Kenali Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Sebelum Terlambat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Kenali bahaya narkoba bagi kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kenali bahaya narkoba bagi kesehatan semakin dini semakin bagus. Si Kecil juga berhak tahu bagaimana bahaya narkoba bagi kesehatan. Sebagai orangtua wajib memberikan pemahaman tentang buruknya efek narkoba bagi kehidupan manusia. Lebih lengkap, begini uraian bahaya narkoba sekaligus tips komunikasi dengan anak untuk menyampaikan informasi ini. Bunda wajib catat!

Mengenal Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Narkoba merupakan senyawa kimia yang bersifat alamiah, sintetis maupun semi sintetis yang memiliki efek daya rangsang, penurunan kesadaran serta halusinasi. Senyawa kimia yang bekerja dengan mempengaruhi susunan saraf sentral ini sering digunakan untuk keperluan pengobatan dan rehabilitasi pasien sesuai kebutuhan medis.

Penggunaan narkoba secara berlebihan akan menyebabkan efek kecanduan, baik secara fisik maupun psikis. Untuk itu, jangan heran jika penggunaan narkoba menimbulkan banyak bahaya bagi kesehatan, seperti:

1. Kerusakan sel otak

Narkoba memiliki pengaruh besar pada bagian otak yang bertugas atas pusat kenikmatan otak. Bagian ini disebut sistem limbus pada hipotalamus yang dapat memunculkan perasaan nikmat saat mengkonsumsinya.  

Selain itu, beberapa jenis narkoba juga dapat membuat otak bekerja tidak sebagaimana mesti. Penggunaan narkoba dalam jangka lama juga memicu perubahan sel otak dan saraf yang sifatnya permanen.

Sehingga untuk pemulihannya membutuhkan waktu yang lama.

2. Overdosis

Bahaya narkoba bagi kesehatan yang paling parah ialah dapat memicu kematian. Hal ini dikarenakan dosis penggunaannya yang berlebihan sehingga terjadinya overdosis.

Penggunaan narkoba jenis opium, sabu-sabu hingga kokain juga menyebabkan tubuh kejang. Tubuh kejang tentu tidak baik karena bisa menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

3. Halusinasi

Halusinasi diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba yang menimbulkan rasa mual, muntah, gangguan kecemasan serta rasa takut berlebihan. Penggunaan narkoba memang membuat kecanduan, sehingga penggunaan narkoba dalam jangka waktu lama juga menyebabkan depresi, gangguan mental serta gangguan kecemasan terus menerus.

bahaya narkoba bagi kesehatan
Bahaya narkobabagi kesehatan (Fort Behavioral)

Cara Menjelaskan Bahaya Narkoba Pada Anak

Bahaya narkoba bagi kesehatan memang sangat banyak, sehingga Anda selaku orang tua tentu harus cerdas dalam mendidik anak terkait bahaya narkoba. Sebaiknya Anda menjelaskan bahaya narkoba kepada anak sejak anak duduk di sekolah dasar.

Penjelasan bahaya narkoba pada anak harus disesuaikan dengan usia agar sang anak bisa memahami bahaya penggunaan narkoba. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat memberi pengenalan bahaya narkoba pada anak, yaitu:

Jelaskan definisi narkoba

Sebelum berbicara mengenai bahaya narkoba, usahakan Anda menjelaskan definisi narkoba dengan tepat dan jelas. Seperti memberi tahu kepada anak jika narkoba adalah racun dan jika dikonsumsi dapat merusak tubuh, merusak sel otak serta dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan jika penggunaan narkoba menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihentikan karena narkoba memiliki efek candu yang sulit dikendalikan.

Jelaskan narkoba secara tepat dan detail

Selaku orang tua tentu bukan masalah jika Anda melakukan dialog terbuka dengan anak. Dengan begitu, sang anak bisa belajar tentang narkoba dan bahaya yang ditimbulkannya.

Usahakan Anda memberikan penjelasan narkoba kepada anak lebih dari sekali dan bahkan berkali-kali hingga ia benar-benar memahaminya. Jangan lupa untuk mengajari juga mengenai narkoba yang akan merusak fungsi alami tubuh dan sangat berbahaya karena dapat memicu kematian.

Memberi pujian  atas hal positif yang dilakukannya

Saat memberi edukasi tentang narkoba kepada anak, Anda juga bisa memberikan pujian atas pilihan positif yang dibuatnya. Misalnya sang anak merawat tubuh dengan baik seperti mandi dan menyikat gigi, maka Anda bisa memberikan pujian kepada anak tersebut.

Dengan memberikan pujian dari hal-hal kecil yang dilakukannya, tentu anak-anak akan lebih menghargai dan mengikuti nasihat yang Anda berikan.

Bahaya narkoba memang tidak hanya bagi kesehatan, namun juga berdampak pada kehidupan sosial. Oleh sebab itu, menjauhi narkoba bisa Anda jadikan pilihan terbaik jika Anda ingin menjalani hidup lebih tenang serta menyehatkan.