fbpx
Share this:

Sakit Menyerang, Apa yang Harus Dilakukan?

Kondisi cuaca yang tidak menentu selama beberapa waktu belakangan ini membuat tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit ringan seperti demam, flu, batuk, radang tenggorokan, atau gangguan pernafasan ringan lainnya.

sakit

Saat sakit ringan ini menyerang, tak jarang sebagian orang lebih memilih mengatasinya sendiri dibandingkan langsung periksa ke dokter. Pengobatan sendiri atau dalam istilah medis disebut sebagai swamedikasi memang boleh dilakukan. Bahkan tindakan swamedikasi ini dianjurkan dan dikampanyekan oleh BPOM. Namun, dalam melakukan swamedikasi tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh sobat sehat.

Tindakan swamediksi hanya dilakukan untuk mengobati penyakit ringan dengan ketentuan :

1. Hanya boleh minum obat bebas atau obat bebas terbatas
2. Obat tersebut dibeli di Apotek atau toko obat berizin
3. Perhatikan peringatan yang tercantum pada kemasan obat (untuk obat bebas terbatas). Misal : obat kumur untuk mengatasi radang tenggorokan memiliki cara penggunaan yang berbeda dengan obat yang diminum sehingga pada label obat akan tercantum peringatan :P. No.2 Awas! Obat Keras Hanya untuk kumur, jangan ditelan.
4. Baca aturan pakai, gunakan sesuai dosis. Tanyakan kepada Apoteker atau Tenaga Teknis Kefarmasian apabila sobat sehat tidak menemukan aturan pakai yang dianjurkan pada kemasan obat.
5. Jika keluhan tidak berkurang/sembuh, segera periksa ke dokter

Ketika sakit, kapan waktu yang tepat untuk periksa ke dokter?

Apabila keluhan tidak berkurang setelah melakukan swamedikasi, sebaiknya segera periksa ke dokter. Pada saat berkonsultasi dengan dokter, sampaikan keluhan sobat sehat dengan jelas dan beritahu dokter mengenai obat yang sudah dikonsumsi saat swamedikasi. Hal ini berguna bagi dokter untuk menentukan jenis terapi yang sebaiknya diberikan untuk mengatasi keluhan sobat sehat.

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan memperoleh resep, apa langkah selanjutnya?

1. Beli atau tebus resep di Apotek (hanya boleh di Apotek)
2. Minta kepada Apoteker untuk menjelaskan aturan pakai obat resep yang diterima
3. Jika sobat sehat mendapatkan resep obat antibiotik, obat harus diminum hingga habis
4. Baca aturan pakai, gunakan obat sesuai dosis yang tercantum pada etiket/label obat resep
5. Jika keluhan tidak berkurang/sembuh, segera kembali ke dokter

Ketika sakit menyerang, mengubah pola hidup juga menjadi salah satu faktor pendukung kesembuhan sobat sehat. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih, berolahraga, dan beristirahatlah yang cukup (orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 6-8 jam per hari). Selain itu, sobat sehat juga dapat mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsultasikan dengan Apoteker untuk jenisĀ suplemen yang sebaiknya dikonsumsi, ya! (Dev/Win)

Sumber : pom.go.id