15 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Manfaat susu kambing telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Meski konsumsi susu kambing tidak sepopuler susu sapi, kini makin banyak produk susu kambing yang dijual di supermarket maupun apotik.

Susu kambing sendiri dihasilkan dari kelenjar susu kambing. Kandungan nutrisinya mirip dengan susu sapi, tetapi dengan beberapa perbedaan seperti kandungan protein yang lebih tinggi.

Selain itu, susu kambing juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, dan vitamin B2. Karenanya, susu kambing sering digunakan sebagai alternatif bagi orang yang alergi terhadap susu sapi atau mencari variasi dalam pola makan.

15 Manfaat Susu Kambing yang Perlu Anda Ketahui

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, susu kambing memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menyediakan Asupan Protein yang Tinggi

Susu kambing mengandung protein yang lebih tinggi daripada susu sapi. Protein sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan dalam pembentukan jaringan tubuh, seperti otot dan tulang. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai zat pembangun enzim, hormon, dan neurotransmiter.

2. Mudah Dicerna dan Diserap Tubuh

Susu kambing lebih mudah dicerna. Karena itu, susu kambing bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau alergi susu sapi.

Selain itu, susu kambing juga diketahui mengandung asam lemak medium-chain triglyceride (MCT), yang dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Manfaat Susu Kambing Milkuma

Beli Milkuma Susu Kambing Klik di Sini

3. Mengandung Asam Lemak Esensial

Susu kambing mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Asam lemak ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu kambing mengandung antibodi alami, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi susu kambing dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat susu kambing berikutnya yaitu untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena susu kambing kaya akan kalsium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang.

Kalsium dan fosfor berperan dalam membentuk dan memelihara kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga mencegah osteoporosis dan patah tulang.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kambing mengandung kalium, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam susu kambing juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat susu kambing juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, sebab konsumsi susu kambing dapat membantu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium dalam susu kambing yang dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat susu kambing juga populer di bidang kecantikan sebab dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena susu kambing mengandung asam lemak dan vitamin A, yang baik untuk kulit. Asam lemak dan vitamin A berperan dalam menjaga kelembapan kulit, mempercepat proses regenerasi sel kulit, dan mengurangi risiko jerawat dan infeksi kulit.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kambing mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Protein dalam susu kambing juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar lemak lebih cepat.

10. Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Pria

Susu kambing mengandung zat besi, seng, dan vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria. Zat besi dan seng penting untuk produksi sperma yang sehat, sementara vitamin B kompleks membantu meningkatkan stamina dan energi.

Kandungan vitamin B kompleks pada susu kambing juga berperan dalam meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Hal ini karena Vitamin B kompleks membantu proses pembentukan sel darah merah, yang berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Susu kambing mengandung vitamin A dan lutein, yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan lutein membantu menjaga kekuatan dan kesehatan retina, sehingga mencegah degenerasi makula dan katarak.

12. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Susu kambing mengandung asam amino dan vitamin B kompleks, yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Asam amino dan vitamin B kompleks membantu dalam proses produksi neurotransmiter, yang berperan dalam mengirimkan sinyal saraf antar sel.

13. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat susu kambing juga penting untuk kesehatan otak. Dalam hal ini, susu kambing mengandung kolin yang membantu dalam proses pembentukan sel otak dan neurotransmiter. Karenanya, asupan susu kambing yang tepat bisa membantu meningkatkan kinerja otak dan memperbaiki daya ingat.

14. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Susu kambing mengandung kalsium dan fosfor, yang berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kalsium dan fosfor membantu dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan gigi dan gusi, sehingga mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

15. Mencegah Anemia

Susu kambing mengandung zat besi, yang berperan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu dalam proses pembentukan sel darah merah, yang berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, lemas, dan pusing.

Selain manfaat susu kambing yang disebutkan di atas, susu kambing juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak medium-chain fatty acids (MCFAs) dalam susu kambing yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Dengan segudang manfaat, susu kambing memang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Kendati demikian, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi susu kambing jika Anda memiliki riwayat alergi atau intoleransi susu kambing.

Selain itu, pastikan memilih produk susu kambing organik yang tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya. Beberapa produk susu kambing yang direkomendasikan antara lain Greenfields Goat’s Milk, Diamond Goat’s Milk, dan Goat Milk Cap Ena.

Semua produk tersebut dapat dibeli di K24Klik dengan harga terjangkau dan pengiriman cepat. Harga susu kambing etawa di apotik dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp38.000 hingga Rp120.000 per kemasan.

Selain susu kambing, K24Klik juga menyediakan beragam obat, vitamin, herbal, produk perawatan tubuh, hingga alat kesehatan. Download aplikasi K24Klik atau kunjungi websitenya untuk transaksi yang mudah, cepat, dan aman.

Referensi:

https://www.k24klik.com/cariObat/susu-kambing

Goat Milk: Nutrition, Benefits and Side Effects, https://www.healthline.com/nutrition/goat-milk-benefits diakses pada 23 Februari 2023

5 Health Benefits of Goat’s Milk, https://www.globalhealing.com/natural-health/5-health-benefits-of-goats-milk/ diakses pada 23 Februari 2023

The Health Benefits of Goat Milk, https://chriskresser.com/the-health-benefits-of-goat-milk/ diakses pada 23 Februari 2023

Goat’s Milk: A Natural Superfood, https://draxe.com/nutrition/goats-milk/ diakses pada 23 Februari 2023

Why Goat’s Milk Is the New Trend in Dairy, https://www.eatthis.com/goats-milk-benefits/ diakses pada 23 Februari 2023