Waspada, Ini yang Menjadi Penyebab Telapak Kaki Pecah-Pecah

Published by Dewi Dwiputri on

Kaki Pecah-Pecah, Ini Dia Penyebabnya

kaki pecah-pecah

http://www.haberturk.com/

Tumit kaki merupakan bagian paling kering dan tidak lembab dari tubuh kita. Oleh karenanya bagian telapak kaki mudah mengalami pecah-pecah. Kondisi telapak kaki pecah-pecah sudah menjadi keluhan umum dan ternyata penyebabnya tidak banyak diketahui oleh penderita. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan telapak kaki pecah-pecah ini dan bagaimana cara tepat untuk menghindarinya? Nah, berikut ini penjelasannya.

Penyebab Terjadinya Telapak Kaki Pecah-Pecah

  • Kurangnya perawatan bagian tumit seperti jarang diberi pelembab, dapat menjadi pemicu telapak kaki pecah-pecah.

  • Kondisi cuaca yang terlalu panas saat musim kemarau, membuat kulit kaki menjadi sensitif dan akhirnya pecah. Tingkat kelembaban alami kulit kaki memang tidak bisa menahan rasa panas ini.

  • Kebiasaan tidak menggunakan sandal saat berada di luar rumah.

  • Berdiri terlalu lama juga bisa menyebabkan kaki pecah-pecah.

  • Keadaan kaki kurang bersih.

  • Kurang vitamin zat besi dan zink.

  • Kurang minum air putih sehingga mengalami dehidrasi.

Cara Merawat agar Telapak Kaki Tidak Pecah-Pecah

kaki pecah-pecah

https://www.scholl.co.uk

 

Telapak kaki memang terletak di bagian bawah, sehingga banyak orang kurang memerhatikannya. Padahal bagian ini seharusnya dijaga kelembabannya agar tidak mengalami pecah-pecah. Bila sudah mengalami kondisi kaki pecah-pecah, bisa menyebabkan rasa kurang nyaman.

Saat berjalan Sobat Sehat pun akan merasakan sakit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, kaki terlihat tidak indah lagi membuat rasa percaya diri berkurang, terutama bila harus memakai sandal terbuka atau high hill.

Jika dibiarkan, telapak kaki pecah-pecah dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri di bagian tumit yang terlalu kering. Kondisinya bisa menjadi lebih parah bila terkena air terasa semakin perih, apalagi bila sudah berdarah. Nah, untuk menghindari terjadinya kaki pecah-pecah ini, cara perawatannya adalah sebagai berikut:

  • Sobat Sehat harus rajin merawat telapak kaki dengan memberikan pelembab, terutama setiap selesai mandi. Hal ini disebabkan di area tumit tidak banyak terdapat kelenjar minyak.

  • Sebaiknya, jangan terlalu sering mandi atau berendam dengan air yang terlalu panas. Mandi air panas bisa memicu kulit tubuh menjadi kering, tidak hanya bagian tumit saja.

  • Kondisi telapak kaki pecah-pecah jangan dibiarkan agar tidak semakin parah dan sulit diobati. Saat ini sudah banyak krim kaki untuk mengatasi kaki pecah. Ada juga cara tradisional seperti digosok dengan batu apung atau sabun yang lembut, serta dioles madu atau lemon.

Bila Sobat Sehat kurang mengetahui informasi krim dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi kaki pecah-pecah ini, konsultasikan pada ahlinya. Nah, sangat disarankan Sobat Sehat menghubungi apoteker K24 untuk saran obat yang tepat atau konsultasi gratis dengan Apoteker melalui live chat.

Di zaman now seperti saat ini, Sobat Sehat tidak perlu lagi susah-susah pergi ke apotek. Anda tinggal mengunjungi situs web http://www.k24klik.com dan buka chat onlinenya. Sobat Sehat tidak perlu ragu, untuk menanyakan semua yang terkait pencegahan dan pengobatan penyakit kaki yang satu ini. Dapatkan kaki indah yang terjaga kesehatannya dengan perawatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *