health Benefits, Side Effects, Uses

https://www.healthifyme.com/blog/mangosteen-benefits/, diakses pada 22 Februari 2023.