Bagaimana Cara Minum Obat Ketika sedang Berpuasa?

Published by Dewi Dwiputri on

Minum Obat Ketika Puasa Agar Sesuai dengan Anjuran Dokter

minum obat ketika puasa

https://acmcare.org

Ketika Sobat Sehat sakit namun ingin tetap menjalankan ibadah puasa, kadang dihadapkan pada pertanyaan bagaimana penggunaan obat jika sedang berpuasa?

Perlu sobat sehat ketahui, obat adalah suatu bahan atau campuran bahan untuk dipergunakan dalam menentukan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan badaniah atau rohaniah pada manusia atau hewan termasuk untuk memperelok tubuh atau bagian tubuh manusia.

Minum Obat Ketika Puasa dengan Aturan Pakai 1-2 Kali Sehari

Setiap obat memiliki aturan minum yang berbeda-beda, tergantung pada keluhan sakit dan terapi pengobatan yang diinginkan dokter. Pada saat menjalankan ibadah puasa, pastinya sobat sehat akan mengalami perubahan jadwal minum obat. Hal tersebut dapat mempengaruhi efek terapi obat. Meski demikian Sobat Sehat dapat mengikuti cara berikut untuk mengoptimalkan efek terapi obat yang dikonsumsi.

Untuk obat dengan aturan pemakaian 1 x sehari, dapat diminum pada saat sahur saja atau saat buka puasa saja. Sedangkan untuk obat dengan aturan pemakaian 2 x sehari, dapat diminum pada saat sahur dan buka puasa.

Bagaimana Cara Minum Obat dengan Aturan Pakai 3-4 Kali Sehari Ketika Berpuasa?

minum obat ketika puasa

http://www.thewellproject.org/

Ada 2 alternatif pemberian untuk obat yang diminum 3-4 kali sehari :

1. Obat diganti dengan obat sediaan lepas lambat (obat dengan waktu kerja lebih panjang). Ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan obat menjadi 2 kali sehari, yakni diminum pada saat sahur dan buka puasa. Penggantian obat ini harus atas anjuran dan resep dokter.

2. Obat diberikan dari waktu buka hingga sahur, yang dibagi dalam rentang waktu yang sama. Misal untuk obat dengan aturan pemakaian 3 kali sehari diberikan tiap 5 jam, dan obat dengan aturan pemakaian 4 kali sehari diberikan tiap 3 jam.

Apabila obat harus diminum sebelum makan, obat tersebut dapat diberikan 30 menit sebelum makan besar pada saat sahur dan buka puasa. Sedangkan untuk obat yang diminum setelah makan dapat diberikan 5-10 menit setelah makan besar.

Nah Sobat Sehat, jadi meski sedang berpuasa Sobat Sehat tetap dapat mengkonsumsi obat sesuai dengan aturan pemakaian yang dianjurkan oleh dokter. Apabila Sobat Sehat masih bingung, tanyakan saja pada Apoteker kami melalui live chat di www.K24Klik.com.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *