fbpx
Share this:

Dikurasi Oleh: Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Manfaat Kondom saat bercinta. Terlepas dari preferensi dan selera masing-masing orang, pemakaian kondom saat berhubungan intim sangat disarankan.

Kondom merupakan alat kontrasepsi laki-laki yang bekerja dengan menghambat sperma agar tidak sampai masuk ke rahim perempuan. Terlepas dari preferensi dan selera masing-masing orang, pemakaian kondom saat berhubungan intim sangat disarankan.

Ya, tidak hanya mencegah pembuahan, kondom juga bermanfaat untuk menghindari penularan penyakit seksual—terutama bagi Anda yang berhubungan dengan lebih dari satu partner. Nah, bagi Anda yang masih enggan atau ragu-ragu memakai kondom, alasan berikut bisa jadi pertimbangan.

  1. Mencegah Kehamilan Tak Direncanakan

Kehamilan tak direncanakan juga bisa terjadi di dalam pernikahan, lho. Misalnya ketika istri hamil, sementara Anda berdua belum siap—karena masih fokus mengejar karier, studi, atau alasan finansial lainnya.

Nah, kondom bisa menjadi penyelamat untuk mencegah kehamilan tak direncanakan (KTD). Risiko kehamilan bisa berkurang sampai 98% dengan pemakaian kondom. Selain gampang didapat, kondom juga tidak akan memengaruhi hormon pria, berbeda dengan metode KB lainnya.

2. Menghindari Penyakit Menular Seksual

HIV adalah penyakit menular seksual yang dapat disebarkan melalui hubungan intim tidak aman. Anda mungkin bersih dan bebas dari HIV, tapi bagaimana dengan pasangan Anda?

Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan kondom guna mencegah penularan HIV atau penyakit menular seksual lain, seperti gonore, sifilis, herpes, dan sebagainya.

3. Memperpanjang Durasi Bercinta

Bisa tahan lama di ranjang tentu impian setiap laki-laki. Sayangnya, kondisi kesehatan tertentu kadang membuat performa mereka menurun. Ejakulasi dini tentu menjadi mimpi buruk bagi kaum adam.

Dengan memakai kondom, tingkat sensitivitas penis akan berkurang sehingga ejakulasi bisa ditunda. Karena durasi yang lebih lama, Anda dan pasangan pun bisa lebih menikmati aktivitas ranjang tanpa harus khawatir dengan ejakulasi dini.

4. Menambah Variasi Bercinta

Kondom tersedia dengan berbagai rasa, ukuran, serta bentuk. Dari rasa buah-buahan sampai kondom bermodel dotted dan gerigi. Tujuannya tentu saja untuk menambah variasi dalam bercinta. Anda dan pasangan pun tak bosan dengan kehidupan seksual yang itu-itu saja.

Kondom bentuk gerigi misalnya, dipercaya dapat menambah kenikmatan kepada wanita. Kondom juga bisa jadi penyelamat untuk Anda yang ingin mencoba variasi seks yang lebih ekstrem, seperti anal. Peluang penyebaran kuman pun dapat dicegah.

5. Memberikan Perlindungan Ekstra

Peluang kebobolan akibat kontrasepsi oral berupa pil masih jamak terjadi. Ini biasanya karena lupa atau faktor hormonal lain. Bagi Anda yang masih menunda punya momongan, gunakan kondom untuk memberi perlindungan ekstra. Ya, karena mencegah kehamilan bukah hanya tugas istri, tapi juga suami.

6. Alat KB dengan Efek Samping Minimal

Kondom terbilang punya efek samping yang sangat sedikit dibanding metode KB lain seperti IUD atau implan yang bisa mengganggu hormon perempuan. Pengaruh yang ditimbulkan kondom mungkin hanya berupa alergi. Solusinya, pilih kondom non-lateks yang lebih nyaman dipakai.

Berhubungan intim dengan menggunakan kondom tentu lebih higienis dan aman, baik dari sisi kesehatan maupun perencanaan kehamilan. Anda bisa mendapat alat kontrasepsi ini dengan mudah, seperti di minimarket, apotek terdekat, atau secara online misalnya di K24Klik.

Merek dan jenisnya pun beragam. Pilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan. Nah, bagaimana, masih ragu memakai kondom? Tentu tidak, ya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *