6 Penyebab Telat Menstruasi (selain Kehamilan)

Published by Dewi Dwiputri on

Penyebab Telat Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui

penyebab telat menstruasi

http://www.dailymail.co.uk/

Terlambat menstruasi? Jangan langsung curiga bahwa itu gejala kehamilan. Penyebab telat menstruasi sangat beragam, mulai dari kondisi medis tertentu, ketidakseimbangan hormon, hingga stres. Jika Sobat Sehat mengalami menstruasi yang terlambat padahal sedang tidak hamil, coba pertimbangkan beberapa penyebab umum ini.

Stres adalah bagian normal dari kehidupan sehari-hari, tapi stres berlebih bisa membuat menstruasi datang terlambat. Hal ini karena stres mempengaruhi kinerja hipotalamus, bagian otak yang berperan besar dalam pengaturan jadwal menstruasi. Jangan heran jika Sobat Sehat mengalami kekacauan jadwal menstruasi ketika sedang stres berat

  • Obesitas

Obesitas bisa mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, dan mempengaruhi berbagai fungsi penting, termasuk menstruasi. Jika Sobat Sehat mengalami masalah kelebihan berat badan, menstruasi yang terlambat bisa menjadi salah satu gangguan yang hadir.

  • Kekurangan Berat Badan

Masalah berat badan juga mencakup tubuh yang terlalu kurus. Jika berat badan Sobat Sehat 10 persen lebih rendah dari batas minimal berat normal (dihitung berdasarkan tinggi badan dan kebutuhan kalori), hal ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Hal yang sama bisa terjadi pada penderita gangguan makan, misalnya anorexia atau bulimia.

  • Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis bisa mempengaruhi siklus menstruasi, terutama jika penyakit tersebut mengganggu produksi dan kerja hormon. Penyakit seperti diabetes dan celiac disease bisa mempengaruhi kerja hormon dan mencegah penyerapan nutrisi secara maksimal. Akibatnya, siklus menstruasi menjadi terganggu, terutama jika penyakit sudah mencapai tahap parah.

  •  Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

penyebab telat menstruasi

https://blogs.consumerhealthdigest.com

PCOS adalah kondisi yang disebatkan oleh produksi hormon androgen (hormon pria) secara berlebihan. Akibatnya, keseimbangan hormon reproduksi menjadi terganggu, dan kista terbentuk di dinding rahim, sehingga mempengaruhi siklus menstruasi.

  • Penggunaan Produk Konstrasepsi

Produk kontrasepsi seperti pil KB bisa sedikit mengacaukan siklus menstruasi, terutama jika Anda baru menggunakannya untuk pertama kali. Pil KB mengandung hormon wanita seperti progestin dan estrogen, sehingga mengonsumsinya dapat memberi sinyal ke alat reproduksi untuk berhenti memproduksi telur. Akibatnya, proses menstruasi menjadi terlambat, karena tidak ada pembentukan lapisan dinding rahim yang kemudian akan mengelupas.

Beberapa kasus menstruasi terlambat di atas dapat diatasi dengan menyesuaikan gaya hidup. Istirahat cukup, mengurangi berat badan secara sehat, serta makan makanan bergizi dapat menjadi solusi untuk menstruasi yang terlambat. Jika Anda baru mengonsumsi pil KB, tunggu sekitar enam bulan hingga siklus kembali normal.

Jika Sobat Sehat curiga bahwa penyebab telat menstruasi adalah karena penyakit, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter. Cari bantuan profesional jika sobat mengalami sakit perut yang parah, demam, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya dalam waktu lama, atau mual dan muntah. Sobat Sehat juga bisa bertanya pada pakar lewat K24klik.com, yang menawarkan konsultasi praktis lewat live chat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *