Jangan Coba-Coba, Kecanduan Narkoba Sangat Berbahaya untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Berawal hanya dari coba-coba, justru banyak orang yang kemudian kesulitan ketika ingin keluar dari bayang-bayang narkoba, yang pada akhirnya membuat seseorang kecanduan narkoba. Yang menjadi pertanyaannya kini adalah mengapa seseorang bisa mengalami kecanduan dan bagaimana cara mengobatinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Mengapa Narkoba Bisa Bikin Kecanduan

Ada banyak sekali jenis narkoba. Mulai dari jenis stimulan, halusinogen dan depresan. Yang jelas setiap jenis narkoba tersebut akan memberikan efek yang memang berbeda-beda terhadap otak dan tubuh. Nah, di dalam narkoba sendiri terdapat kandungan zat kimia yang bisa berikatan terhadap reseptor yang terdapat pada otak dan tubuh. Tentunya ikatan ini dapat membuat otak mengeluarkan zat neurotransmitter tertentu yang akhirnya membuat efek ketergantungan.

Ketika penggunaan narkoba dilakukan berulang kali, maka jumlah reseptor dari zat narkoba akan semakin banyak di dalam tubuh. Akibatnya, orang tersebut bisa mengalami keinginan menggunakan narkoba lagi ketika efek narkoba habis. Bahkan, semakin lama tubuh seseorang akan mengalami toleransi oleh dosis narkoba tersebut.

Sehingga untuk memperoleh efek seperti sebelumnya, tentunya pecandu narkoba akan membutuhkan dosis yang lebih besar. Ketika hal ini tidak dipenuhi, maka tubuh dapat memberikan efek kebalikan, dengan begitu orang tersebut bisa saja mengalami rasa yang tidak nyaman pada tubuhnya.

Tanda-tanda Kecanduan Narkoba

Salah satu tanda seseorang mengalami kecanduan narkoba adalah suasana hati yang berubah dalam sekejap. Biasanya pecandu narkoba akan memperlihatkan suasana yang gembira, tetapi bisa berubah menjadi buruk dalam hitungan menit maupun hitungan jam. Selain itu, beberapa tanda lainnya adalah sebagai berikut.

1. Mengalami depresi serta euphoria

Tanda berikutnya seseorang mengalami kecanduan narkoba adalah akan mengalami euphoria atau sensasi merasa bahagia secara berlebihan terhadap hal-hal yang ternyata dianggap biasa saja. Bahkan pengguna narkoba juga bisa mengalami depresi berat, namun kembali bahagia ketika menggunakan narkoba kembali.

2. Adanya perubahan fisik

Perubahan fisik yang cukup umum serta mudah dilihat yaitu badan akan terlihat lebih kurus, bagian hidung yang terus saja terasa gatal, mata kering yang terlihat merah, pupil mata yang akan terlihat melebar, dan muka yang terlihat semakin tirus.

3. Tak segan untuk melakukan tindak kejahatan

Ketika seseorang telah mencapai tahap ketergantungan, tetapi tak mempunyai uang untuk membeli narkoba, mereka akan cenderung memperlihatkan sikat kasar dan berpotensi untuk melakukan tindakan kriminal agar bisa mendapatkan uang.

Bagaimana cara mengobati orang yang sudah kecanduan narkoba?

Untuk mengobatinya, maka rehabilitasi sangatlah dibutuhkan. Untuk tahapan rehabilitasinya sendiri adalah dimulai dari pemeriksaan. Terapis atau dokter akan memeriksa terlebih dahulu kondisi anda. Misalnya jika mengalami depresi, maka dokter akan memberikan obat-obatan agar dapat menghilangkan efek tersebut.

Kemudian detoksifikasi, yang mana anda akan diminta berhenti mengonsumsi narkoba. Ketika melalui tahap ini, anda kemungkinan besar akan merasa mual, tubuh pun akan terasa sakit. Selanjutnya ada stabilisasi, yang mana anda akan diberikan berupa resep dokter agar dapat membantu pemulihan untuk jangka panjang.

Yang jelas tahap ini pun mencakup pemikiran mengenai rencana kehidupan jangka panjang serta kestabilan mental anda. Selain itu, dukungan dari orang-orang sekitar sangat penting dalam mempercepat proses penyembuhan anda.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika seseorang sudah kecanduan narkoba. Selalu waspada dan selalu jaga keluarga anda agar bisa terhindar dari jerat narkoba. Semoga bermanfaat!