Obat COVID-19 Sudah Ada? Simak Jawabannya di Sini

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat-covid-19
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Pandemi COVID-19 sudah berjalan satu tahun lamanya. Hingga saat ini, para ahli kesehatan masih berupaya mengembangkan obat COVID-19 agar tak ada lagi korban jiwa. Sudah terlalu banyak korban jiwa yang berjatuhan selama pandemi ini.

Angka Penyebaran COVID-19 di Indonesia

Jika kita melihat angka penyebaran COVID-19 di Indonesia, angkanya memang sungguh mengerikan. Hingga saat ini, telah lebih dari 1 juta orang yang pernah positif.

Bahkan yang meninggal sudah lebih dari 30 ribu orang. Yang paling mengiris hati ialah, korban banyak berdatangan dari sektor tenaga medis. Padahal mereka adalah garda terdepan yang berhadapan langsung dengan virus ini. 

Kasus terbanyak kali ini berada di Ibu Kota Negara Indonesia yaitu Jakarta. Tentu kondisi seperti ini sangat mengkhawatirkan bagi siapa saja.

Gejala yang Muncul jika Terserang Virus Corona

COVID-19 sebenarnya memiliki kesamaan dengan penyakit flu. Ya, keduanya merupakan penyakit yang berasal dari virus dan menyerang organ pernafasan. Gejala yang ditimbulkan pun mirip, yaitu:

  • Demam tinggi
  • Batuk-batuk
  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Muntah
  • Diare
  • Ruam pada kulit 
  • Yang paling berbahaya adalah sesak nafas. 

Virus menyerang dan merusak paru-paru sehingga penderitanya bisa mengalami sesak nafas yang luar biasa. Segera temui fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala tersebut. 

Obat COVID-19

Walaupun belum ada obat pasti yang bisa menyembuhkan COVID-19, namun Indonesia menggunakan dua jenis obat yang sering ditemui, yaitu:

1.Oseltamivir

Obat yang satu ini juga sering disebut dengan anti virus yang sering digunakan untuk mengobati penyakit influenza. Obat ini terbukti efektif dalam menghambat virus dengan cara merusak aktivitas enzim neuraminidase pada permukaan virus penyebab flu. 

2. Azithromycin

Kemudian ada Azithromycin yang sebenarnya adalah antibiotik. Obat yang satu ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit yang penyebabnya adalah bakteri. Bisa saja dokter memberikannya karena pasien mengalami keadaan tertentu atau mengalami infeksi bakteri. 

Selain obat tersebut, lakukan ini untuk mencegah COVID-19

Kemudian, apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit mematikan yang satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Pertama, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa virus akan mati dengan imunitas yang baik. Oleh karena itu, lakukan pola hidup sehat seperti makan-makanan yang sehat, olahraga secara rutin, dan minum vitamin khususnya vitamin C. 
  2. Kedua, patuhi protokol kesehatan dengan di rumah saja. Tidak perlu keluar rumah jika kebutuhan tidak mendesak. Lakukan kegiatan positif di dalam rumah agar Anda aman dari ancaman virus. 
  3. Melaksanakan langkah preventif 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan,  Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas. 
  4. Lakukan vaksinasi ketika vaksin sudah siap diberikan kepada Anda. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai COVID-19 khususnya di Indonesia. Tenaga medis kebanyakan memberikan vitamin untuk meningkatkan imunitas. Sebab sejatinya virus hanya akan kalah dengan tingkat kekebalan tubuh yang tinggi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua, selalu jaga kesehatan semoga pandemi segera berakhir. 

Jika Sobat Sehat membutuhkan obat seperti Oseltamivir atau Azithromycin, Anda dapat melakukan pemesanan produk melalui K24Klik.

#KanAdaK24Klik