5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Zat besi merupakan mineral yang tubuh perlukan demi dukung pertumbuhan dan perkembangan. Tubuh memanfaatkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein yang terdapat di sel darah merah dan bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru menuju seluruh bagian tubuh. Zat besi juga bertugas membentuk beberapa hormon.

Salah satu yang paling memerlukan zat besi di setiap asupannya yaitu ibu hamil. Pasalnya, asupan zat besi yang cukup membuat Bunda terhindar dari anemia selama kehamilan. Anemia yang terjadi selama kehamilan bisa menyebabkan beberapa dampak negatif, di antaranya kelahiran prematur, bayi yang mengidap anemia, bayi dengan berat badan lahir rendah, mengalami depresi pasca persalinan, anak mengalami keterlambatan perkembangan, perlu transfusi darah bila Bunda kehilangan banyak darah saat persalinan.

Melihat risiko di atas tentu membuat Bunda jadi harus lebih cermat dalam memastikan setiap nutrisi harus tercukupi sehingga makanan sehat ibu hami di sini menjadi penting. Untuk zat besi bagi ibu hamil sendiri diperlukan sekitar 27 mg zat besi setiap hari, sehingga zat besi merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

Mengapa ya Zat Besi Merupakan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

Pada dasarnya, tubuh manusia memanfaatkan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke jaringan tubuh. Di masa kehamilan, Bunda yang sedang hamil perlu zat besi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan sebelum hamil.  

Pasalnya, tubuh akan memakai zat besi untuk menghasilkan lebih banyak asupan darah demi memberikan oksigen ke bayi yang ada di kandungan. Namun, bila tubuh Bunda justru kekurangan zat besi, berisiko tinggi mengalami anemia.

Apa Saja Makanan Penambah Zat Besi dalam Masa Kehamilan?

Tidak sulit untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan juga makanan sehat untuk ibu hamil. Pasalnya, mineral satu ini bisa diperoleh dari asupan sehari-hari seperti di bawah ini:

  • Daging Merah Tanpa Lemak

Makanan sehat bagi ibu hamil satu ini termasuk yang paling banyak mengandung zat besi. Ketika ingin memasak daging, pastikan diolah dengan matang ya Bund! Pasalnya, mengonsumsi daging yang dimasak kurang matang bisa membuat risiko terpapar patogen yang bisa memicu penyakit serius semakin tinggi.

  • Kacang-kacangan

Makanan nabati satu ini dikenal dengan kandungan tinggi serat, sehingga bagus untuk memperlancar pencernaan. Kacang-kacangan juga menjadi makanan penambah zat besi untuk ibu hamil serta tinggi protein. Namun, saat mengonsumsinya hindari terlalu berlebihan ya Bund. Cukup konsumsi segenggam tangan setiap hari.

  • Sayuran Berwarna Hijau

Selain kaya serat, sayuran berwarna hijau juga bisa menjadi pilihan makanan penambah zat besi untuk ibu hamil. Di dalamnya pun juga terdapat kandungan lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium kalsium, dan folat yang baik untuk janin dan tubuh Bunda.

  • Telur

Telur menjadi santapan yang banyak disukai dan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Kandungan yang paling dikenal dari telur yaitu protein. Namun, ternyata telur juga bisa menjadi makanan penambah zat besi untuk ibu hamil. Telur juga diperkaya dengan kolin yang mampu menghindari terjadinya kelainan perkembangan otak dan tulang belakang pada janin.

Produk susu untuk Kehamilan

Selama kehamilan, Bunda perlu memperoleh tambahan kalsium dan protein demi bantu memenuhi kebutuhan Si Kecil yang sedang tumbuh dalam kandungan. Produk yang terbuat dari susu seperti susu, yogurt, dan keju, bisa jadi pilihan. Susu sendiri sudah dikenal sebagai asupan sehari-hari yang mengandung banyak kalsium. Namun, susu juga mengandung banyak protein berkualitas tinggi, seng, magnesium, fosfor, dan vitamin B.

Salah satu asupan susu ibu hamil yang mengandung zat besi tinggi yaitu SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi.  Beberapa kandungan penting di dalamnya yaitu kalsium untuk membantu dalam pembentukan tulang janin, vitamin D yang bantu penyerapan kalsium, sumber protein yang dapat membangun dan memperbaiki jaringan pada tubuh, asam folat yang bantu memelihara pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak lupa juga ada kandungan minyak ikan yang penting bagi otak janin.

SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi ini memiliki citarasa yang lezat. Selain bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, susu ini juga cocok untuk Bunda yang sedang menyusui.

Tips Mengonsumsi Makanan Penambah Zat Besi dalam Masa Kehamilan

Tips mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung zat besi yaitu dengan memastikan setidaknya ada satu makanan kaya zat besi di setiap menu utama dan camilan Bunda.

Agar zat besi bekerja lebih maksimal, perlu dibantu penyerapannya dari vitamin C. Vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan lebih sering.

Tidak mengonsumsi makanan tinggi kalsium berlebihan bersamaan dengan makanan yang juga mengandung tinggi zat besi. Pasalnya malah akan mengganggu proses penyerapan zat besi.

Ternyata makanan penambah zat besi untuk ibu hamil tidak sulit untuk diperoleh, ya Bun. Pastikan Bunda mengonsumsinya setiap hari, ya!