Share this:

Bau mulut tak sedap, kadang menjadi masalah yang sering dijumpai ketika puasa. Kondisi tersebut disebabkan karena tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut sehingga produksi saliva (air liur) yang bertugas sebagai antiseptik mulut, berkurang. Turunnya produksi saliva (air liur) mengakibatkan kuman penyebab bau mulut berkembang biak di dalam mulut yang kering.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Meski bukan termasuk masalah medis yang serius, namun bau mulut memang mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bau mulut atau yang secara medis disebut sebagai halitosis, juga dapat disebabkan karena masalah kesehatan gigi dan mulut atau karena masalah kesehatan lainnya.

Berikut beberapa penyebab bau mulut selain karena mulut kering saat berpuasa, yang mungkin terjadi:

  • Gangguan saluran pencernaan, seperti maag atau GERD (penyakit asam lambung).
  • Sinusitis, karena adanya aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Karena penyakit lain, seperti infeksi saluran pernapasan, gangguan hati, atau diabetes.
  • Kebiasaan merokok atau mengkonsumsi makanan/minuman tertentu.
  • Diet yang berlebihan sehingga tubuh kekurangan karbohidrat.
  • Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Tips Mencegah Bau Mulut Tak Sedap

Untuk mencegah bau mulut mengganggu puasa Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Banyak minum ketika sahur dan buka puasa untuk mencegah mulut kering.
  2. Hindari konsumsi makanan dengan bau menyengat, seperti bawang putih atau bawang bombay, dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena sisa gula dalam mulut dapat menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkembang pesat.
  3. Ganti camilan Anda dengan camilan sehat, seperti apel atau wortel.
  4. Kunyah kulit jeruk atau lemon dan peterseli ketika sahur. Kulit jeruk atau lemon untuk memicu produksi air liur, sedangkan peterseli untuk menetralisir bau tidak sedap pada mulut.
  5. Berhenti merokok dan kurangi konsumsi kopi atau teh.
  6. Sikat gigi secara teratur dua kali sehari (setelah sahur dan sebelum tidur malam) dan ganti sikat gigi setidaknya setiap dua bulan sekali.
  7. Gunakan cairan penghilang bau mulut, seperti Listerine , Betadine Gargle , atau Cooling 5 Spray yang dapat Anda beli di apotek online K24Klik.com.

Selain cara di atas, bersihkan lidah dengan alat pembersih lidah yang dijual di Apotek K-24, karena lidah Anda juga dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Sebelum menggunakan alat pembersih lidah, pastikan alat tersebut dalam keadaan higienis, ya, Sobat Sehat. (Dev/Win)

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *