Share this:

Macam Penyakit Degeneratif di Usia Senja yang Perlu Diketahui

macam penyakit degeneratif
https://www.pexels.com

Gaya hidup yang buruk di usia muda nyatanya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif. Nah Sobat Sehat, yuk cari tahu apa saja macam penyakit degeneratif yang dapat menimpamu di usia senja!

Macam Penyakit Degeneratif yang Sering Terjadi

Penyakit degeneratif biasanya diakibatkan oleh penurunan secara bertahap kinerja sel-sel tubuh yang berdampak pada fungsi organ secara keseluruhan. Penyakit degeneratif umumnya muncul akibat pertambahan usia. Namun, gaya hidup yang buruk seperti gemar mengkonsumsi makanan tidak sehat, malas bergerak dan berolahraga, merokok, serta mengkonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif.

Beberapa penyakit degeneratif yang sering terjadi adalah:

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 umumnya dipengaruhi oleh faktor genetika, sehingga anak dari orang tua yang menderita diabetes tipe 2 perlu melakukan pemeriksaan dan lebih mengatur gaya hidupnya agar dapat terhindar dari penyakit ini. Selain faktor keturunan dan usia, diabetes tipe 2 lebih berisiko pada seseorang yang tidak aktif bergerak, kelebihan berat badan, dan terbiasa mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak dan karbohidrat. Pola hidup demikian dapat memicu terjadinya gangguan pada sistem pengaturan kadar gula darah dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan diabetes tipe 2.

  • Penyakit kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan plak lemak pada pembuluh darah menuju jatung yang disebut aterosklerosis. Penumpukan ini kemudian dapat menghambat aliran darah menuju jaringan dan organ tubuh lainnya. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh berbagai kebiasaan buruk seperti kurang berolahraga, pola makan yang tidak sehat, stres, dan merokok.

  • Hipertensi

hipertensi
https://www.pexels.com

Hipertensi adalah kondisi dimanan tekanan darah berada di atas 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Tekanan darah yang tinggi dapat disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Penyakit ini juga disebut sebegai silent killer disease atau pembunuh diam-diam, karena gejalanya tidak terlihat. Tekanan darah tinggi yang dibiarkan dapat memicu berbagai komplikasi yang mengencam nyawa.

  • Osteoporosis

Osteoporosis dapat disebabkan karena kekurangan vitamin D sehingga tulang menjadi keropos. Selain itu, osteoporosis juga lebih rentan terjadi pada seseorang yang mengalami kelumpuhan atau pada orang yang kurang aktif bergerak setiap hari. Menonton TV sepanjang hari atau bekerja dengan duduk di depan laptop dapat menurunkan kualitas kepadatan tulang. Dalam jangka panjang merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat memicu berkurangnya kepadatan tulang sehingga menimbulkan osteoporosis.

  • Penyakit kanker

Kanker biasanya disebabkan oleh adanya mutasi DNA di dalam sel-sel tubuh. Mutasi gen ini dapat diturunkan dari DNA orang tua yang bisa timbul di kemudian hari. Banyak hal yang dapat memicu terjadinya mutasi gen seperti gaya hidup yang buruk, kebiasaan merokok, obesitas, kurang olahraga serta mengkonsumsi makanan yang mengandung zat karisinogenik (bahan kimia pemicu kanker).

Selain itu, bebarapa penyakit lainnya yang termasuk penyakit degeneratif adalah penyakit yang  berkaitan dengan perubahan struktur dan fungsi otak, seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, dan parkinson. Kondisi ini dapat diturunkan secara genetik sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Yuk, Sobat sehat kita cegah semua macam penyakit degeneratif dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan jangan malas untuk berolahraga.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

 

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

3 thoughts on “Jelang Usia Senja, Kenali Macam Penyakit Degeneratif”

  1. Informasinya sangat bermanfaat, tapi mohon dibuat juga artikel solusi dalam menjalankan polahidup baik sebagai antisipasi atau sebagai solusi jika terkena penyakit2 diatas. Trim

  2. Salam Sehat Ibu Liliana,
    Terima kasih atas apresiasi dan masukannya. Nantikan artikel kami selanjutnya,ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*