Ciri dan Pengobatan Kanker Tulang yang Harus Kamu Ketahui

Published by Dewi Dwiputri on

Ciri dan Pengobatan Kanker Tulang yang Perlu Kamu Ketahui

ciri dan pengobatan kanker tulang

https://www.el-carabobeno.com/

Ciri dan Pengobatan Kanker Tulang, Mengenal Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan penyakit yang tingkat persentasenya tergolong kecil jika dibandingkan kanker jenis lainnya, yakni hanya mencapai sekitar 0.2% saja di seluruh dunia. Siapa pun dapat terserang penyakit ini, mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia.

Sobat Sehat patut waspada apabila mengalami rasa nyeri pada tulang secara terus-menerus. Bisa jadi ada indikasi penyakit kanker tulang. Agar lebih jelas, simak ciri dan pengobatan kanker tulang di bawah ini.

Ciri Kanker Tulang

Ciri paling umum yang menjadi tanda kanker tulang adalah rasa nyeri. Nyeri terjadi di bagian tulang yang diserang. Intensitasnya akan semakin kuat saat tubuh bergerak. Kebanyakan penderita mengalami rasa nyeri ini hampir sepanjang hari, terutama di bagian punggung dan leher.

Biasanya, rasa nyeri tersebut juga berasal dari pembengkakan di bagian sekitar tulang yang terjangkiti sel kanker. Bengkak disertai dengan warna kemerahan, benjolan, dan kesulitan gerak. Hal ini berdampak pada menurunnya kemampuan tubuh untuk beraktivitas.

Gejala kanker tulang lainnya, meliputi tubuh tak bertenaga, tingkat kepekaan melemah, berat badan menurun, tulang rapuh bahkan memicu terjadinya patah tulang, dan kelumpuhan.

Pengobatan Kanker Tulang

Ciri dan pengobatan kanker tulang

http://www.durhamradiology.ca/

Pada dasarnya, ciri dan pengobatan kanker tulang saling berkaitan. Untuk menyembuhkan kanker tulang, penderita harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu karena langkah yang akan diambil dokter tergantung dari tingkat keparahan penyakit.

Umumnya, ada sejumlah cara untuk mendiagnosis kanker tulang, yaitu X-ray, Bone Scan, Computed Tomography Scan, Magnetic Resonance Imaging, dan Positron Emission Tomograph Scan.

Penderita kanker tulang biasanya disarankan untuk melakukan kemoterapi. Langkah ini bertujuan untuk menyusutkan sel kanker sehingga dapat mencegah tindakan amputasi. Kemoterapi juga dilakukan pascaoperasi agar sel kanker tidak kembali muncul.

Tak jarang kemoterapi dipadukan dengan radioterapi untuk menyembuhkan penderita kanker tulang ewing sarcoma sebelum proses operasi dilakukan. Metode ini dinamakan chemoradiation.

Operasi pengangkatan tulang menjadi solusi utama untuk menangani kanker tulang. Prosedur ini hanya berlaku pada stadium awal, di mana sel kanker belum menyebar hingga ke luar tulang.

Jika kanker tulang tidak dapat ditangani dengan operasi ini maka dokter akan mengambil langkah selanjutnya, yakni amputasi. Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran kanker yang terlanjur merusak tulang dan menjalar ke jaringan saraf, pembuluh darah, dan kulit.

Dalam beberapa kasus, tumor yang masuk dalam golongan nonkanker dapat sembuh dengan sendirinya, tanpa pengobatan.

Itulah ciri dan pengobatan kanker tulang yang perlu untuk Sobat Sehat ketahui. Jaga selalu kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Nikmati kemudahan berkonsultasi dengan apoteker kami via live chat dan belanja produk kesehatan selama 24 jam penuh hanya di K24klik.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *