fbpx

Cegah Kolesterol Naik di Hari Lebaran

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh : Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensikolesterol dan Diabetes menjadi ancaman saat lebaran. Karena momen lebaran seringkali menjadi ajang ‘balas dendam’ setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Banyaknya ragam makanan yang dihidangkan pada saat lebaran sering kali membuat kita lapar mata dan ingin mencoba semua hidangan yang ada. Menu masakan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan gulai kambing menjadi primadona yang sayang jika tidak dicicipi.

Mencicipi makanan bersantan atau manis memang tidak dilarang namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat berakibat buruk pada kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular. Sehingga sobat sehat perlu membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Batasan tersebut sebaiknya juga diterapkan saat memasak, seperti cermat dalam menambahkan gula, garam, dan lemak pada masakan. Perlu sobat sehat ketahui, kebutuhan sodium/natrium per orang adalah 2000mg per hari, yang berarti setiap orang hanya boleh mengkonsumsi 5 gr garam atau 1 sendok teh garam dalam satu hari. Sedangkan batas maksimum penggunaan minyak goreng adalah lima sendok makan per hari dan penggunaan gula adalah empat sendok makan per hari.

kolesterol naik saat lebaran

https://www.kawalingpinoy.com

Opor ayam dan rendang merupakan menu utama yang biasa disajikan saat lebaran tiba. Meski memiliki rasa yang nikmat, sayangnya makanan ini bisa menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak uraian berikut untuk cegah kadar kolesterolmu naik di hari lebaran.

Kolesterol Naik saat Lebaran, Cegah dengan Ini!

Sobat Sehat tetap dapat mengkonsumsi opor dan rendang dengan nyaman tanpa takut kadar kolesterol naik. Namun Sobat Sehat juga perlu memperhatikan hal-hal berikut :

1. Menghindari mengkonsumsi daging yang berlemak serta kulit ayam.

2. Tidak menambahkan kuah santan saat makan. Konsumsi dagingnya saja tanpa menambahkan kuah santan sebagai lauk.

3. Tidak mengkonsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya dan perbanyak konsumsi air putih.

4. Konsumsi sayuran dan buah seperti anggur, apel, kedelai, pisang, melon, brokoli, buncis dan kembang kol. Sayuran dan buah-buahan tersebut mengandung fitosterol dan serat yang mampu mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus.

5. Berolahraga seperti jogging dan lari ditempat untuk menurunkan kadar kolesterol serta dapat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan.

6. Bila perlu konsumsi suplemen makanan yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Suplemen makanan yang dapat dikonsumsi secara rutin adalah seperti NUTRAFOR CHOL .

Beli NUTRAFOR CHOL di K24Klik!

Kandungan yang tersedia di NUTRAFOR CHOL adalah suplemen herbal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh tetapi tidak berpengaruh pada trigliserid.

Nutrafor CHOL juga telah diuji secara klinis oleh para peneliti dari Clinical Research Support Unit (CSRU) Fakultas Kedokteran UI.

Komposisi dalam Nutrafor CHOL yang berperan dalam menurunkan LDL berupa :

  • Fermentasi beras merah dengan ragi Monascus Purpureus yang berfungsi menghambat produksi kolesterol dalam hati.
  • Guggulipid yaitu getah dari tumbuhan India yang berfungsi mencegah perlekatan kolesterol pada pembuluh darah
  • Chromium Picolinat yaitu logam mineral essensial yang berperan dalam membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi kerja hormon Insulin

Cara kerja Nutrafor CHOL yang utama yakni, menekan produksi kolesterol di hati, karena 80% kadar kolesterol dalam tubuh diproduksi di hati, sehingga Nutrafor CHOL dapat dengan cepat menurunkan kolesterol. Nutrafor CHOL terbuat dari bahan alami, sehingga aman dikonsumsi jangka panjang tanpa mengganggu fungsi hati.

Ada 3 fungsi utama kolesterol dalam tubuh,
1. membantu pembentukan membran sel.
2. membentuk asam empedu yang mencerna makanan di usus.
3. membantu tubuh membentuk Vitamin D dan hormon-hormon seperti estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.

Secara alami tubuh memproduksi kolesterol sendiri dalam organ hati. Persentase produksi kolesterol adalah 80% diproduksi sendiri oleh tubuh (organ hati) secara otomatis setiap hari dan 20% sisanya diperoleh dari makanan.

Nah, jika Sobat Sehat sudah mengetahui bahwa ternyata tidak hanya mengatur pola makan sehat saat Lebaran, namun juga harus diimbangi dengan konsumsi suplemen makanan seperti Nutrafor Chol agar dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Semoga sehat selalu

Salam Sehat 🙂


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *