fbpx

Vitamin C Apakah Bisa Dihasilkan Dalam Tubuh Sendiri?

Published by Maretta Putri on

Seiring dengan bertambahnya usia, nutrisi menjadi suatu hal yang sangat penting. Setiap tubuh memiliki kebutuhan yang berbeda terhadap nutrisi untuk menjaga kesehatan. Lansia membutuhkan kalsium dan vitamin D ekstra untuk membantu menjaga kesehatan tulang tetap kuat, zat besi dan vitamin B12 untuk membawa oksigen keseluruh tubuh sekaligus menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, tak lupa juga tubuh membutuhkan vitamin C.

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan manusia dan merupakan salah satu vitamin esensial karena manusia tidak dapat menghasilkan vitamin C di dalam tubuh sendiri, harus diperoleh dari luar tubuh. Sumber vitamin ini antara lain sayuran seperti brokoli, bayam, cabai, dan buah seperti jambu biji, nanas, jeruk, tomat, mangga, lemon. Vitamin ini juga dikenal sebagai asam askorbat, yaitu salah satu nutrisi paling aman dan paling efektif.

Menurut Dinkes Kota Palangkaraya, beberapa manfaat vitamin C antara lain:

  1. Melindungi sel darah putih dari enzim yang dilepaskan saat mencerna bakteri yang telah ditelannya
  2. Membantu dalam pembentukan kolagen
  3. Dapat membantu menyembuhkan penyakit sariawan
  4. Membantu proses penyembuhan luka
  5. Daya tahan tubuh melawan infeksi dan stress
  6. Sebagai antioksidan.

Berikut ini dosis vitamin C yang dianjurkan berdasarkan umur dan jenis kelamin:

Ciri Kekurangan Vitamin C

Kekurangan Vitamin C

Setiap orang akan membutuhkan vitamin C karena dapat menunjang kesehatan dalam tubuh, namun bagaimana jika sesorang tersebut mengalami kekurangan vitamin C, terutama pada orang dewasa. Beberapa ciri-ciri sesorang yang mengalami kekurangan vitamin C, antara lain:

  1. Kulit Kasar
  2. Rambut tumbuh tidak normal
  3. Penyembuhan luka yang lebih lama
  4. Nyeri pada sendi
  5. Gusi berdarah dan masalah gigi
  6. Terganggunya sistem kekebalan tubuh
  7. Tubuh mudah lelah
  8. Mudah memar
  9. Kenaikan tubuh yang tidak jelas
  10. Anemia atau kekurangan zat besi

Untuk meminimalkan risiko kekurangan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin dari sumber-sumber alami yaitu sayur dan buah selain itu dan bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen.

Tips Pola Makan Sehat

Berikut ini tips pola makan yang sehat bagi lansia untuk dapat hidup lebih sehat lagi:

  • Makan banyak buah dan sayuran hijau yang kaya akan antioksidan
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, yogurt, keju, atau sumber non-susu untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan patah tulang
  • Memilih makanan yang mengandung “lemak baik / lemak sehat” seperti omega 3 yang dapat melindungi tubuh dari penyakit dan menjaga fungsi hati dan otak, bukan makanan “tanpa lemak”
  • Mengkonsumsi cukup protein berkualitas tinggi seperti ikan, kacang-kacangan, kacang polong, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian agar dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan ketahanan terhadap stres, kecemasan, dan depresi, dan membantu berpikir lebih jernih
  • Makan lebih banyak serat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu menurunkan berat badan
  • Memilih sumber makanan karbohidrat yang baik bagi tubuh, seperti biji-bijian di atas tepung putih olahan untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan serat, serta kurangi gula dan karbohidrat olahan karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan membuat merasa lapar dan cenderung makan berlebihan.
  • Jika tidak bisa memenuhi pola makan sehat, sebaiknya konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian

Nah, jika Sobat Sehat membutuhkan vitamin yang dapat menunjang daya tahan tubuh, maka Sobat Sehat dapat langsung konsumsi suplemen daya tahan tubuh. Anda dapat melakukan pemesanan produk yang mengandung vitamin C melalui K24Klik.

#KanAdaK24Klik