Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610: STOP Viralkan Foto Korban! Ini Dampak Negatifnya

Published by K24Klik on

kecelakaan pesawat Lion Air JT 610

Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 sisakan duka mendalam bagi keluarga korban. STOP viralkan foto korban adalah salah satu cara menghormati kesedihan mereka. Menyebarkan foto korban kecelakaan juga dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental. Ini penjelasannya!

kecelakaan pesawat Lion Air JT 610

Kurang dari 24 jam sejak pesawat Lion Air JT 610 diberitakan jatuh, mulai bermunculan pesan singkat, foto, hingga video para korban yang viral di media sosial. Foto yang tersebar pun bukan sebatas puing-puing pesawat yang telah ditemukan, namun termasuk potongan tubuh korban. Jika, Sobat Sehat termasuk salah satu yang mendapatkan foto tersebut, sebaiknya tidak ikut membagikannya kepada orang lain, ya!

Mengapa Foto Korban Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610 Sebaiknya Tidak Disebarkan?

Bukan hanya kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 saja, namun sebaiknya tidak menyebarkan foto korban kecelakaan apapun.  Seperti yang kita tahu, setiap kecelakaan pasti meninggalkan kesedihan dan luka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan keluarga korban jika dalam kondisi berduka, mereka menemukan foto jenazah orang terkasih tersebar di media sosial dan menjadi bahan perbincangan masyarakat? Menurut Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, seorang psikolog klinis dewasa, foto jenazah korban yang tersebar di media sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental dan psikis keluarga.

Dilansir dari DetikHealth, kejadian viralnya foto korban tersebut dapat membuat keluarga syok, stres, bahkan trauma. Selain itu, menurut dr Andri, SpKJ, FAPM, Psikiater dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, menyebarluaskan foto korban kecelakaan di media sosial tanpa sensor merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak menghormati keluarga korban. Informasi simpang siur yang beredar luas juga dapat menyebabkan keresahan pada keluarga korban, juga memicu kekhawatiran orang lain ketika hendak bepergian menggunakan pesawat terbang atau alat transportasi lain.

Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Ada Kejadian Serupa dengan Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610

Alih-alih menyebarluaskan foto korban kecelakaan, Sobat Sehat dapat membagikan tips lain yang lebih bermanfaat seperti trik mengatasi rasa takut saat naik pesawat berikut ini:

  1. Temukan penyebab takut naik pesawat

    Sebelum mengatasi ketakutan naik pesawat, Sobat Sehat harus menemukan pemicunya terlebih dahulu. Beberapa orang mungkin takut naik pesawat karena trauma pernah mengalami turbulensi, fobia ketinggian, dan lain sebagainya. Ketakutan ini pun dapat bersifat sementara ketika akan naik pesawat, namun juga dapat bertahan sepanjang waktu perjalanan menggunakan pesawat. Dengan merumuskan pemicunya, Sobat Sehat diharapkan dapat mengelola rasa takut tersebut. Dalam hal ini, Sobat Sehat membutuhkan bantuan seorang psikolog atau pakar kesehatan yang berkompeten di bidang ini.

  2. Mencari informasi tentang pesawat

    Salah satunya adalah dengan mencari tahu tentang alat keselamatan dalam pesawat dan tindakan yang perlu dilakukan ketika terjadi situasi darurat. Tindakan membekali diri dengan pengetahuan tentang pesawat ini dapat membantu mengurangi kecemasan yang muncul. Karena seringnya, ketakutan untuk naik pesawat disebabkan karena kecemasan berlebihan dan berandai-andai dengan banyak kemungkinan.

  3. Atasi rasa takut dengan perlahan

    Jika masih sulit bagi Sobat Sehat untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat, maka tidak perlu memaksakan diri. Lakukan secara perlahan dengan mengunjungi bandara terlebih dahulu, amati aktivitas yang terjadi, bayangkan Anda menjadi bagian dari orang yang berlalulalang dengan bahagia karena akan pulang atau pergi bertemu orang-orang terkasih. Anda dapat melakukan cara tersebut berkali-kali hingga terbiasa. Setelah Anda siap, cobalah dengan melakukan perjalanan singkat menggunakan pesawat. Meski terlihat tidak masuk akal, namun terapi ini dapat membantu meredakan kecemasan Anda ketika telah terbiasa dan nyaman dengan suasana bandara yang Anda kunjungi setiap hari.

  4. Nikmati perjalanan Anda

    Setiap perjalanan yang Anda lakukan pasti berisiko, apapun alat transportasi yang digunakan. Tugas Anda adalah menikmati perjalanan tersebut dan senantiasa berserah kepada Sang Pencipta agar melindungi perjalanan Anda hingga selamat sampai tujuan.

Nah, Sobat Sehat, sebaiknya tidak ikut menyebarluaskan foto korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610, ya. Bijaklah bermedsos!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *