18 Obat Darah Tinggi / Hipertensi di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Darah Tinggi Hipertensi di Apotik Paling Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat darah tinggi digunakan untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah komplikasi serius seperti stroke dan penyakit jantung ataupun ginjal. Beberapa obat darah tinggi paling ampuh adalah amlodipine dan captopril.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering dialami baik oleh anak muda ataupun usia lanjut. Untuk mengatasi sekaligus mencegah potensi komplikasi, Anda dapat memanfaatkan beragam obat darah tinggi di apotik.

Beberapa kategori obat hipertensi yang biasa digunakan adalah diuretik, beta-blocker, ACE inhibitor, calcium channel blocker dan juga angiotensin II receptor blockers. Penggunaan obat-obat tersebut disesuaikan dengan penyebab dari darah tinggi.

Baca juga: 15 Obat Darah Tinggi Alami Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Darah Tinggi di Apotik

Beberapa kasus hipertensi memerlukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis obat yang tepat dikonsumsi. Namun, penggunaan obat herbal pun juga dapat menjadi pilihan penderita hipertensi ringan.

Dapat dibeli secara bebas ataupun memerlukan resep dokter, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat darah tinggi di apotik.

1. Amlodipine

obat darah tinggi di apotik paling ampuh amlodipine

Beli Amlodipine Klik di Sini

Rekomendasi obat darah tinggi pertama yang biasa diresepkan oleh dokter adalah Amlodipine. Obat ini merupakan calcium channel blocker (CCB) yang bekerja efektif dalam mencegah kalsium masuk ke dalam otot jantung maupun arteri.

Penggunaan obat ini dapat membantu Anda dalam mengurangi tekanan darah dan menjaganya kembali normal. Pastikan untuk mengikuti dosis dan aturan pakai obat yang telah dianjurkan oleh dokter Anda.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

2. Nifedipine

obat darah tinggi di apotik nifedipine

Beli Nifedipine Klik di Sini

Sejenis dengan amlodipine, Nifedipine juga dapat menjadi pilihan obat darah tinggi paling ampuh untuk Anda yang termasuk dalam calcium channel blockers. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Obat ini dapat membantu otot-otot jantung dan juga pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga tekanan darah pun dapat berkurang.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Furosemide

obat darah tinggi furosemide

Beli Furosemide Klik di Sini

Obat golongan diuretik, furosemide dapat bekerja ampuh dalam meningkatkan pengeluaran air, natrium, kalsium dan klorida pemicu darah tinggi dalam tubuh. Obat hipertensi yang satu ini dapat dikonsumsi oleh dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.

Sama seperti amlodipine dan nifedipine, obat golongan keras ini memerlukan resep dokter untuk dapat membelinya. Beberapa efek samping mungkin saja dirasakan, segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan terbaik.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

4. Pacekap

obat hipertensi di apotik pacekap

Beli Pacekap Klik di Sini

Obat herbal dengan kandungan utama scopoletin dari ekstrak buah mengkudu, Pacekap merupakan salah satu obat herbal yang ampuh bekerja dalam menurunkan tekanan darah.

Obat darah tinggi alami ini dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah dan tekanan darah tinggi pun dapat teratasi.

Kisaran harga: Rp 133 ribu/pcs

5. Celery Sidomuncul

obat darah tinggi paling ampuh celery sidomuncul

Beli Celery Sidomuncul Klik di Sini

Selain Pacekap, Anda juga dapat menjadikan Celery Sidomuncul sebagai obat herbal andalan dalam mengatasi hipertensi. Kandungan dalam obat herbal ini adalah apigenin yang dapat mengatasi kadar kolesterol tinggi sekaligus hipertensi.

Celery Sidomuncul juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan guna mencegah tekanan darah tinggi.

Kisaran harga: Rp 88 ribu/pcs

6. Spirola

obat hipertensi di apotek spirola

Beli Spirola Klik di Sini

Mengandung bahan diuretik yaitu spironolactone, Spirola merupakan obat darah tinggi paling ampuh di apotek. Spironolactone dalam obat ini dapat membuang air dan ion-ion garam seperti natrium dan klorida dalam tubuh.

Dengan demikian, tekanan darah pun dapat kembali turun. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 25-100mg/hari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/strip

7. Propranolol

obat hipertensi paling ampuh propranolol

Beli Propanolol Klik di Sini

Rekomendasi obat penurun darah tinggi selanjutnya adalah Propanolol. Kandungan utama dari obat ini adalah propranolol HCl. Propranolol adalah salah satu jenis bahan yang masuk ke dalam kategori beta-blockers.

Obat ini dapat menurunkan frekuensi detak jantung dan juga mencegah organ vital tubuh tersebut bekerja lebih keras. Dengan begitu, tekanan darah pun dapat menurun.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

8. Bisoprolol Fumarate

obat darah tinggi bisoprolol fumarate

Beli Bisoprolol Fumarate Klik di Sini

Sama dengan propranolol, Bisoprolol Fumarate merupakan obat kategori beta-blockers yang dapat dibeli di apotik menggunakan resep dokter. Obat hipertensi ini dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter karena harus mempertimbangkan kondisi pasien terlebih dahulu.

Beberapa efek samping mungkin saja dialami ketika mengonsumsi obat tekanan darah tinggi ini seperti kebas-kebas, mual, muntah, pusing hingga diare.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

9. Captopril

obat hipertensi paling ampuh captopril

Beli Captopril Klik di Sini

Termasuk dalam golongan ACE inhibitor, Captopril merupakan salah satu obat hipertensi yang bekerja efektif dalam mencegah tubuh memproduksi angiotensin. Dengan produksi angiotensin yang dihambat, tekanan darah pun dapat menurun.

Obat ini tersedia dalam dosis 12,5 mg, 25 mg dan juga 50 mg. Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Captopril harus berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

10. Ramipril

obat darah tinggi paling ampuh ramipril

Beli Ramipril Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan obat Ramipril yang masih satu kategori dengan captopril. Obat ini dapat Anda beli di K24Klik menggunakan resep dokter dengan sediaan dosis mulai dari 2,5 mg hingga 10 mg.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

11. Lasix

obat hipertensi di apotek lasix

Beli Lasix Klik di Sini

Versi paten dari obat furosemide, Lasix bekerja ampuh dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Obat ini dapat dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan dokter mulai dari 20 mg hingga 80 mg per hari sesuai kondisi penderita hipertensi.

Kisaran harga: Rp 89 ribu/strip

12. Concor

obat hipertensi di apotik concor

Beli Concor Klik di Sini

Rekomendasi obat darah tinggi selanjutnya adalah Concor. Obat ini adalah obat paten yang memiliki kandungan obat antihipertensi yaitu bisoprolol fumarate yang merupakan antihipertensi golongan beta-blockers.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/strip

13. Canderin

obat darah tinggi di apotek canderin

Beli Canderin Klik di Sini

Canderin adalah obat yang menurunkan darah tinggi dengan candesartan cilexetil sebagai kandungan utamanya. Ada dua jenis dosis yang bisa Anda pilih dari Canderin yaitu 8 mg dan 16 mg.

Candesartan adalah kandungan obat yang termasuk ke dalam golongan Angiotensin II Receptor Blockers (ARB). Obat ini bermanfaat untuk mencegah adanya penyempitan pembuluh darah karena hormon angiotensin sehingga tekanan darah menurun.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

14. Valsartan

obat darah tinggi valsartan

Beli Valsartan Klik di Sini

Termasuk dalam golongn ARB, Valsartan juga sama ampuhnya seperti Canderin dalam mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Sediaan dosis untuk obat ini adalah 80 mg dan juga 160 mg.

Perlu diketahui bahwa penggunaan obat hipertensi yang satu ini harus berdasarkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 53 ribu/strip

15. Catapres

obat darah tinggi di apotek catapres

Beli Catapres Klik di Sini

Obat hipertensi dengan kandungan clonidine HCl di dalamnya, Catapres dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah pun dapat menurun atau normal. Penggunaan obat ini dapat mencegah komplikasi hipertensi seperti stroke dan serangan jantung.

Kisaran harga: 98 ribu/strip

16. Exforge

obat hipertensi paling ampuh exforge

Beli Exforge Klik di Sini

Mengkombinasikan amlodipine dan juga valsartan, Exforge menjadi obat hipertensi andalan ketika dosis tunggal tidak mampu mengatasi keluhan Anda. Termasuk dalam golongan obat keras, pembelian obat ini harus menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/tablet

17. Approvel

obat darah tinggi approvel

Beli Approvel Klik di Sini

Mengandung irbesartan, Approvel merupakan obat yang dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Obat golongan ARB ini dapat dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/tablet

18. Noperten

obat hipertensi noperten

Beli Noperten Klik di Sini

Termasuk dalam golongan obat ACE Inhibitor, Noperten merupakan obat darah tinggi yang memiliki kandungan lisinopril di dalamnya. Anda dapat membeli obat ini di aplikasi K24Klik menggunakan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat darah tinggi atau hipertensi di apotik paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan. Apabila beragam keluhan hipertensi tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter ahli untuk pengobatan terbaik.

Sakit tiba-tiba dan tidak punya stok obat? Tidak perlu khawatir, Anda dapat mengandalkan aplikasi K24Klik yang siap melayani 24 jam nonstop dengan pengiriman cepat 1 jam sampai.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-pressure-hypertension/ diakses pada 18 April 2024