Manfaat Daun Kelor yang Belum Banyak Diketahui, Atasi Stunting!

Published by Dewi Dwiputri on

Manfaat Daun Kelor untuk Mencegah Stunting

Manfaat daun kelor untuk mencegah stunting

https://beritagar.id

Sobat Sehat, pernah dengan pribahasa “Dunia tak selebar daun kelor”. Meski hanya memiliki daun yang kecil ternyata daun kelor memiliki manfaat yang besar. Beberapa manfaat tersebut adalah dapat mengobati penyakit kulit, sesak nafas, kanker, infeksi gigi, radang gusi, hipertensi, diabetes serta perbaikan gizi dan stunting.

 

Manfaat Daun Kelor untuk Mencegah Stunting yang Belum Banyak Diketahui

Daun kelor ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, khususnya pada anak dalam masa pertumbuhan. Hal tersebut dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Melalui situs website The National Centerfor Biotechnology Information (NCBI) terdapat sejumlah kajian tentang daun kelor (Moringa Oleifera). Salah satu makalah yang menarik untuk dibahas yakni penjelasan daun kelor pada urusan kemampuan perbaikan gizi atau mengatasi stunting serta kemampuan mengobati sejumlah penyakit.

Sejak lama daun kelor sebenarnya sudah digunakan sebagai bahan pangan dan pengobatan. Namun memang hanya sedikit negara yang melakukan hal ini. Pemanfaatan daun kelor pun hanya dilakukan pada masyarakat lokal di belahan utara India, Nigeria, Mesir dan beberapa negara lain.

Riset yang dilakukan oleh para peneliti, tidak ada risiko efek samping yang terjadi akibat dari penggunaan daun kelor. Baik dalam bentuk segar maupun kering daun kelor dapat memberikan keuntungan gizi bagi kesehatan salah satunya untuk mencegah stunting.

Menkes : Daun Kelor dapat Mencegah Stunting

Tak hanya sampai disitu, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek pun memberikan tanggapannya mengenai manfaat Si daun kecil ini, “Konsumsi daun kelor mampu mencegah bahkan mengurangi stunting atau masalah kekurangan gizi di Indonesia”.

Menkes juga menegaskan bahwa permasalahan kesehatan di Indonesia didominasi dengan tingginya angka anak yang stunting dan kekurangan gizi. Meski saat ini telah terjadi penurunan, namun Pemerintah terkait tetap memberikan perhatian khusus pada kasus ini. Dengan adanya informasi mengenai manfaat daun kelor untuk mencegah stunting diharapkan anak-anak Indonesia dapat terbebas dari gizi buruk dan stunting.

Resep Puding Daun Kelor

stunting

https://www.freepik.com

Bosan dengan olahan daun kelor yang itu-itu saja? Coba buat puding daun kelor, yuk! Caranya sangat mudah dan kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 genggam daun kelor
  • 50 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk plain (tanpa rasa)
  • 400 cc susu cair
  • 200 cc air.

Cara Pembuatan :

  1. Ambil daun kelor, lalu rebus daun-daun tersebut selama 3 menit dengan air
  2. Setelah itu, blender daun-daun rebusan tersebut dengan air hasil rebusan daun kelor
  3. Tambahkan gula pasir, agar-agar bubuk putih, susu cair dan air daun kelor
  4. Masaklah semua bahan puding diatas api sedang sambil terus diaduk
  5. Setelah mendidih angkat dan aduk terus hingga uap panasnya hilang
  6. Terakhir, ambil cetakan sesuai selera dinginkan dan sajikan.

Nah Sobat Sehat, mudah bukan membuat puding daun kelor? Sajikan dengan penuh cinta untuk sang buah hati agar manfaat daun kelor untuk mencegah stunting dapat dirasakan.

 

Sumber : dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *