Al Ghazali Kena Sindrom Steven-Johnson, Benarkah?

Published by Dewi Dwiputri on

Al Ghazali Kena Sindrom Steven-Johnson, Benarkah?

Al Ghazali

Al Ghazali (Foto: Instagram)

Baru-baru ini putra sulung Ahmad Dhani, diberitakan pingsan di dalam mobil saat ia menyetir di tengah jalan. Kemudian Al pun ditolong warga sekitar yang melihat kejadian tersebut . Tak lama setelah itu, Al pun siuman dan kembali ke dalam mobil yang dikendarai oleh temannya.

Diduga Al pingsan dikarenakan kelelahan, namun banyak yang beranggapan jika Al sedang dalam keadaan mabuk. Namun dugaan tersebut dibantah Ahmad Dhani. Dhani menyebut, bahwa anaknya memiliki penyakit keturunan darinya, yakni tidak dapat mengkonsumsi sembarangan obat (alergi obat tertentu) yang dapat berakibat pingsan. Penyakit ini dalam ilmu medis disebut Stevens Johnson Syndrome (SJS) atau Sindrom Steven-Johnson.

Al Ghazali Kena Sindrom Steven-Johnson, Apa itu?

Masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu Sindrome Steven-Johnson? Sindrom ini adalah sindrom langka yang terjadi karena kulit dan membran mukosa menimbulkan reaksi berlebihan terhadap suatu obat atau infeksi. Membran mukosa adalah lapisan kulit dalam yang melapisi berbagai rongga tubuh yang memiliki kontak dengan lingkungan luar dan organ internal tubuh. Di beberapa bagian tubuh, membran mukosa menyatu dengan kulit, misalnya pada lubang hidung, bibir, pipi dalam, telinga, daerah kemaluan, dan anus.

Penyakit ini cukup jarang terjadi di Indonesia, namun merupakan jenis penyakit dengan kondisi yang serius. Penyakit ini dapat menyebabkan kulit penderitanya gatal-gatal, melepuh, bahkan sampai mengelupas akibat dari reaksi berlebihan terhadap obat dan infeksi tertentu.

Apa saja Gejala Steven-Johnson?

Sindrom Steven-Johnson

https://www.shape.com

Sindrom ini diawali dengan gejala yang mirip dengan flu seperti demam, batuk, mata terasa panas dan radang tenggorokan. Namun setelah beberapa hari akan muncul ruam merah di kulit yang terasa sakit atau bahkan dapat melepuh, nyeri persendian, hingga pembengkakan di wajah dan lidah.

Penyebab Stevens Johnson apa saja ya?

Umumnya penyebab sindrom ini karena penggunaan obat. Berikut beberapa obat yang sering memicu terjadinya Sindrom Steven-Johnson:

  • Obat-obatan anti-asam urat
  • Obat-obatan Anti Inflamasi non-steroid (AINS).
  • Obat antibiotik
  • Obat kejang.

Selain dikarenakan penggunaan obat, Steven-Johnson juga dapat dipicu oleh infeksi virus atau kuman tertentu seperti:

  1. Herpes (herpes simplex maupun herpes zoster
  2. Influenza
  3. HIV
  4. Diphtheria
  5. Typhoid
  6. Hepatitis A
  7. Pneumonia

Dalam beberapa kasus, Steven-Johnson juga dapat dipicu karena rangsangan fisik seperti radioterapi dan sinar ultraviolet. Namun terkadang penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui sehingga sulit untuk dicegah.

Bagaimana Pengobatan pada Sindrom Steven-Johnson?

Pertolongan pertama untuk mengatasi alergi pada sindrom ini yakni dengan menghentikan konsumsi obat yang memicu alergi. Selanjutnya, penderita harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Obat yang umumnya diberikan dokter untuk mengatasi sindrom ini yakni obat antialergi untuk meredakan gejala alergi atau kortikosteroid untuk mengontrol peradangan yang cukup parah.

Nah Sobat Sehat, itu tadi informasi mengenai Sindrom Steven-Johnson. Meskipun belum ada keterangan medis mengenai Al Ghazali, sebaiknya Sobat Sehat tetap waspada akan gejala Steven-Johnson ini.

 

Sumber: dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *