10 Obat Prostat Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Prostat Paling Ampuh di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Pembesaran prostat menjadi salah satu gangguan prostat yang kerap ditemui pada pria yang sudah berusia 50 tahun atau lebih. Namun, umumnya gangguan kesehatan ini bisa ditangani dengan mengonsumsi obat prostat yang bisa didapat di apotek. Pembesaran prostat sendiri muncul karena terjadi pembesaran ukuran pada kelenjar prostat.

Akibatnya, saluran kemih yang ada di antara prostat jadi mengecil dan menyempit. Kelainan ini memicu munculnya serangkaian gejala, seperti peningkatan keinginan untuk buang air kecil (bahkan pada malam hari), aliran urine melemah, mengalami kesulitan berkemih, dan terasa sakit ketika sedang berkemih dan ejakulasi.

Rekomendasi Obat Prostat Paling Ampuh di Apotik K24 dan Harganya

Terdapat beberapa obat prostat di apotek yang bisa Anda dapatkan untuk mengatasi gangguan prostat. Obat ini membantu meredakan gejala gangguan prostat atau mengecilkan ukuran. Berikut rekomendasinya:

1. Prostam

Prostam merupakan obat untuk prostat yang memiliki kandungan zat aktif Tamsulosin HCl yang dipakai untuk mengatasi pembesaran prostat jinak. Tamsulosin HCl membantu mengurangi kadar hormon dihydrotestosterone (DHT).

Hormon tersebut memberikan pengaruh terhadap pembesaran ukuran kelenjar prostat, sehingga membantu mengendalikan gejala seperti kesulitan berkemih dan rasa tidak nyaman pada area kandung kemih. Konsumsi obat setelah makan dan pastikan untuk mengikuti dosis sesuai dengan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp16.729 per tablet.

Beli Prostam klik di Sini

2. Harnal Ocas

obat prostat harnal ocas

Harnal Ocas merupakan obat prostat dengan kandungan aktif Tamsulosin HCl. Obat ini membantu mengatasi gangguan pada saluran kandung kemih yang disebabkan karena ukuran prostat yang membesar. Tamsulosin masuk dalam kategori alpha-blocker yang membantu membuat otot pada prostat dan bagian leher kandung kemih menjadi lemas.

Dengan demikian, gejala seperti lemahnya aliran urine dan keinginan untuk berkemih setiap saat bisa ditekan. Selain itu, Tamsulosin juga membantu memudahkan Anda untuk buang air kecil. Obat dikonsumsi setelah makan dengan dosis yang harus sesuai dengan resep yang diberikan dokter.

Kisaran harga: Rp21.850 per tablet.

Beli Prostam klik di Sini

3. Harnal D

Merupakan obat untuk mengatasi masalah pengeluaran urine pada pengidap pembesaran prostat jinak. Kandungan Tamsulosin HCl bekerja dengan membantu relaksasi otot pada saluran kemih dan kelenjar prostat, sehingga aliran urine menjadi lebih lancar. Selain itu, Harnal D juga membantu meringankan gejala masalah saluran kemih bawah yang berkaitan dengan pembesaran prostat.

Kisaran harga: Rp22.414 per tablet.

Beli Harnal D klik di Sini

4. Wellness Prostac

Merupakan suplemen yang dipakai untuk membantu menunjang kesehatan ginjal dan prostat. Obat prostat herbal ini memiliki kandungan bahan aktif ekstrak Saw Palmetto, tumbuhan dari Florida dengan kandungan asam lemak dan fitosterol yang tinggi. Keduanya efektif untuk membantu menurunkan tingkat keparahan gangguan pembesaran prostat.

Setiap kapsul Wellness Prostac mengandung pumpkin seed oil 300 mg, ekstrak akar dandelion 120 mg, ekstrak minyak Saw Palmetto 80 mg, likopen 30 mg, ekstrak nettle 250 mg, ekstrak pumpkin seed 200 mg, zinc oxide 7.875 mg, ekstrak juniper berry 125 m, dan ekstrak urva ursi 100 mg.

Kisaran harga: Rp422.300 per botol.

Beli Wellness Prostac klik di Sini

5. Hytrin

Hytrin merupakan obat dengan kandungan Terazosin HCl dengan fungsi untuk mengatasi masalah pada saluran kemih, tekanan darah tinggi, dan kelainan pada prostat. Kandungan Terazosin HCl pada Hytrin membantu melemaskan pembuluh darah perifer yang menjadi penyebab hipertensi secara perlahan.

Kisaran harga: Rp9.473 per tablet.

Beli Hytrin klik di Sini

6. Natur Plus Prost Actin

Obat herbal prostat ini mengandung antioksidan yang sangat penting untuk membantu mencegah tumbuhnya sel kanker, tak terkecuali kanker prostat. Selain itu, Natur Plus Prost Actin juga membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan pembentukan sperma, menjaga peran kelenjar prostat, meningkatkan daya tahan dan stamina, hingga menurunkan risiko impotensi, gangguan prostat, dan infertilitas.

Obat ini mengandung vitamin A sebanyak 10.000 iu, vitamin E sebanyak 200 iu, Saw Palmetto beri 250 mg, zinc sebanyak 50 mg, dan raw prostate concentrate sebanyak 140 mg. Kombinasi komposisi dari obat alami prostat ini bisa meringankan gejala gangguan prostat sekaligus sebagai antiseptik untuk saluran kemih dan membantu menaikkan fungsi seksual.

Kisaran harga: Rp153.111 per botol.

Beli Natur Plus Prost Actin klik di Sini

7. Reinpid

Reinpid merupakan obat prostat dengan kandungan aktif dutasteride yang efektif untuk pengobatan prostat sekaligus mencegah terjadinya perkembangan gangguan pembesaran prostat dengan membantu meredakan gejala, mengecilkan ukuran prostat, menambah aliran urine, mengurangi tingkat risiko operasi karena gangguan pembesaran prostat.

Obat ini bisa dikonsumsi baik tanpa makan atau bersamaan saat makan. Pastikan dosis yang dikonsumsi sesuai dengan resep dokter karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Konsultasikan pemakaian obat apabila memiliki riwayat atau memiliki gangguan hati dan alergi terhadap kandungan obat.  

Kisaran harga: Rp10.707 per tablet.

Beli Natur Plus Prost Actin klik di Sini

8. Dutasteride Novell

Merupakan obat dengan kandungan aktif dutasteride yang digunakan untuk mengobati sekaligus mencegah berkembangnya gangguan pembesaran prostat jinak. Kandungan aktif pada obat ini membantu mengurangi tingkat keparahan gejala yang dirasakan, mengecilkan ukuran prostat, dan membantu menaikkan aliran urine,

Selain itu, Dutasteride Novell juga membantu menurunkan risiko terjadinya retensi urine dan potensi operasi karena pembesaran prostat. Obat ini bisa dikonsumsi baik tanpa makan maupun bersamaan saat makan. Dosis pemakaian harus sesuai dengan resep dokter, konsultasikan sebelum memakai obat untuk pengidap dengan kondisi gangguan hati maupun alergi terhadap kandungan obat.

Kisaran harga: Rp7.088 per tablet.

Beli Natur Plus Prost Actin klik di Sini

9. Hytroz

Merupakan obat yang banyak digunakan untuk mengatasi hipertensi ringan hingga sedang. Obat ini juga dapat dipakai dalam bentuk obat tunggal atau dikonsumsi bersamaan dengan obat penurun tekanan darah lainnya. Selain itu, Hytroz juga banyak digunakan sebagai obat prostat dengan membantu mengurangi gejala pembesaran prostat jinak.

Hytroz mengandung Terasozin HCl yang membantu meringankan gejala hiperplasia prostat, termasuk kesulitan atau terlalu sering berkemih dan menaikkan aliran urine. Obat bekerja dengan merelaksasi otot kandung kemih dan kelenjar prostat, sehingga urine bisa mengalir dengan lancar.

Kisaran harga: Rp5042 per tablet.

Beli Natur Plus Prost Actin klik di Sini

10. Prostakur

Prostakur merupakan obat prostat herbal yang berfungsi untuk membantu menunjang kesehatan organ prostat. Obat ini memiliki kandungan aktif Saw Palmetto atau Serenoa Repens Fructus sebanyak 160 mg. Kandungan tersebut bekerja secara aktif dalam menambah jumlah sel sehat dan menjaga keseimbangan kadar hormon pada prostat.

Dosis konsumsi obat ini untuk dewasa adalah dua kali sehari sebanyak satu kapsul. Obat sebaiknya tidak dikonsumsi dalam waktu lama tanpa anjuran dari dokter.

Kisaran harga: Rp30.684 per strip.

Beli Prostakur klik di Sini

Demikian tadi rekomendasi obat prostat yang bisa Anda beli di apotek. Pastikan pembesaran prostat atau gangguan prostat lainnya segera mendapatkan penanganan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Rekomendasi obat untuk gangguan prostat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di Apotek K24. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat dan dosis yang sesuai.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/benign-prostatic-hyperplasia/symptoms-causes/syc-20370087, diakses pada 4 September 2022.

https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/b/benign-prostatic-hyperplasia-(bph), diakses pada 4 September 2022.

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/benign-prostatic-hyperplasia-bph?amp=true, diakses pada 4 September 2022.